Optimasi seperti yang dibahas sebelumnya adalah cara untuk mempertinggi posisi web kita pada SERP atau halaman hasil mesin pencari. Jika kita akan mengandalkan website untuk menjaring klien baru maka kita akan tahu betapa pentingnya optimasi website dengan benar.  Dan cara optimasi yang paling umum dilakukan salah satunya adalah cara off page yaitu membuat baclink untuk optimasi.

Pengertian backlink adalah suatu tautan yang ada pada website orang lain yang berisi tautan yang nantinya akan menuju ke web kita. Baik tautan itu tertuju ke homepage atau menuju ke artikel yang ada pada halaman atau postingan.

Membuat Backlink Untuk Optimasi
Marketing dengan optimasi website sangat penting untuk menjaring klien di dunia digital. Sumber pexels

Membuat Backlink Untuk Optimasi

Pada dasarnya penggunaan backlink hampir mirip seperti menyebar brosur. Semakin banyak brosur perusahaan yang kita sebar maka semakin besar pula peluang perusahaan kita untuk ditemukan oleh orang yang membutuhkan. Semakin banyak membuat backlink untuk optimasi yang tersebar maka semakin besar pula peluang website kita ditemukan orang yang membutuhkan. Tetapi tidak sesederhana itu. Ada beberapa trik yang harus dilakukan dan membuat backlink untuk optimasi tidak boleh langsung banyak dan serampangan. Karena dalam mesin pencari pun ada tools yang akan menertibkan website yang membuat baclink secara serampangan.

Hal yang disiapkan dan diperhatikan sebelum membuat backlink untuk optimasi

Link Home page

Tentu saja link home page ini ini perlu. Bagaimana mungkin kita akan menyebar baclink tetapi belum menyiapkan nama domain untuk website kita. Ada sebgaian pakar SEO mengatakan bahwa membuat nama domain bisa langsung dengan nama kata kunci yang kita sasar. Misalnya saja bisnis kita adalah memproduksi parfum laundry dan akan memasarkannya melalui web yang dioptimasi maka kita bisa menggunakan kata kunci parfum laundry Jogja misalnya dan membuat nama domain kita dengan alamat www.parfumlaundryjogja.com.

Link artikel

Selain home page yang kita tanam pada backlink, penanaman link artikel juga bisa dilakukan pada saat membuat backlink. Oleh karena itu saat pembuatan artikel harus diperhatikan juga link yang terbentuk. Kita bisa mengeditnya agar menjadi lebih tepat sasaran dan tidak terlalu panjang.

Misal pada postingan dengan judul Pentingnya Optimasi Website Pada Kemajuan Bisnis di Era Digital maka link yang dibuat bisa diperpendek menjadi /pentingnya-optimasi-website. Hal ini dilakukan agar permalink yang terbentuk tepat sasaran dan mempunyai kaidah SEO sehingga mesin pencari akan merekomendasikan artikel yang kita post.

Kumpulan link website

Kita juga harus mengumpulkan link website yang akan di jadikan ‘media tanam’ dari web kita. Kita bisa mencari dan masuk pada web forum diskusi, web direkstory dan sebagainya. Kita bisa menggunakan web yang memiliki Page Authority dan Domain Authority tinggi.

Outbound link

Selain menyebar link web kita ke website lain ternyata dengan kita menyertakan link web lain dapat menambah pont kita dalam SEO. Sehingga saat ini banyak juga para pakar penggiat SEO menanam link milik orang lain pada web yang di kerjakannya. Tentu saja link yang kita tanam ke website kita tidak sembaran link, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi salah satunya adalah link website tersebut terpercaya.

Persiapan website sebelum membuat backlink untuk optimasi

Jangan sampai ketika kita sudah banyak membuat backlink untuk optimasi akan tetapi web yang kita harapkan mendapat banyak kunjungan ternyata dalam segi website nya sendiri belum siap dikunjungi. Tentu saja ketika kita menerima tamu maka kita sudah siapkan kamar tamunya, kita bersihkan rumahnya bahkan jika perlu kita juga membersihkan kamar mandi karena bisa jadi tamu kita akan numpang ke kamar mandi.

