Hari ini, ketika tiap orang sibuk dengan gawainya maka pasti sudah familiar dengan situs berbagi video yaitu YouTube. Artinya situs YouTube bisa dipastikan sering atau paling tidak pernah dibuka oleh pemilik gawai tersebut.

Maka kita bisa memberikan kesimpulan bahwa YouTube adalah situs yang ‘laris’ dan memiliki pengunjung yang tinggi dan potensial dibangun backlink Youtube. Dan dengan langkah ini kita menuju langkah yang tepat dalam membuat backlink optimal

Apakah kita bisa membuat backlink YouTube?

Itu adalah pertanyaan yang sangat bagus. Dan memang seperti itulah pikiran pakar SEO. Ketika ada website yang memiliki traffic tinggi yang menjadi pertanyaan adalah; bisakah menanam backlink pada website tersebut? Termasuk website YouTube, bisakah membuat backlink YouTube?

Tidak bisa dibantah lagi bahwa segala konten yang ada di dunia maya baik konten pendidikan, marketing, berbagi pengalaman, atau bahkan konten gosip artis yang tidak penting tersedia dalam bentuk audio visual di internet. Dan dimana lagi kalau tidak di YouTube.

Memang ada berbagai situs berbagi video yang terkenal seperti Vevo, Dailymotion, Vimeo dan sebagainya akan tetapi kepopuleran YouTube tidak diragukan lagi. Itulah mengapa yang menjadi topik pembahasan kali ini adalah tentang backlink YouTube.

Backlink Youtube
Youtube menjadi salah satu situs yang memiliki authority tinggi. Sumber Unsplash

Mengapa harus YouTube?

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa YouTube menjadi lahan yang bagus untuk menanam backlink dikarenakan banyak hal. Dan salah satunya adalah bahwa tiap gawai yang kita pegang pasti ada aplikasi YouTube. Maka hal tersebut merupakan peluang yang besar.

Ada beberapa hal yang bisa kita ketahui mengapa backlink YouTube bisa menjadi alternatif penanaman backlink. Mengapa tidak situs website lainnya saja? Alasannya adalah sebagai berikut.

Tren masyarakat berubah

Yup betul, Sekarang kita menyadari ada sebagian orang yang menyatakan bahwa memiliki televisi pada hari ini merupakan pembodohan. Dan memang demikian adanya. Siaran yang tidak berkualitas, penurunan nilai norma, hanya mengejar rating, penggiringan opini masyarakat, berita yang tidak berimbang dan semuanya sudah terjadi di depan mata kita.

Maka langkah yang tepat untuk menggantikan itu semua adalah dengan melihat konten vodeo di internet. Meskipun bahaya konten hoax senantiasa menghantui akan tetapi antusiasme untuk menonton siaran atau video di YouTube senantiasa meningkat seiring dengan menurunnya minat menonton televisi. Maka peluang ini bisa kita gunakan untuk membangun backlink YouTube.

Milik Google sang penguasa

Gurita kekuasaan Google mulai merambah kemana-mana. Awalnya berupa mesin pencari akan tetapi bisnis ini berkembang dan melakukan akuisisi di berbagai cabang telekomunikasi. Mulai dari sistem operasi Android sampai ke perangkat kerasnya, layanan komunikasi, layanan pencarian yang lebih besar termasuk situs YouTube dan pencarian tempat yaitu Google Map, periklanan dan berbagai produk yang dihasilkan.

Dan yang lebih dahsyat lagi adalah Google telah melakukan konsorsium dengan banyak perusahaan telekomunikasi yang pada intinya adalah perluasan pemakaian sistem operasi gawai yaitu android. Begitulah cara Google bekerja!

Maka jika situs YouTube bisa menjadi populer itu suatu hal yang wajar karena tiap sistem operasi android tertanam aplikasi YouTube. Karena itulah situs website mudah sekali terindeks di mesin pencarian dan peluang ini memberikan kesempatan pada kita untuk membangun backlink Youtube.

Memiliki authority tinggi

Tentu saja hal ini wajar terjadi. Ketika suatu situs populer dan dijadikan rujukan dari berbagai situs website lainnya maka secara otomatis situs tersebut memiliki Domain Authority yang tinggi. Dan karena YouTube ada di berbagai perangkat Android maka banyak yang mengakses dan menjadikannya rujukan situs lainnya.

