Banyak yang menganggap bahwa SEO hanya perkara pembuatan backlink berkualitas dan memasukkan kata kunci yang relevan dalam konten. Padahal mesin pencari tidak hanya mempertimbangkan bakclink berkualitas dan juga konten akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan selain kedua hal tersebut. Salah satu langkah optimasi SEO adalah dengan memaksimalkan UX.

Banyak elemen yang dipertimbangkan oleh Google saat menentukan peringkat situs web pada halaman SERP. Karena itu harus dipahami bahwa banyak cara untuk melakukan optimasi SEO selain masalah konten dan backlink. Dan hal ini adalah satu kesatuan pekerjaan yang dilakukan oleh praktisi SEO untuk mengusahakan website anda untuk mencapai peringkat atas SERP.

Optimasi SEO
UX dan SEO berjalan beriringan. Sumber Unsplash

UX Penting Untuk Optimasi SEO

Google telah memperbarui algoritmanya dari masa ke masa untuk memastikan pengguna mendapatkan hasil terbaik. Pembaruan yang di buat oleh algoritma Google saat ini mulai bergeser pada kenyamanan pengguna ketika membuka suatu situs website. Dalam pembaruan algoritma pada saat ini menunjukkan bahwa UX bagi Google adalah hal yang sangat penting. Anda bisa melihatnya di RankBrain.

RankBrain dirilis oleh Google pada tanggal 26 Oktober 2015. RankBrain adalah sebuah algoritma yang dibangun dengan menggunakan kecerdasan buatan. Penggunaan RankBrain memungkinkan Google bisa memberikan kata yang disarankan oleh mesin pencari Google ketika pengguna mengetik kata kunci tertentu. Referensi kata tersebut biasanya muncul ketika pengguna mengetkkan kata yang salah.

RankBrain merupakan faktor terpenting ketiga dalam menentukan nilai SEO situs web setelah tautan dan konten. RankBrain bekerja berdasarkan atas metrik perilaku pengguna, termasuk halaman per sesi, rasio pentalan , waktu tunggu , dan CTR organik . Metrik ini memberi tahu mesin pencari apakah pengguna menikmati pengalaman mereka di situs web atau tidak.

Sistem kerjanya adalah jika pengguna mengunjungi situs web berulang kali, menghabiskan sebagian besar waktunya di web terrsebut, dan menelusuri situs web dengan mudah, ini sama halnya pengguna tersebut memberi tahu Google bahwa pengguna memiliki pengalaman yang bagus di web yang dikunjungi. Konsekuensinya adalah peringkat web pada SERP akan meningkat.

Selain itu, jika pengguna meninggalkan situs web dengan segera setelah mereka memasukinya, dan pengguna memilih kembali ke halaman hasil pencarian, maka hal itu menunjukkan bahwa mereka tidak menemukan informasi yang relevan di situs web yang mereka kunjungi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan peringkat website di mesin pencari.

UX dan SEO Berjalan Beriringan

UX dan SEO berjalan beriringan karena keduanya memiliki tujuan yang sama yakni memberikan konten relevan yang terbaik untuk pengguna. Ketika website dibangun, optimasi SEO yang berbasis konten relevan di lakukan dan UX dimaksimalkan maka di sinilah UX dan SEO mulai berinteraksi. Keduanya bekerja membantu pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan. SEO akan mengarahkan seseorang ke konten yang pengguna butuhkan, dan UX memastikan pengguna nyaman setelah pengguna membuka halaman web tersebut.

Langkah Optimasi SEO Yang Berimbas Pada UX

Ada beberapa langkah SEO yang berpengaruh dengan peningkatan UX. Dengan langkah yang anda lakukan berikut ini anda akan menambah nilai website anda, baik nilai UX maupun SEO. Inilah yang dapat anda lakukan.

