YouTube merupakan website pencarian video paling populer di seluruh dunia dan YouTube menempati peringkat atas dari beberapa website yang sering di buka di seluruh dunia setelah peringkat tertinggi di pegang oleh mesin pencari yakni Google. Karena itulah banyak praktisi SEO menyarankan untuk membuat backlink YouTube .

Dalam optimasi ini kita membutuhkan tempat yang khusus untuk menampung video yang kita kelola. Tempat tersebut itulah yang bernama Channel YouTube. Ada beberapa orang yang membangun Channel YouTube dengan berbagai teknik yang di lakukan demi menghasilkan pundi-pundi rupiah. Salah satunya membuat backlink berkualitas dengan backlink YouTube.

Seperti Apa Backling YouTube?

Jika berbicara mengenai backlink YouTube maka akan terdapat dua pemahaman yang keduanya merupakan pekerjaan yang sama yaitu membuat backlink YouTube. Kana tetapi ada perbedaan di antara keduanya.

Membangun backlink untuk optimasi Channel YouTube

Ini adalah teknik optimasi dimana halaman yang dioptimasi bukanlah blog atau website melainkan Channel YouTube. Dengan jalan membangun popularitas channel YouTube maka diharapkan melalui channel yang populer tersebut akan mendapatkan pemasukan rupiah melalui penyetelan monetisasi channel .

Cara monetisasi yang biasa dilakukan adalah dengan memperbanyak viewer dan subscriber. Jika sudah mencapai angka tertentu maka video yang diunggah akan diselipi iklan sehingga YouTuber mendapatkan laba dari penayangan iklan tersebut. Tetapi sekarang YouTuber terkendala dengan aturan baru.

Aturan baru tersebut menerapkan syarat bahwa untuk bisa meraup laba dari iklan harus memiliki 1.000 subscriber dan jumlah penayangan 4.000 jam selama 12 bulan terakhir. Kebijakan ini berlaku bagi akun YouTube baru maupun yang sudah lama. Karena aturan baru tersebut para YouTuber berlomba-lomba mengoptimasi channel YouTube miliknya dengan membuat backlink YouTube untuk optimasi channel. Atau bagi yang kurang sabar biasanya menggunakan backlink generator untuk YouTube.

Membangun backlik pada channel YouTube untuk optimasi website

Sudah jelas dalam uraian sebelumnya bahwa yang dioptimasi adalah channel YouTube. Untuk pembuatan backlink YouTube ini adalah langkah sebaliknya yaitu melakukan optimasi website atau blog dengan cara membangun backlink pada channel YouTube. Dan langkah inilah yang akan kita bahas di artikel ini.

Langkah membuat backlink YouTube untuk optimasi website

Ada beberapa langkah yang perlu di lakuka untuk membuat backlink YouTube. Dan yang perlu dipersiapkan adalah sebelum masuk ke akun YouTube harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Karena YouTube adalah salah satu platform berbagai pakai video yang dimiliki oleh Google maka untuk masuk ke akun YouTube diperlukan akun Google.

Membuat Saluran atau Channel YouTube

hal pertama setelah memiliki akun Google adalah membuat channel YouTube. Dan dibawah ini langkah untuk membuat channel YouTube

  • Masuk ke akun Youtube

Masuk atau log in ke akun YouTube menggunakan akun Google yang telah dibuat. Dengan mengisikan email dan password yang sama dengan akun Google maka otomatis bisa masuk ke akun YouTube.

  • Klik pada Channel anda atau your Channel

Isikan nama channel yang diinginkan. Disini kita akan mengisi nama channel sesuai dengan identitas kita jika nanti video yang di upload adalah video vlog pribadi atau nama channel yang kita buat disesuaikan dengan niche konten yang akan kita upload.

Channel sudah selesai di buat maka kita menuju ke langkah selanjutnya

Verifikasi akun YouTube

Seperti kebanyakan website populer yang memberikan layanan keanggotaan maka biasanya untuk mendapatkan anggota yang valid dan bukan berupa bot akan memerlukan verifikasi keanggotaan. Verifikasi keanggotaan untuk saat ini menggunakan layanan SMS ke nomor telepon seluler atau panggilan suara.

