Dalam usaha menjaga agar suatu web atau blog memiliki peringkat yang tinggi dalam SERP tentu ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Salah satunya adalah merawat web atau blog tersebut. Merawat web tidak hanya mengupdate konten dari website tersebut. Akan tetapi termasuk memastikan fungsi link bekerja dengan cara cek broken link secara berkala. Selain itu untuk menaikkan peringkat SERP ada trik khusus yaitu memanfaatkan broken link.

Broken link selain membuat peringkat SERP enjadi turun (meskipun pengaruhnya mungkin tidak besar) juga menjadikan User Experience menjadi bernilai rendah. Seseorang yang mencari suatu informasi yang dibutuhkan dan ternyata menemukan halaman error 404 tentu menjadi hal yang menyebalkan. Untuk itulah keberadaan broken link harus senantiasa dipantau.

Sangat dianjurkan ketika anda menemukan broken link pada website anda kemudian anda memperbaiki broken link tesebut. Karena broken link pada website anda akan memperburuk nilai dari website anda. Bagaimana hal ini bisa dimanfaatkan?

Cek Broken Link
Pengunjung akan kapok mengunjungi website yang pernah menemui halaman error 404. Sumber Unsplash

Memanfaatkan broken link website orang lain untuk optimasi website anda

Gambarannya adalah sebagai berikut. anda bisa menukar link atau merekomendasikan link anda yang berisi artikel tentang konten yang ada pada link yang mati milik website lain. Dengan cara ini anda sudah mendapat penempatan backlink gratis dan tidak diindeks algoritma Google sebagai sesuatu yang ilegal.

Jika pemilik website tersebut orang yang anda kenal tentu menjadi mudah dalam pelaksanaan trik ini. Akan tetapi jika anda mencari website secara acak tapi tertarget maka anda tidak mengetahui pemilik website dan merekapun tidak kenal anda. Maka ada trik tertentu dalam pelaksanaan agar sukses.

Untuk melakukan hal tersebut perlu ketekunan dan kesabaran karena anda perlu mencari banyak website yang memiliki link yang sudah rusak pada artikelnya dengan topik yang sama atau mendekati dengan website anda. Dengan banyak mencoba maka siapa tahu permintaan ada akan di accept oleh pemilik website.

Langkah teknisnya adalah sebagai berikut :

1. Mencari Website Yang Satu Niche

Langkah pertama adalah dengan mencari website yang memiliki niche yang sama dengan website anda. Pemcarian bisa scara manual atau menggunakan trik sebagai berikut:

Menambahkan operator tanda petik

Penggunaan tanda petik dalam pencarian akan memberikan hasil website yang memiliki konten yang relevan dengan topik atau tema yang anda cari.

Penulisannya adalah : “backlink berkualitas”

Maka hasil pencarian yang akan anda dapatkan adalah halaman web yang memiliki kontan dengan tem backlink berkualitas.

Menambahkan operator site:.com

Penggunaan tambahan site:.com akan menghasilkan website dengan ekstensi .com pada halaman hasil.

Penulisannya adalah : backlink berkualitas site:.com

Maka hasil pencarian yang akan anda dapatkan adalah halaman web yang memiliki kontan dengan tema backlink berkualitas dengan website ekstensi .com.

Menambahkan operator Intitle:

Penggunaan tambahanIntitle: kata dalam judulakan menghasilkan website dengan judul yang dimaksud.

Penulisannya adalah : Intitle:backlink berkualitas

Maka akan menghasilkan website yang memiliki judul backlink dan memiliki kandungan kata berkualitas dalam postingannya.

Menambahkan operator Inurl:

Dengan menambah operaorInurl:kata dalam url maka akan mendapatkan artikel yamg urlnya memiliki kandungan kata tersebut.

