Di dalam dunia SEO backlink sangatlah penting dalam proses untuk mencapai peringkat tinggi pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Untuk memiliki backling yang berkualitas tentu cara membuat backlink harus diperhatikan.  

Selain itu ada beberapa langkah sebelum membuat backlink yang juga harus di lakukan sebagai persiapan agar backlink yang kita buat tidak sia-sia. Tetapi sebelum ke pokok inti pembahasan cara membuat nacklink tidak ada salahnya kita bahas dahulu pemahaman dasar mengenai baclink.

BAcklink berkualitas sangat berpengaruh pada SERP. Sumber pixabay

Pengertian Backlink dan fungsinya

Pengertian backlink secara sederhana adalah suatu tautan yang ada pada website orang lain yang ketika di klik menuju website kita. Penempatan tautan backlink ada di berbagai tempat. bisa di komentar, postingan atau bagian footer.

Tujuan kita menempatkan tautan dari website kita ke website lain adalah supaya website kita memperoleh kredibilitas di mesin pencari. Dan tentu saja untuk mendapatkan kredibilitas tersebut website yang akan ditumpangi oleh link tautan dari kita adalah website yang sudah memiliki kredibilitas di mata mesin pencari.

  Maka sudah jelas bahwa backlink akan mempertinggi nilai kredibilitas suatu website jika pemilik website yang bersangkutan memperhatikan cara membuat backlink dengan benar. Cara yang tepat adalah dengan membuat backlink dari dua website yang saling memberi dan saling menerima.

Sebagai gambaran adalah ketika website A memasang tautan untuk website B maka secara tidak langsung memberi tahu kepada mesin pencari bahwa website A mengabarkan kepada mesin pencari bahwa website B adalah website yang terpercaya.

Demikian pula sebaliknya. Itulah mengapa saling tukar backlink atau dalam istilah SEO adalah link juice sangatlah penting tapi dengan catatan dilakukan oleh website yang terpercaya.

 Cara membuat backlink berkualitas

Seperti yang telah kita bahas di awal bahwa backlink yang di tempatkan pada website yang memiliki kredibilitas tinggi di mata mesin pencari maka akan memiliki kekuatan tinggi. Semakin tinggi kredibilitas di mesin pencari maka semakin tinggi pula kekuatannya.

Kredibilitas pada mesin pencari diukur dengan dua aspek sehingga cara membuat backlink dengan memperhatikan dua aspek kredibilitas website adalah cara yang sudah tepat. Dua aspek tersebut adalah.

1. Memperhatikan Domain Authority

Domain authority atau biasa disingkat dengan DA adalah ukuran kekuatan dari sebuah domain website secara menyeluruh. Jadi pada intinya DA adalah peringkat nama domain dan ada nilai mulai dari 0 sampai 100 dalam menilai peringkat nama suatu domain. Dan semalim tinggi nilai DA nya maka semakin terpercaya dan kredibel sebuah website.

Maka cara membuat backlink dengan menempatkan backlonk pada website yang memiliki DA tinggi adalah cara yang tepat. Hanya saja untuk mendapatkan ijin untuk menanam backlink kita di website dengan DA tinggi tidak mudah.

Untuk mengetahui berapa besar nilai DA pada suatu website bisa melalui moz.com atau websiteseochecker.com. Dan nilai dari Domain Authority sendiri tergantung dari berbagai faktor.

Yang pertama adalah usia domain itu sendiri. Semakin lama umur domain maka semakin tinggi nilai DA nya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jika website bertahan lama maka otomatis website akan dilihat sebagai website yang terpercaya karena konsisten dengan keberadaannya di dunia maya.

Kedua adalah popularitas dari website. Website yang populer adalah website yang sering di jadikan acuan. Seperti Wikipedia, website tersebut memiliki DA yang tinggi karena sering di jadikan acuan. Selain itu banyaknya backlink dengan cara membuat backlink nya sesuai ketentuan bisa mempertinggi nilai popularitas website.

Yang terakhir adalah ukuran domain dan hal ini berkaitan dengan seberapa banyak postingan yang dibuat oleh website. Semakin banyak postingan yang dibuat maka semkain banyak pula backlink yang terbentuk.