Kata kunci yang di tuju

Dalam pembuatan website untuk bisnis atau perdagangan harus jelas apa yang hendak dituju. Jika kita analogikan dengan memancing maka kita harus jelas dengan sasaran jenis ikan yang akan kita pancing, oleh karena itu alat pancing dan juga umpan yang kita gunakan harus sesuai. Jadi dalam dunia internet terutama website maka kita harus menentukan siapa saja yang akan mengunjungi web kita dan umpan ‘kata kunci’ apa yang akan kita lempar ke dunia maya.

Isi atau artikel pada website

Isi atau konten dari website juga perlu diperhatikan. Algoritma dari mesin pencari akan senantiasa diperbarui dan dibuat semakin canggih dan teliti. Oleh karena itu mesin pencari akan menyaring beberapa sumber dan tentu saja yang akan dipilih dan diletakkan di depan (peringkat atas) adalah yang  website yang memiliki relevansi atau kesesuaian lebih tinggi dengan apa yang sedang dicari oleh mesin pencari.

Bahkan untuk masalah artikel ini ada jasa khusus pembuatan artikel di website yang memang benar benar handal dalam pembuatan artikel yang memiliki kaidah SEO. Maka tak heran di situs-situs yang sudah terkenal dan memiliki otoritatif tinggi memiliki artikel yang bagus dalam pembuatannya.

Bentuk atau template web

Bentuk dan juga tampilan dari website sangat penting diperhatikan. Bsinis yang kita kembangkan harus jelas dan sebisa mungkin dimengerti oleh klien hanya dengan mengunjungi website kita.

Tentu saja bentuk dari website berupa profil perusahaan berbeda dengan website toko online.

Dengan membuat konstruksi dan template yang tepat akan menjadikan klien tidak bingung dengan web yang mereka akses. Misal saja ketika kita menawarkan suatu jasa dan membutuhkan tanya jawab yang intensif antara klien dan perusahaan maka link yang akan menuju kontak chat/ telpon dibuat sejelas mungkin.

Performa web

Performa web sangat diperlukan dalam upaya kita untuk mencapai rangking atas dalam SERP. Akan menjadi nilai negatif bagi web kita jika web kita sudah berada di posisi atas halaman hasil mesin pencari tetapi ketika wensite kita dikunjungi akan terjadi proses yang lama dalam memuat website.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan website kita lama dalam pemuatannya. Bisa karena tema, plugin yang dipakai atau layanan dari hosting yang dipakai.

Mobile friendly atau responsif

Untuk saat ini website dengan tampilan yang mobile friendly atau responsif sangat penting. Hal ini dikarenakan mayoritas pengguna internet menggunakan perangkat mobile. Maka perlu dibuat website yang mobile friendly atau responsif.

Ternyata istilah mobile friendly berbeda dengan responsif. Untuk lebih jelasnya mungkin akan kita bahas pada artikel selanjutnya.  

Landing Page

Pengnunjung web kita tentu harus kita pengaruhi agar segera menentukan sikap. Apakah ia akan menjadi klien kita atu tidak. Jika kita berada di dunia nyata tentu kita bisa menawarkan secara langsung. Akan tetapi bagaimana dengan dunia digital marketing.

Kita perlu membuatkan secara khusus halaman yang berisi penawaran dan fitur yang akan diperoleh oleh klien ketika mempercayakan jasa atau pembelian kepada perusahaan kita. Maka Landing Page dibuat semenarik mungkin agar calon klien tertarik.

Membuat Backlink Untuk Optimasi

Kesimpulan

Untuk mendapatkan rangking atas web pada SERP maka kita harus melalui beberapa langkah dan salah satunya adalah membuat backlink untuk optimasi. Denganbacklink terdapat syarat dan persiapan yang harus dipenuhi. Selain itu kesiapan website harus benar-benar matang. Dan untuk mengerjakan hal demikian kami dari SEO Anak Sholeh yang merupakan jasa SEO Jogja terpercaya bisa membantu dalam membuat website bisnis anda sekaligus mengerjakan optimasinya agar berada di peringkat atas pada halaman hasil mesin pencari.