Buka halaman fitur verifikasi

Silahkan membuka halam fitur untuk melakukan verifikasi akun dengan cara masuk ke youtube.com/features dan ikuti petunjuk dengan klik verify. Pilih negara tempat tinggal yaitu Indonesia kemudian klik pada opsi ‘kirim saya SMS berisi pesan verifikasi’ dan isikan nomor telepon yang masih aktif dan sedang aktif. Setelah itu klik kirim.

Kita akan mendapatkan SMS verifikasi dari pihak Google dan masukkan 6 digit kode ferifikasi ke dalam form yang diminta. Dan verifikasi akub YouTube telah selesai.

Mengisi link website

Untuk mengisi channel YouTube kita dengan link website atau blog melalui langkah berikut ini. Akan tetapi pastikan bahwa link website yang anda masukkan tidak salah tulis.

Masuk ke pengaturan melalui link berikut ini.

youtube.com/advanced_settings

Pada bagian bawah yang berisi form untuk mengisi alamat website maka isikan website atau blog yang akan anda optimasi.

Setelah itu verifikasikan bahwa website tersebut milik anda.

Ada beberapa cara yang ditawarkan untuk verifikasi bahwa blog atau website tersebut benar-benar milik kita. Kita bisa memilih salah satu langkah yang dogunakan ada penambahan meta tag, dengan Google Analitic dan sebagainya. Langkah untuk membuat backlink YouTube telah selesai.

Bagaimana langkah selanjutnya?

Langkah tersebut belum sepenuhnya selesai. Kita perlu memikirkan bagaimana cara memaksimalkan channel yang sudah dibuat.

Sebenarnya penanaman backlink pada channel YouTube pada prinsipnya sama dengan kita membuat PBN untuk optimasi website. Yang membedakan adalah jika dalam PBN yang kita buat kita perlu paling tidak memperkuat popularitas PBN pada mesin pencari dengan memasukkan konten berkualitas. Dan bisa jadi PBN yang kita buat belum memiliki Page Authority yang tinggi, maka konten harus secara berkala diupdate.

Sedangkan untuk YouTube sudah memiliki Page Authority yang mendekati nilai sempurna sehingga kita sudah memiliki modal dengan menanamkan backlink kita pada channel YouTube. Dan yang perlu dilakukan adalah meramaikan channel kita dengan konten yang di buat menarik sehingga viewer pada konten kita semakin meningkat.

Langkah jitu

ada langkah jitu lainnya yang bisa kita lakukan. Mesklipun sepertinya susah di dapatkan akan tetapi kita bisa mencobanya. Langkahnya adalah dengan menanamkan tautan video dari channel yang sudah populer ke dalam website kita kemudian kita menghubungi YouTuber pemilik channel agar mau menautkan link website kita pada channelnya. Hubungan bisa melalui email, atau jika sudah kenal lebih baik menghubungi langsung.

Meskipun link juice diatas terlihat konyol akan tetapi kita bisa mencobanya. Maka membuka hubungan dengan user lain dalam hal optimasi website adalah sesuatu yang penting. Hubungan yang baik dengan pihak lain menjadi sangat berarti ketika kita perlu untuk tukar menukar backlink.

Membuat Backlink YouTube
Youtube merupakan situs berbagi video populer. Sumber unsplash

Kesimpulan

Dalam dunia SEO segalanya menjadi sangat mudah sekali berubah. Maka selalu belajar adalah kunci keberhasilan selain konsistensi. Begitu pula tipikal Google yang senantiasa mempernaharui algoritma Google secara real time dan tentu saja kita juga selalu mengejar ketertinggalan itu dengan melihat berbagai peluang dan memetakan kondisi kita sendiri.

Bagaimanapun teknik backlink yang dipakai pada akhirnya semua akan kembali menuju pada pembuatan konten yang profesional dan pencarian peluang yang ada. Dan hal ini sudah dipelajari dan di praktekkan oleh penyedia jasa SEO Jogja yaitu SEO Anak Sholeh.