Pernahkah anda berpikir, ketika anda telah melakukan berbagai langkah optimasi, dan anda bisa memastikan proses optimasi anda berjalan dengan baik ? Ketika anda merasa sudah melakukan langkah optiasi dengan tepat, seperti membangun backlink berkualaitas, menulis konten dengan baik dan langkah lainnya, tentu anda harus mengetahui parameter keberhasilan langkah anda. Itulah pentingnya SEO checking untuk website anda.

SEO checking tidak sekedar dengan melakukan pengukuran kekuatan backlink dengan backlink checker atau memeriksa artikel dengan seksama. Namun ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam upaya ini. SEO tidak hanya dibangun berfondasikan backlink atau konten saja. Banyak hal yang harus dilibatkan agar semua berjalan.

Bisakah Mengukur Efektivitas SEO ?

SEO Checking
SEO checking secara berkala bagus untuk website anda. Smber Unsplash

Tahukah anda, seberapa efektifkah langkah yang anda tempuh guna meraih peringkat SEO ? Jika anda baru mengenal SEO, anda mungkin merasa sedikit tidak yakin. Anda telah bekerja selama berbulan-bulan, telah melaksanakan berbagai langkah simultan setiap hari. Tetapi, anda tidak benar-benar tahu apakah yang anda lakukan benar-benar berhasil.

Apakah anda hanya melihat posisi kata kunci di website anda dan anda sudah merasa puas ? Anda salah ! Yang perlu anda ketahui adalah, menggunakan satu metrik SEO sebagai ukuran keberhasilan tidak akan memberi anda gambaran keseluruhan. Karena itu anda harus melalui banyak langkah untuk memastikan bahwa SEO anda berjalan dengan baik.

Langkah SEO Checking

Langkah yang paling tepat adalah menggunakan banyak metrik untuk parameter ukuran, artinya adalah anda harus melacak banyak metrik. Jika anda memiliki tools premium untuk melacak banyak metrik, maka itu jauh lebih baik. Untuk langkah SEO checking terbaik adalah dengan melakukan pelacakan hal berikut ini :

1. Peringkat Kata Kunci

Melacak peringkat kata kunci adalah cara yang umum dilakukan untuk mengetahui kekuatan website anda. Meskipun dengan mengetahui peringkat kata kunci adalah cara yang benar, namun hal ini tergantung juga dengan kata kunci yang anda gunakan. Setidaknya dalam menargetkan kata kunci, anda harus memahami hal berikut ini :

Apakah kata kunci yang anda targetkan tepat atau tidak. Jika situs anda tidak dapat ditemukan untuk kata kunci target anda , maka anda perlu mengubah strategi. Anda bisa beralih ke kata kunci yang kurang kompetitif.

Apakah situs anda benar-benar berkembang atau tidak. Pada waktunya, anda akan melihat peringkat situs web yang meningkat, serta kenaikan kunjungan karena kata kunci yang diperingkat situs anda. Pertumbuhan di dua area ini akan memberi tahu anda bahwa situs anda mendapatkan otoritas dan bahwa posting anda mulai mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Untuk melakukan pelacakan posisi peringkat kata kunci, anda bisa menggunakan berbagai tools yang bisa anda dapatkan di internet. Ada beberapa tools yang berbayar, namun ada pula yang bisa anda gunakan dengan gratis.

2. Kuantitas dan Kualitas Backlink

Yang kami ketahui sampai detik ini adalah backlink masih menjadi salah satu faktor peringkat teratas. Karena itu anda harus fokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas backlink anda dan Google akan menunjukkan keberpihakan atas usaha anda jika anda melakukannya dengan baik. Pastikan anda membangun backlink kualitas bagus. Jangan sampai anda menggunakan backlink generator dalam membuat backlink.