Penulisannya adalah : Inurl:backlink berkualitas

Maka akan menghasilkan website yang memiliki url yang menggunakan kata backlink dan memiliki kandungan kata berkualitas dalam postingannya.

anda bisa juga menggabung operator pencarian seperti dibawah ini

backlink berkualitas” site:.net intitle:”backlink” -inurl:pdf -inurl:ppt

Dengan operator gabungan tersebut anda bisa mencari dalam satui langkah yaitu : pencarian website dengan tema backlink berkualitas, dengan judul postingan backlink, dengan bukan berupa hasil filesistem pdf atau ppt.

Dengan menggunakan metode pencarian menyisipkan operator pencarian maka hasil dari website tersebut sesuai dengan keinginan.

2. Melacak Broken Link Pada Website Hasil Pencarian

Langkah selanjutnya adalah membuka website yang sudah anda dapatkan dalam pencarian kemudian melacak broken link yang ada pada website tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan menginstal ekstensi browser Chrome dengan ekstensi broken link checker atau ekstensi sejenis.

Memperbaiki Broken Link
Broken Link Checker pada Google Chrome. Sumber Screenshoot

Pada tahap ini sungguh membosankan karena tidak semua website memiliki link yang eror. Dan tetap saja mencari sampai menemukan website dengan link outbound yang terpasang ketika dibuka menghasilkan halaman peringatan error 404 atau link sudah rusak atau terputus.

Jika ada tang ditemukan segera copy dan paste ke suatu tempat aman. Bisa di notepad, word dan sebagainya. Kumpulkan link yang mati tersebut sebanyak banyaknya. Setelah terkumpul bisa dicek satu persatu melalui https://web.archive.org/ seperti apa tampilan halaman dari link yang mati tersebut ketika masih aktif. Hal ini bertujuan agar ketika membuat konten tiruan tidak jauh dari link awal.

3. Membuat Konten Untuk Mengganti Broken Link

Langkah selanjutnya adalah dengan menyusun konten atau artikel yang sesuai dengan apa yang dilihat pada web archive tadi. Konten tidak harus sama persis karena nanti akan terindeks sebagai plagiat. Yang paling penting adalah konten yang dibuat harus baik dan kalau bisa lebih baik dari konten terdahulu yang linknya sudah mati karena konten terhapus atau karena sebab lainnya.

Beli backlink
Membuat konten yang baik membuat website optimal. sumber Unsplash

Maka disinilah titik penentuannya. Jika pihak pemilik website dengan broken link tersebut anda tawari dan ternyata setuju maka bisa diasumsikan bahwa konten yang dibuat benar-benar berkualitas. Tetapi jika mereka menolak maka mungkin anda perlu belajar lebih keras lagi dalam membuat konten dan optimasi web on page anda harus ditingkatkan.

4. Menghubungi Pemilik Website

Ketika artikel anda sudah dirasa siap segeralah untuk menghubungi pemilik website via email. Dengan menunjukkan link yang sudah mati dan menawarkan konten anda maka usaha selanjutnya adalah meminta dengan kata-kata yang baik. Seperti kita meminta sesuatu kepada orang lain maka orang lain tersebut tentu akan memandang siapa kita dan apa yang kita bawa. Dengan demikian komunikasi yang baik adalah sangat penting

Kesimpulan

Trik ini sebenarnya hanyalah trik bertukar backlink dengan cara kita mengutamakan dalam membuat konten yang berkualitas. Dengan kualitas konten yang baik tentu orang lain yang awalnya tidak mengenal kita maka mereka akan mempertimbangkan kehadiran kita karena konten yang kita buat.

Demikian ulasan mengenai memanfaatkan broken link untuk optimasi wensite kita. Banyak sekali peluang dalam SEO yang bisa jadi anda belum menyadarinya. Senantiasa belajar adalah kunci dari kesuksesan. Dan hal ini yang senantiasa dilakukan oleh penyedia jasa SEO Jogja profesional SEO Anak Sholeh.

WhatsApp Free Konsultasi