1. Tag Gambar dan Judul

Tag gambar memberikan informasi kepada penggunamengenai gambar meskipun gambar gagal dimuat. Tag gambar memastikan pengguna memiliki pengalaman yang baik meskipun gambar terlihat atau tidak. Sedangkan header selain membantu menyusun konten halaman juga meningkatkan keterbacaan halaman, meskipun pengguna belum melihat isinya.

2. Konten Lebih Dari 600 Kata

Membuat konten pada halaman lebih dari 600 kata penting untuk memastikan bahwa konten yang dibuat benar-benar memberikan informasi yang mendalam dan hal ini bisa membantu pengguna untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

3. Mobile Friendly

Website yang dibuat dengan tema yang ramah seluler sangat penting karena telepon seluler menguasai mayoritas pangsa pasar. Dan diperkirakan semakin lama pengguna ponsle meingkat siring dengan banyaknya produk seluler dan persaingan harga seluler.

4. Pemuatan Halaman

Kecepatan halaman dalam memuat juga memiliki peran penting. Pengguna mungkin akan memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan ketika harus menunggu beberapa detik untuk menunggu halaman termuat seluruhnya. Terkadang pengguna malah harus menekan tombol refresh untuk mengatasinya. Padahal internet saat ini memiliki kecepatan yang bagus.

Membangun UX Yang Tepat

Membangun UX yang tepat tentu harus mengetahui tujuan pembangunan UX, yaitu meningkatkan pengalaman pengguna. Dalam hal ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar UX terbangun dengan tepat dan bisa berjalan besinergi dengan optimasi SEO pada website anda.

1. Integrasikan Strategi UX dan SEO

Pastikan anda mengintegrasikan  kedua strategi tersebut, artinya jangan sampai keduanya berjalan sendiri-sendiri. Tujuan utama situs web adalah menghasilkan lebih banyak kunjungan dan juga konversi. Baik UX dan SEO memiliki tujuan sama, sehingga anda perlu mengintegrasikan keduanya.

2. Desain Sesuai Dengan Prinsip SEO

Desain yang sesuaidengan prinsip SEO ini meliputi deskripsi produk fokus, tombol dan jalur navigasi yang jelas, mengoptimalkan fungsi menu, memaksimalkan judul dan subjudul, dan membuat konten yang berkualitas.

3. Web Yang Responsif

Diperkirakan ada hampir 3 milyar penduduk dunia yang memegang dan berinteraksi dengan smartphone di tahun 2020. Banyak pelanggan potensial yang anda lewatkan jka anda gagal mengoptimalkan situs web anda pada perangkat mobile. Selain itu algortima Google saat ini juga mempertimbangkan kemudahan akses ketika menggunakan perangkat mobile. Jangan sampai konten di dalam situs anda sulit untuk dibaca, beberapa tombol tidak berfungsi, atau lambat dimuat ktika diakses menggunakan perangkat mobile.

4. Sederhanakan Navigasi

Beranda pada situs anda harus menampilkan navigasi yang jelas dan mudah dalam penggunaannya. Salah satu metode efektif untuk membantu agar website cepat terindeks Google adalah menyertakan site map di situs website anda.

5. Fokus Pada Kualitas

Faktor lain yang perlu anda perhatikan dalam membangun UX adalah penggunaan tata letak halaman yang tepat, relevansi konten, orisinalitas konten, struktur tautan internal, dan kecepatan halaman dalam pemuatan.

Optimasi SEO
Pastikan UX menjadikan konversi pada website anda. Sumber Unsplash

Penutup

Ketika anda membangun website maka bisa disimpulkan bahwa UX adalah salah satu faktor paling penting. Jika anda ingin meningkatkan banyak kunjungan website dan pada akhirnya meningkatkan rasio konversi, maka perlu menyelaraskan strategi UX dan SEO untuk website anda. Kami dari penyedia layanan jasa pembuatan website profesional yaitu SEO Anak Sholeh melakukan langkah ini untuk penanganan website klien kami. Jika anda tertarik, anda bisa menghubungi kami di sini. Terima Kasih.