Dengan semakin berkembangnya arus informasi yang beredar di internet, maka sistem semakin sibuk dengan aktifitas penyaringan. Mana saja konten yang layak di munculkan dan mana saja konten yang tidak layak di munculkan atau dihapus. Perangkat sistem ini ada pada sistem algoritma Google. Dan pada artikel ini kita akan mempelajari dan memahami update algoritma Google.

Pembaruan algoritma Google sangat penting bagi siapapun yang berperan dalam arus informasi. Baik itu sebagai user-pencari informasi yang menginginkan informasi yang benar-benar relevan. Atau sebagai penyedia informasi yang akan ‘dituntun’ untuk membuat konten informasi yang layak di konsumsi oleh publik.

Memahami Update Algoritma Google
Algoritma menjadi cara untuk mengolah data. Sumber Unsplash

Algoritma Google

Algoritma Google bisa dibilang sebuah mekanisme otomatis yang mencakup proses perhitungan, pemrosesan data dan penalaran yang di lakukan secara matematis. Dengan demikian maka apabila ada data yang tidak memenuhi syarat akan dapat terdeteksi. Ketika ada data masuk yang tidak memenuhi standar algoritma maka akan mendapatkan konsekuensi berupa penempatan urutan bawah.

Karena itulah seorang webmster atau pakar SEO dituntut untuk bisa memahami update algoritma Google. Algoritma Google sendiri ada bermacam jenis berdasarkan indikator yang di perikasanya. Ada yang memeriksa ketepatan kata kunci, memeriksa penggunaan backlink dan sebagainya. Hal ini sudah di bahas pada artikel sebeumnya.

Algoritma Google Saat Ini

Konten yang semakin banyak, dan juga tata cara optimasi baik secara off page maupun optimasi on page yang semakin beragam memaksa pihak Google selalu melakukan pembaruan algoritmanya. Sebagaimana antivirus pada komputer yang menangani varian virus yang semakin banyak maka antivirus pun harus melakukan update.

Beberapa tahun yang llu update algoritma di lakukan berkala dan sampai saat ini pun pembaruan ini tetap di lakukan. Yang berbeda adalah jika pada masa lalu Google akan melakukan pemberitahun kepada publik ketika melakukan pembaruan algoritmanya, maka pada hari ini Google melakukan pembaruannya secara real time dan tanpa pemberitahuan.

Update Algoritma Google Populer

Meskipun update alforitma di lakukn dengan senyap dan tanpa pemberitahuan, para pakar telah melakukan penelitian dan membuat tools khusus yang mampu mendeteksi akan adanya update algoritma pada mesin pencari dengan melihat perilaku mesin pencari dari waktu ke waktu.

Ketika Google melakukan perubahan atau update algoritmanya ribuan kali dalam setahun, maka tidak semua perubahan tersebut akan memiliki dampak yang besar pada perilaku mesin pencari, artinya posisi SERP tidak ada perubahan yang signifikan. Namun dari perilaku mesin pencari yang selalu di amati, ada beberapa update algoritma yang menjadikan perubahan besar pada peringkat SERP.

Pada 16 November 2003, update algoritma Google yang dikenal dengan nama Florida mampu menimbulkan badai yang besar di dunia SEO. Seperti badai yang umum di negara bagian Florida, hasilnya berubah menjadi pusaran. Ketika proses update algoritma tersebut selesai, SERP tampilannya hampir tidak sama dengan tampilan sebelumnya.

Perubahan ini bahkan disebutkan merubah teknik SEO selamanya. Penggunaan spam, isian kata kunci dan teknik sejenis akan tersapu bersih dan menampilkan hasil SERP yang lebih baru dan fresh. Perubahan besar pada SERP tersebut menimbulkan dampak yang sangat besar di dunia internet. Bahkan konon ada beberapa pihak yang menuntut Google.

Pembaruan populer lainnya adalah pembaruan Panda. Pada masa itu sekitar 2010 banyak para pegiat SEO yang melakukan trik beternak konten dalam merebut peringkat di SERP. Dari sinilah muncul banjir konten yang berkualitas rendah namun memiliki jumlah yang besar. Untuk menanganinya maka Google meluncurkan panda yang menyapu bersih website yang memiliki kualitas konten yang rendah. Hal ini memicu beragam keluhan. Dan mereka yang bertahan adalah yang merubah konten mereka dengan koten yang lebih berkualitas.

