Sebenarnya untuk membangun sebuah website sangatlah mudah. Anda tinggal membeli domain, menentukan paket hosting sekaligus instalasi menggunakan WordPress lalu anda tinggal menambahkan konten seperti apa yang anda mau. Sangat mudah bukan? Namun untuk membangun website berkualitas, anda memerlukan berbagai langkah termasuk menentukan niche blog atau website yang tepat.

Anda bisa saja menulis banyak artikel yang tidak dioptimalkan dan berkualitas rendah tanpa riset kata kunci tertentu. Situs web tersebut memang  bisa ‘mengudara’ namun untuk jumlah pengunjungnya seperti apa? Jangan diharapkan. Dengan demikian jika membuat website tanpa banyak pengunjung, maka tingkat konversi yang anda harapkan akan sangat rendah, kecuali anda membangun website untuk bersenang-senang saja.

Ada pembelajaran yang panjang dalam membangun situs web khusus yang menghasilkan pendapatan pasif; namun begitu dipelajari, proses tersebut dapat direplikasi berulang kali. Sebenarnya ada banyak langkah yang harus ditempuh dalam membangun website yang berkualitas, mulai dari memikirkan konten yang tepat, meningkatkan UX website dan juga menentukan niche blog yang benar-benar ‘diminati oleh pasar’.

Niche Blog
Pastikan website memiliki niche yang tepat. Sumber Unsplash

Memahami Niche Blog

Sebelum membangun website dengan niche blog atau website yang tepat anda tentu perlu memahami apa itu niche. Biasanya dalam membangun website, akan ada pengambilan tema konten tertentu yang menargetkan sekelompok kata kunci dan melakukan upaya SEO untuk memberi peringkat yang baik untuk kata kunci tersebut di mesin pencari. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan lalu lintas gratis sebanyak mungkin melalui pencarian organik.

Secara mudahnya website biche adalah sutu website yang memiliki tema konten tertentu sehingga ia akan memberikan konten yang masih dalam satu tema atau berhubungan dengan tema utama website. Tema niche yang bisa diambil bisa beruoa tema pariwisata, teknologi, parenting dan sebagainya.

Keuntungan Membuat Niche Blog atau Website

Ada beberapa alasan mengapa ketika anda membuat website harus memfokuskan website tersebut pada niche tertentu. Inilah jawabannya !

1. Spesial di Pasar Yang Besar

Meskipun pasar di dunia internet sangat besar namun hanya 30% populasi dunia yang memiliki akses ke internet. Potensi pertumbuhan kedepannya masih sangat besar. Miliaran dolar telah dihabiskan untuk periklanan online dan angkanya semakin bertambah dari tehun ke tahhun sehingga ini merupakan peluang yang sangat besar.

Sedangkan ketika anda membuat sesuatu yang khusus, msalnya konten website, maka sebenarnya anda menjadikan website milik anda adalah spesial untuk konten dengan tema tertentu ditengah jutaan tema niche yang ada d dunia maya. Dengan demikian ini memudahkan pencarian website anda, dan tentu saja akan terlihat profesional dalam tema tersebut.

2. Investasi Masa Depan

Ada ribuan tema yang dapat dipilih dan anda dapat meniru prosesnya dari website lain. Kemudian anda semakin lama akan memiliki konten yang banyak dengan kondisi masih dalam satu niche. Semakin berumur website anda, semakin berpengalaman anda dalam membuat konten website, semakin paham anda dengan perilaku mesin pencari maka tinggall menunggu waktu website anda akan menjadi lebih kuat.

Katika ini terjadi sebenarnya anda telah menginvestasikan waktu anda untuk membangun sesuatu yang hebat yakni websiteyang benar-benar kuat. Dengan demikian di masa depan, dengan melakukan perawatan yang kontinyu maka website anda bertahan dalam posisi kuat.

3. Biaya Awal yang Rendah

Membangun situs khusus dari awal hanya memerlukan biaya yang rendah. Biaya ini terutama untuk pendaftaran domain dan pemilihan paket hosting. Untuk menjaga agar biaya investasi tetap rendah, anda dapat menulis konten sendiri dan melakukan SEO secara mandiri di awal.

Dapatkan Penghasilan

Ketika website anda sudah memiliki cukup trafik, inilah saat untuk mendapatkan pendapatan melalui website. Inilah beberapa cara untuk mendapatkan uang di website.

1. Iklan Pay Per Click

PPC atau biasa disebut pay per cklick adalah iklan yang berada di website anda dimana anda dapat menghasilkan passive income setiap waktunya ketika pembaca menyentuh tombol klik pada spanduk iklan yang terpasang. Google AdSense adalah salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan penghasilan karena anda tidak memerlukan usaha lebih untuk menempatkan iklan pada blog atau website anda.

2. Menjual Ad Space

Anda bisa menjual space kosong di website anda kepada pengiklan secara langsung. Cara ini memang akan lebih memakan waktu, namun anda bisa memaksimalkan pendapatan dengan cara menampilkan iklan di website anda. Anda bisa membandrol harga berdasarkan besar space dan juga posisi iklan di website anda.

Dengan menggunakan  metode Ad Space maka website anda akan menghasilkan pembayaran per klik atau pembayaran per pengunjung. Artinya, anda akan mendapatkan uang dari pengiklan berdasarkan jumlah orang yang mengklik iklan atau mengujungi website anda yang telah terpasang iklan mereka.

3. Afiliasi Marketing

Anda bisa membuat link afiliasi untuk mendapatkan pendapatan. Melalui link afiliasi, anda bisa menghasilkan sejumlah komisi ketika pembaca membeli produk atau menggunakan layanan dari suatu perusahaan yang berafiliasi dengan anda ,melalui link yang anda pasang di website anda. Anda tidak harus memiliki produk untuk menjualnya.

4. Membuka Donasi

Apakah anda pernah menemui sebuah website yang meminta donasi kepada anda? Hal ini memang sudah umum dilakukan untukpengembangan website. Jika konten Anda bernilai dan anda memerlukan bantuan untuk mengembangkan website, anda bisa meminta donasi dengan cara yang tepat.

Memang tidak setiap dari pembaca akan memberikan donasi, namun jika anda memiliki trafik yang cukup banyak, anda mungkin saja berhasil mendapatkan sejumlah dana yang cukup untuk operasional website. Biasanya yang paling berpeluang di Indonesia adalah website yang memang dibuat bukan untukmencari keuntungan seperit website dakwah, LSM dan sebagainya.

5. Menjual Produk atau Jasa Sendiri

Langkah ini bisa anda lakukan ketika adna memiliki produk yang anda jual atau anda memiliki ketrampilan yang bisa ditawarkan.  Banyak juga penjual yang menawarkan produk mereka di blog yang mereka buat. Baik penjualan secara langsung melalui banner yang mereka pasang atau melalui artikel konten dengan cara soft selling atau hard selling. Anda bisa memilih beragam teknik sesuai dengan apa yang anda jual dan model blog atau website yang anda bangun.

Niche Blog
Jangan lelah untuk berusaha. Sumber Unsplash

Kesimpulan

Membangun website yang kuat, selain dengan membuat konten berkualitas juga harus menentukan niche blog atau website dengan tepat. Dengan demikian traffic yang diharapkan akan ada dan pembaca akan menemukan informasi di website anda sesuai dengan apa yang mereka ninginkan. Untuk pembuatan website yang berkualitas anda sebenarnya bisa mempercayakan kepada SEO Anak Sholeh yang bergerak dalam jasa pembuatan website. Nantikan pelayanan terbaik dari kami.