2. Memperhatikan Page Authority

Page Authority atau biasa disingkat dengan PA adalah peringkat pada satu halaman saja sehingga utuk memperoleh nilai tinggi pada PA hanya bisa dilakukan dengan memaksimalkan konten yang ada pada halaman tersebut. Besar nilai PA suatu halaman adalah 0 sampai 100. Dan nilai dari PA bisa kita cek melalui moz.com atau websiteseochecker.com dengan memasukkan URL halaman.

Karena ukuran Page Authority di dasarkan pada konten yang dibuat maka pembuatan konten website yang benar juga sangat penting untuk diperhatikan.  

3. Menempatkan backlink dengan benar

Penempatan pada backlink juga berpengaruh pada kekuatan backlink. Dengan menempatkan backlink pada tempat yang peluangnya di klik lebih banyak misalnya pada isi artikel maka hal itu lebih baik daripada menempatkan pada tempat yang jarang orang menemuinya misalnya di footer atau atribution.

Dengan menempatkan backlink yang relevan pada konten artikel misalnya maka mesin pencari tentu membaca bahwa backlink yang dipasang memang benar-benar relevan denga isi konten. Sehingga selain memberikan peluang lebih untuk di klik juga akan mendapatkan poin dari mesin pencari.

4. Memperhatikan jenis tautan backlink

Dalam dunia SEO khususnya backlink telah dikenal dua macam tautan yaitu tautan nofollow dan tautan dofollow. Tautan dofollow adalah tautan yang biasa kita kenal yaitu tautan yang ketika kita klik maka akan tertuju kepada website atau halaman yang diinginkan oleh pembuat tautan backlink dan bernilai di mata Google. Dan rata-rata tautan yang di gunakan adalah type seperti ini.

Tautan nofollow adalah tautan yang ketika di klik menuju ke situs website atau halaman yang di inginkan oleh pembuat tautan backlink tetapi bernilai mati di mata Google. Terkadang dalam suatu website forum ketika kita membuat tautan backlink maka yang terjadi adalah tautan yang kita buat menjadi mati alias berubah menjadi tautan nofollow.  

Tautan nofollow tidak diakui oleh mesin pencari sebagai backlink karena memang link memiliki nilai nol. Meskipun begitu banyak ahli SEO yang tetap memutuskan untuk membuat tautan nofollow dengan alasan agar konten dilihat lebih natural oleh mesin pencari.

5. Memberikan tautan backlink yang relevan dengan konten

Cara membuat backlink dengan tautan yang relevan juga sangat mempengaruhi kekuatan backlink. Maksud relevan disini adalah ketika isi artikel yang akan disisipi backlink relevan dengan isi tautan backlink yang kita tanam.

Sehingga penanaman backlink tidak boleh di sembarang tempat. meskipun bisa dilakukan tetapi akan menjadi percuma jika kita menempatkan backlink kita pada konten yang tidak cocok.

6. Penggunaan anchor teks yang tepat

Apa yang dimaksud anchor teks?

Biasanya pada suatu postingan pada website backlink yang akan di tanamkan berada pada suatu teks. Sehingga kita tidak mengetahui nama situs web atau URL yang dipasang di artikel tersebut sebelum kita menklik teks yang telah ditanami tautan backlink. Teks yang tampak dan di dalamnya ada tautan link itulah yang dinamakan anchor text.

Maka jika kita membuat artikel pada website dengan tema tertentu maka ancor teks yang digunakan tentunya penggunaan kata-katanya tidak keluar dari tema tersebut. Penggunaan ancor teks ini berkaitan dengan kredibilitas konten website karena nilainya kembali terletak pada relevansi kata kata yang dipakai.

Cara membuat backlink yang benar mempengaruhi kualitas backlink. Sumber pixabay

Kesimpulan

Dengan memperhatikan beberapa langkah yang telah kita utarakan diatas maka kita tidak akan bingung lagi mengenai cara membuat backlink dengan baik dan optimal. Tetapi adakalanya ketika kita sudah berusaha maksimal akan tetapi hasil yang kita inginkan belum sesuai harapan.

Hal ini bisa di sebabkan berbagai hal. Bisa jadi titik yang kita capai terlalu banyak kompetitor, atau cara membuat backlink yamg kita lakukan ada kesalahan dan kita tidak mengetahuinya dan lain sebagainya. Akan tetapi yang menjadi kunci keberhasilan adalah kembali kepada usaha dan ketekunan kita.

Demikian ulasan mengenai cara membuat backlink yang optimal dari kami jasa SEO Jogja, yang siap membantu anda dalam masalah website dan SEO. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua.

WhatsApp Free Konsultasi