Pentingnya Memahmi Update Algoritma Google

Para pakar SEO yang bekerja untuk menaikan peringkat web dan konten untuk mesin pencari dituntut untuk pandai menganalisa, memahami dan melacak perubahan besar dan penting pada mesin pencari. Hal ini karena aktifitas ini akan memengaruhi strategi dan taktik SEO yang akan di lakukan kedepannya.

Update algoritma dapat mempengaruhi anda dalam beberapa hal sebagai berikut:

1. Peringkat dan visibilitas pencarian

Hal utama yang akan berubah adalah peringkat. Peringkat semakin tinggi maka potensi kunjungan ke website akan semakin tinggi. Maka para pebisnis SEO berusaha maksimal mengatasiny ketika rangking SERP website turun. Hal yang hrus di lakukan adalah selalu waspada dengan perubahan yang terjadi pada algoritma Google.

2. Lalu lintas pencarian organik

Pencarian organik adalah pencarian di mesin pencari yang bersandar pada konten yang relevan. Meskipun di posisi awal dari SERP banyak terdapat hasil pencarian berbayar atau iklan, namun dengan hasil pencarian organik menjadikan user akan mendapat informasi yang relevan. Artinya anda harus memperhatikan perubahan algoritma agar tetap berada pada list SERP hasil pencarian organik atas.

Meskipun kebanyakan orang cenderung menganggap algoritma sebagai cara Google menghukum situs web. Namun sebenarnya algoritma adalah cara untuk menghargai situs web karena menyediakan pengalaman pengguna yang baik dan konten yang relevan.

Yang perlu diingat adalah pada saat ini bisa di mungkinkan akan adanya update algoritma setiap hari. Karena Google telah menjanjikan update algoritma secara real time. Maka dengan demikian bagaimana cara melacaak, memahami dan menganlisa update algoritma?

Menggali Informasi Pembaruan Algoritma Google

Dengan adanya perubahan algoritma Google yang dilakukan secara real time maka akan sulit mendeteksi parameter update yang dilakukan oleh Google. Apalagi hal ini di lakukan oleh pegiat SEO amatiran. Namun yang menjadi catatan adalah hal ini bukan berarti tidak mungkin. Masih ada celah informasi yang bisa anda gali di dunia maya.

Ada bertebaran blog, atau forum yang berisi orang-orang profesional dalam bidang SEO. Biasanya mereka akan meluncurkan beragam tulisan berbobot yang terkadang membahas perubahan perilaku mesin pencari atau SERP, membahas update algoritma dan sebagainya.

1. Google Webmaster Central Blog

Blog Pusat Webmaster Google dulunya adalah tempat untuk mencari tahu tentang perubahan algoritma utama yang terjadi, apakah itu peluncuran Panda, Penguin, atau algoritma lainnya. Namun, saat ini Google masih menggunakan blog ini untuk mengumumkan perubahan besar, tseperti perubahan pada mobile friendly.

2. Search Engine Journal

Search Engine Journal sudah eksis dari tahun 2003 hingga hari ini. Jurnal ini menginformasikan pembaruan algoritme Google yang mencakup informasi :

Nama algoritma, tanggal peluncuran, gambaran singkat tentang dampaknya, dan informasi lainnya tentang update algoritma. Selain itu anda akan memperoleh informasi dari tautan ke pengumuman resmi, serta berita dan analisis berita dari sumber eksternal kredibel lainnya.

Memahami Update Algoritma Google
Semakin banyak informasi beredar, maka proses seleksi untuk mendapatkan hasil relevan semakin rumit. Sumber Unsplash

3. Mengikuti Akun Para Pakar

Ada beberapa pakar yang perlu anda ketahui informasi yang di keluarkannya. Biasanya melalui akun Twitter. Seperti Matt Cuts, Glen Gabes, Marie Haynes dan sebagainya.

Penutup

Itulah ulasan mengenai memahami update algoritma Google yang bisa kami sampikan. Permasalahan SEO merupakan permasalahan yg rumit, sehingga untuk mengetahui dan mempelajarinya mesti bersabar dan telaten. Hal itulah yang di lakukan oleh SEO Anak Sholeh, penyedia jasa SEO Jogja dan juga jasa pembuatan webiste profesional di Jogja. Jika anda mengalami kendala atau membutuhkan bntuan dalam hal ini bisa menghubungi SEO Anak Sholeh. Terima kasih.