Sebelum melangkah ke pembuatan backlink berkualitas untuk optimasi ada baiknya mengetahui istilah berikut agar tidak bingung dan gaptek. Pada artikel kali ini SEO Anak Sholeh yang merupakan salah satu jasa SEO Jogja profesional akan memberikan informasi tentang istilah penting berkaitan dengan backlink building. Kami mengulasnya dengan bahasa yang sederhana dan mudah-mudahan bisa dipahami.

Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah aktifitas optimasi website dengan cara yang ilegal dan dilarang oleh Pedoman Google Webmaster. Biasanya aktifitas ini dilakukan bagi mereka yang malas membuat konten yang berkualitas dan menginginkan posisi ranking di SERP tanpa harus bersusah payah dengan alokasi waktu yang cepat.

Kebalikannya dari Black Hat SEO adalah White Hat SEO yakni menggunakan cara yang sesuai Pedoman Google Webmaster dalam melakukan optimasinya. Dari kedua hal ini mucul pula istilah antara black hat dan white hat yakni Grey Hat di jajaran para pegiat SEO. Penggunaan PBN dengan metode tertentu bisa masuk pada aktifitas Grey Hat ini.

Negative SEO

Negative SEO adalah aktivitas menggunakan cara-cara SEO dengan tujuan jahat yakni tujuananya adalah menghancurkan reputasi web lawan dengan cara teknik SEO yang melanggar Panduan Google Webmaster.

Jika ketrampilan pada SEO digunakan untuk memperoleh rangking di SERP dengan cara yang telah di tentukan Google tetapi negative SEO melakukan sebaliknya, mereka melakukan aktifitas tersebut dengan tujuan sesegera mungkin website target terkena penalty dari Google baik secara otomatis atau manual.

Dengan demikian website target turun peringkat.
Cara yang ditempuh bisa menggunakan teknik spamming dalam jumlah besar, menautkan website target ke website yang terkena penalty atau ke website negatif lainnya dan beberapa cara lain yang dilarang Google. Serangan dari trik ini dapat diatasi dengan menggunakan disavow backlink yakni menonaktifkan backlink yang dibuat oleh para perusak.

Link Scheme

Link Scheme atau skema tautan adalah pembuatan backlink dengan tujuan optimasi website pada mesin pencari dengan cara ‘mengakali’ ketentuan mesin pencari. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh pegiat SEO untuk membuat skema tautan. Bisa menggunakan PBN untuk optimasi, bertukar link secara berlebihan, jual beli link, mesin pembuat backlink atau backlink generator dan lain sebagainya.

Google selalu memperbarui algoritmanya agar skema tautan seperti ini mudah diketahui dan Google kemudian bisa memberikan hukuman. Meskipun Algoritma Google selalu diperbarui tetapi para pegiat SEO terutama yang menyukai jalan pintas selalu melakukan segala cara untuk bisa ‘mengakali’ mesin pencari.

Tier Link

Tier Link adalah pengorganisasian pembuatan link yang bertujuan untuk memperoleh posisi rangking SERP dengan aman dan seminimal mungkin menghindari penalty dari Google. Skema pembangunan backlink biasanya menggunakan metode seperti ini:

Website Utama dikuatkan oleh beberapa blog, web atau web 2.0. Kumpulan dari blog, web atau web 2.0 ini disebut tier 1. Kemudian tier 1 dikuatkan lagi dengan membuat tautan dengan menggunakan blog gratisan, web 2.0, backlink profile dan lain sebagainya. Kumpulan web yang menguatkan tier 1 disebut tier 2. tier 2 dikuatkan oleh tier 3 dan seterusnya.

Dengan struktur tier link yang benar maka akan menjadikan website kuat dan aman. Sedangkan jika kita tidak memperhatikan strukturnya maka aada satu saja website atau blog yang terkena penalty maka akan berimbas kepada kegagalan link dalam jumlah besar untuk memberikan aliran kekuatan pada website utama.

Link Juice

Link Juice adalah pertukaran link antara dua website atau lebih. Pertukaran link tersebut dalam rangka saling menguatkan di mesin pencari. Pada Panduan Google Webmaster saling menukar link seperti ini bisa di ketahui dan dianggap sebagai skema tautan sehingga rawan penalty. Akan tetapi tukar menukar link ini bisa dilakukan jika sewajarnya atau tidak banyak link yang ditukar.