Dengan mengetahui backlink anda, akan memberi informasi yang sangat penting seperti :

  • Seberapa efektif strategi membangun macklink anda. Jangan sampai anda bersusah payah membangun backlink dengan kualitas buruk. Cukup bangun sedikit backlink namun berkualitas baik.
  • Sumber potensial untuk membangun backlink di masa depan. Kemungkinannya adalah, tidak setiap backlik yang mengarah ke situs anda adalah link yang anda buat sendiri. Dengan melacak tautan tersebut, anda akan dapat mengidentifikasi peluang potensial untuk tautan di masa mendatang.
  • Seberapa efektif biaya yang anda keluarkan. Jika anda menghabiskan sejumlah uang untuk memperoleh satu backlink, dan backlink tersebut ternyata tidak mengubah peringkat anda, maka inilah saatnya untuk menyesuaikan strategi anda menuju opsi lain.
Disavow Backlink Kualitas Buruk
Backlink kulaitas baik menjaga peringkat SERP. Sumber Unsplash

3. Lalu Lintas Organik

Untuk mecapai peringkat di SERP ada dua cara yakni dengan membayar iklan dan juga menggunakan SEO organik. Biasanya orang akan menggnakan jasa SEO profesional untuk meningkatkan lalu lintas pencarian organik.

Dengan memantau tingkat lalu lintas organik dari waktu ke waktu, anda akan mendapatkan gambaran yang bagus tentang seberapa efektif strategi SEO anda sebenarnya. Dengan pertumbuhan peringkat pencarian organik yang memiliki kaitan langsung dengan upaya SEO anda, maka lalu lintas organik bisa dikatakan sebagai metrik terpenting yang harus anda ketahui.

Google Analytics menjadi salah satu peralatan favorit dalam melacak lalu lintas organik situs website anda.Tingkat lalu lintas organik bisa dikatakan bagus jika menunjukkan tren yang meningkat. Jika lalu lintas organik website anda meningkat, maka strategi anda berhasil. Jika lalu lintas organik anda menurun atau mendatar, maka anda perlu mengubah strategi anda.

4. Waktu yang Dihabiskan di Halaman

Waktu yang dihabiskan pengunjung di situs anda adalah salah satu metrik yang perlu di pertimbangkan. Jika pengguna menghabiskan banyak waktu di situs anda, maka mereka mungkin menyukai konten anda. Artinya, situs anda dinilai bagus dan penuh dengan konten yang berkualitas tinggi.

Jika banyak pengguna yang menghabiskan banyak waktu di situs anda maka bisa diartikan anda memuaskan pengguna. Seorang pencari informasi di internet memiliki suatu keinginan ketika mengetikkan kata kunci ke Google, kemudian jika mereka mereka memutuskan membuka website anda, dan menghabiskan banyak waktu di sana, maka situs anda memenuhi keinginan dari pengguna.

Untuk mengetahui waktu keseluruhan yang dihabiskan pengunjung di situs anda, anda bisa menggali informasi tersebut di Google Analytics.

Saat mengukur rata-rata waktu yang dihabiskan di halaman oleh pengguna maka pikirkan tentang tujuan halaman. Apakah halaman yang anda buat adalah murni bersifat informatif? Atau, apakah tujuannya untuk mendorong pendaftaran email? Tujuan halaman akan mempengaruhi jumlah waktu yang dihabiskan pengguna ketika membuka halaman dan mencernanya.

Sebagai patokan yang baik untuk konten tertulis yang mendalam, pertimbangkan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk membaca seluruh halaman. Rata-rata waktu yang dihabiskan di halaman ternyata sesuai dengan standar membaca satu halaman dari anda berarti pengguna benar-benar membaca dan menikmati konten anda.

5. Rasio Pentalan

Pengguna yang membuka situs anda dan kemudian menutupnya adalah tanda tidak bagus untuk situs web anda. Google membuat aturan algoritma supaya situs yang dihasilkan di SERP adalah benar-benar situs web yang menyenangkan. Jadi, jika orang terus-menerus membuka situs anda dan keluar secepat mungkin, ini akan berdampak negatif pada peringkat situs anda, meskipun hanya sedikit.

Rasio pentalan adalah metrik lain yang harusnya dievaluasi di setiap halamannya. Aktifitas ini akan memberi tahu anda jika konten yang ada pada suatu halaman ada yang berkualitas buruk dan tentu bisa berdampak pada rasio pentalan secara keseluruhan.

Rasio pentalan situs anda akan bergantung pada niche anda, jenis konten yang ada di halaman anda, dan sumber lalu lintas. Untuk menentukan apakah rasio pentalan anda besar atau tidak, CustomMediaLabs telah menemukan rasio pentalan rata-rata untuk beberapa jenis situs website berikut :

  • 20% – 45% untuk situs web marketplace atau ritel
  • 25% – 55% untuk situs web B2B
  • 30% – 55% untuk situs web lead-gen
  • 35% – 60% untuk situs konten non-marketplace
  • 60% – 90% untuk halaman arahan
  • 65% – 90% untuk portal online, blog dan situs informasi seputar berita dan acara

6. Lalu Lintas Seluler

Saemakin besar lalu lintas seluler pada situs anda berarti anda melakukan sesuatu dengan benar di mata Google. Artinya situs anda responsif, memuat dengan cepat, dan memiliki metrik keterlibatan yang tinggi dalam dunia seluler.