Maka segeralah rancang dan buat skema backlink untuk YouTube. Dengan demikian kita perlu mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil.

Tentang Backlink YouTube

Beberapa situs atau banyak situs website pasti berkeinginan agar situs mereka berada pada peringkat atas SERP. Dan itu semua dilakukan dengan beragam cara mulai dari penggunaan cara ilegal seperti membuat backlink generator sampai menggunakan cara yang benar-benar ‘bersih’.

Dan untuk mengatasi hal ini, yaitu penanaman backlink ke sitrus YouTube oleh sembarang pihak maka dibuatlah nilai nofollow pada backlink yang ditanam. Dan kebanyakan situs jejaring sosial seperti Facebook, Pinterest dan YouTube menggunakan metode ini untuk menangkal link situs yang sembarangan masuk dan tertanam.

Seperti apakah backlink nofollow itu? Seperti yang sudah dibahas pada artikel lain pada situs ini, nilai nofollow adalah jika link tersebut tertanam maka tidak akan diperhitungkan oleh mesin pencari secara keseluruhan.

Meskipun ada beberapa pihak yang megklaim bahwa link nofollow itu penting akan tetapi dalam hal ini pemilihan tetap jatuh pada backlink dofollow. Dan sampai disini kita baru tersadar bahwa pembuatan backlink YouTube adalah tidak mudah.

Persiapan membuat Backlink Youtube

Dalam pembuatan backlink YouTube harus mengikuti langkah langkah yang tepat. Meskipun langkah ini terlalu lama dan bertele-tele akan tetapi memang seperti inilah yang harus di lakukan. Dan sebagai pakar SEO dan menginginkan hal yang lebih tidak bisa dilakukan secara instant. Dibawah ini persiapan dalam membuat backlnk YouTube.

Membuat Channel Youtube

Langkah ini adalah langkah pertama dengan asumsi bahwa kita sudah memiliki akun Google dan telah terhubung dengan akun YouTube. Akan lebih baik lagi jika kita sudah memiliki Channel Youtube yang sudah populer. Fungsi dari Channel YouTube ini adalah sebagai tempat untuk menempatkan backlink yang telah disiapkan.

Channel yang telah populer dan memiliki banyak follower. Sumber screenshoot YouTube

Membuat konten video yang menarik

dan di langkah inilah kita dituntut untuk memiliki kreatifitas tinggi. Dan tentu saja kita bisa belajar hal ini dari beberapa Youtuber yang sukses mendulang emas di situs ini. Tujuan utama dari pembuatan konten video ini adalah untuk menarik viewer agar mau melihat video yang telah dibuat.

Jika kita berpikir cerdas sebenarnya kita bisa melakukan dua hal sekaligus dalam langkah ini. Yaitu dengan cara membuat konten yang memang menawarkan apa yang kita jual. Maka sangat perlu mempelajari tetang digital marketing untuk sampai pada taraf pekerjaan ini.

Pemasaran konten yang ada di YouTube ini bisa melalui media sosial. Dan kita tahu bahwa pemasaran melalui media sosial memiliki peluang yang terbuka lebar. Dengan demikian pada tahap ini akan mendapatkan dua hasil yaitu mendapatkan konten dan Channel digital sebagai tempat pemasaran sekaligus memiliki lahan baru untuk menanam backlink pada YouTube.

Backlink Youtube
Membuat backlink YouTUbe adalah salah satu cara optimasi website. Sumber Unsplash

Dengan berbagai cara menawarkan produk dalam bentuk digital meskipun itu berupa produk fisik atau digital maka peluang klien untuk menggunakan produk kita menjadi semakin terbuka lebar.

Setelah semua sudah siap saatnya membuat backlink YouTube dengan langkah taktisnya. Untuk langkah selanjutnya ada pada artikel kedua yaitu atikel tentang membuat backlink YouTube..

Oleh karena itu tetaplah mengikuti postingan artikel terbaru dari jasa SEO Jogja terpercaya SEO Anak Sholeh. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel kami selanjutnya.

WhatsApp Free Konsultasi