Do follow Link

Do follow Link adalah tautan yang ada pada anchor text dan menggunakan pengaturan do follow yang memungkinkan Google melihatnya sebagai tautan sehingga bisa dipertimbangkan untuk memperkuat posisi pada SERP.

Kondisi sebaliknya adalah no follow link yang fungsi dari anchor text ketika di klik akan tetap menuju website target tetapi Google tidak menganggapnya sebagai tautan yang akan memberikan kekuatan. Type backlink ini memiliki fungsi ini dipakai untuk memberikan referensi ke website yang dicurigai memiliki posisi buruk atau website negatif yang dikhawatirkan akan melemahkan posisi website kita pada SERP.

Private Blog Network

Private Blog Network atau biasa disingkat PBN merupakan sekumpulan blog atau website yang dikelola secara khusus dan digunakan untuk memperkuat sebuah website. Sekumpulan PBN tersebut biasanya menggunakan domain yang di beli bekas artinya dulu pernah aktif dan kini diaktifkan kembali. PBN hanya ditanami oleh situs utama yang akan di angkat posisinya pada SERP. Antara PBN satu dan yang lainnya tidak terhubung.

Menggunakan PBN untuk optimasi sebenarnya masuk dalam kategori backlink scheme oleh Google sehingga jika diketahui oleh Google akan mendapat hukuman berupa penalty. Akan tetapi dengan metode khusus maka Google tidak akan bisa mengindeks apakah blog tersebut dibuat untuk sebagai PBN atau benar benar blog yang dibuat natural.

Domain Authority

Domain Authority adalah tingkat reputasi suatu domain pada SERP biasanya dituliskan dengan nilai maksimal 100. Setiap pihak atau layanan analisis website yang memberi peringkat menggunakan bermacam-macam parameter dalam penentuannya. Tetapi jumlah backlink yang ada pada domain tersebut sangat menentukan.

Sehingga para pegiat SEO yang menggunakan PBN biasanya menggunakan PBN dengan domain lawas yang memiliki Domain Authority tinggi. Ada lagi Page Authority yang merupakan peringkat reputasi dari salah satu isi website atau halaman pada mesin pencari. Seperti halnya Domain Authority, Page Authority memiliki pengaruh dalam posisi SERP.

Permalink

Permalink atau permanen link adalah suatu tautan yang merupakan alamat dari postingan, artikel atau page suatu website. Pada permalink menunjukkan suatu pengaturan kategori atau penempatan suatu konten artikel sehingga memudahkan pengguna mencari konten tersebut melalui kategori.

Penggunaan permalink erat kaitannya dengan SEO dan sasaran kata kunci. Dengan pengkategorian yang bagus maka struktur dari website akan terlihat bagus. Selain itu penggunaan frase pada permalink juga patut diperhatikan karena berhubungan dengan sasaran kata kunci.
Misal saja ketika kita akan pos artikel tentang membuat kandang kambing dengan judul ‘Inilah Cara Membuat Kandang Kambing yang Benar’ maka akan menghasilkan permalink sebagai berikut:

 https://www.domain.com/blog/inilah-cara-membuat-kandang-kambing-yang-benar/

Sedangkan kata kunci yang akan disasar adalah ‘membuat kandang kambing’ maka kita bisa menyederhanakan permalink sebagai berikut:

 https://www.domain.com/blog/membuat-kandang-kambing/

Dengan demikian permalink akan match dengan kata kunci yang disasar sehingga mesin pencari ketika melakukan pencarian informasi menjadi mudah dalam proses crawling-nya. Dan hal itu memperbesar peluang untuk memperkuat posisi SERP website kita.

Istilah Penting Berkaitan Dengan Backlink Building

Backlink Checker

Backlink Checker adalah layanan yang memberikan fasilitas pencarian jumlah backlink, jenis backlink dan kekuatan backlink pada suatu website. Layanan ini ada yang versi gratis dan berbayar. Jika menggunakan versi berbayar maka informasi yang akan ditampilkan semakin lengkap.

Fungsi dari backlink checker adalah untuk menakar kekuatan backlink dari website kompetitor kita. Dengan mengetahui kekuatan backlink kompetitor kita bisa berupaya minimal dengan langkah yang sama dengan apa yang dilakukan kompetitor.