Selain itu, peningkatan lalu lintas seluler akan menandakan bahwa anda memberi peringkat untuk kata kunci khusus seluler tertentu. Peringkat seluler berbeda dengan peringkat desktop, dan anda juga dapat memperoleh lalu lintas dari penelusuran seluler khusus suara.

7. Rasio Klik-Tayang (CTR)

Peringkat tinggi di Google itu penting, tetapi apa gunanya jika peringkat tinggi dari situs website anda tidak menghasilkan lalu lintas ? Yang perlu diketahi adalah semakin tinggi rasio CTR anda, maka semakin banyak lalu lintas yang akan diterima situs anda.

Sebuah studi terbaru dari Ignite Visibility menemukan rata-rata rasio klik-tayang dari masing-masing posisi di Google.

  • Peringkat 1 – 20,5%
  • Peringkat 2 – 13,32%
  • Peringkat 3 – 13,14%
  • Peringkat 4 – 8,98%
  • Peringkat 5 – 9,21%
  • Peringkat 6 – 6,73%
  • Peringkat 7 – 7,61%
  • Peringkat 8 – 6,92%
  • Peringkat 9 – 5,52%
  • Peringkat 10 – 7,95%

8. Otoritas Domain

Otoritas Domain atau biasa disebut dengan Domain Authority (DA) adalah istilah dan metrik yang diciptakan oleh Moz. Metrik ini memberi tahu anda seberapa otoritatif domain yang anda miliki. Semakin banyak otoritas yang dimiliki domain maka semakin mudah untuk mendapatkan peringkatnya, dan anda semakin dapat dipercaya di mata Google.

Indikator kuat bahwa upaya SEO anda membuahkan hasil adalah dengna memiliki nilai DA yang tinggi. Berikut beberapa angka tolok ukur dari Smart Insights mengenai nilai DA pada masing-masing situs website.

  • Situs Media dan Penerbitan: 86.23
  • Situs Pendidikan Tinggi: 78.67
  • Situs Olahraga dan Hiburan: 75,55
  • Situs Akomodasi dan Pelayanan Makanan: 71.27
  • Situs Perangkat Lunak dan Aplikasi: 67.52
  • Situs Perawatan Kesehatan: 67.51
  • Situs Layanan Bisnis: 67.04
  • Situs Ritel: 64.62
  • Situs Barang Konsumsi: 64.07
  • Situs Produk Konstruksi: 63.18
  • Situs Real Estat: 61.52
  • Situs Keuangan dan Asuransi: 60.09
  • Situs Kesehatan: 58.35
SEO Checking
DA website juga berpengaruh dengan kinerja SEO. Sumber Unsplash

9. Kunjungan Kembali

Persentase pengunjung kembali yang tinggi maka berarti pengunjung website anda tidak bisa mendapatkan cukup informasi dari website anda. Metrik ini tidak penting, tetapi memiliki jumlah pengunjung yang kembali mengunjungi situs anda maka sebenarnya situs anda memang diperhitungkan oleh pengguna.

10. Kunjungan Langsung

Kunjungan langsung ke situs website juga menunjukkan bahwa situs website mudah diingat sehingga pengguna tidak memerlukan alat mesin pencarian. Hal ini tentu saja akan memudahkan pengguna mengakses situs anda.

Segera Lakukan SEO Checking

Setelah anda memiliki pengetahuan tentang SEO checking ini maka bersegeralah untuk melakukannya. Anda hanya tinggal memerlukan berbagai tools seperti Google Search Console, Google Analytics, Backlink Monitor dan sebagainya.

Dengan memeriksa kualitas dan kinerja SEO anda secara teratur, anda akan dapat menyempurnakan strategi anda dengan data yang nyata, daripada membuang-buang waktu dengan tugas-tugas SEO yang bisa jadi malah menjadikan anda membuang-buang sumber daya yang anda miliki. Bekerjalah seperti pelaku jasa SEO profesional.