Di artikel sebelumnya tentang cek broken link untuk menjaga website optimal sudah di bahas mengenai penyebab terjadinya broken link atau dead link dan di artikel ini akan diulas cara memperbaiki broken link pada website. Broken link juga memiliki dampak yang kurang bagus bagi optimasi website kita. Terutama pada UX (User Experience) dimana faktor UX juga sangat berpengaruh pada traffic website kita. Jangan sampai pengunjung website kita kapok berkunjung dikarenakan adanya peringatan link yang tidak ditemukan atau error 404.

Oleh karena itu melakukan cek broken link sangat diajurkan terutama bagi website yang sudah berumur dan memiliki backlink untuk optimasi yang banyak dan tersebar di berbagai tempat. Cek broken link merupakan bagian dari pengelolaan website.

Cek Broken Link

Dalam dunia website banyak layanan yang bisa kita gunakan untuk melakukan checking keadaan website kita. Salah satunya adalah tool untuk melakukan cek broken link. Dan tool tersebut bisa kita dapatkan dengan gratis. Berikut tool untuk cek broken link.

Cek Broken Link dengan Plugin Broken Link Checker

Bagi pengguna CMS WorpdPress tentu sudah tak asing lagi dengan plugin yang satu ini. Plugin ini disediakan oleh pengembang untuk melakukan checking broken link. Keunggulan dari plugin ini adalah sebagai berikut:

Plugin WordPress Broken Link Checker. sumber Screenshoot

Mendeteksi dan memantau broken link yang tertanam di berbagai tempat

Plugin ini dapat melacak link yang ada di berbagai tempat. Dari postingan, komentar, blogroll atau laman. Dengan demikian broken link yang ada ditempat yang tidak pernah diketahui oleh kita akan diketahui keberadaannya oleh plugin ini misalnya di kolom komentar.

Mendeteksi gambar yang tidak ditemukan dan mendeteksi pengalihan link

Dalam suatu postingan kadang ada juga yang mencomot gambar lain di internet tanpa menguploadnya. Cara menampilkan gambar hanya menggunakan kode HTML dan link dari gambar tersebut. Jika yang mempunyai gambar menghapus gambar tersebut maka otomatis gambar di postingan juga hilang dan link yang ditanam menjadi rusak. Dengan plugin ini hal tersebut dapat terlacak.

Memberikan tampilan yang berbeda pada broken link

Plugin ini mampu merubah tampilan link yang rusak menjadi lain dari link yang masih sehat sehingga kita bisa dengan mudah mengetahui link yang rusak.

Terdapat pemberitahuan pada dashboard WordPress dan juga pemberitahuan via email

Setelah plugin terpasang dan melakukan scanning broken link maka jika ditemukan brokan link kita akan mendapat notifikasi dari dashboard atau email.

Memperbaiki broken link bisa langsung dari panel plugin

Apa jadinya jika link yang rusaj ternyata ada dan tersebar di berbagai postingan. Maka kita akan memperbaiki satu persatu. Tapi dengan plugin ini kita cukup memperbaikinya melalui panel plugin saja. Tanpa jharus edit pos satu persatu.

Untuk mendapatkan plugin brokeng link checker bisa di lakukan pencarian plugin pada dashboard. Dan setelah melakukan instalasi pada plugin tersebut kita bisa mengatur kinerja plugin pada pengaturan yang ada. Misalnya saja mengatur dimana saja broken link yang akan kita lacak pengaturan ini ada pada Looks For Links In.

Cek Broken Link Dengan Ekstensi Google Chrome

Salah satu alat untuk mendeteksi link rusak adalah Check My Links. Fitur Check My Link ada pada Google extension. Kita bisa mencari di Chrome Web Store dan memasang ekstensi tersebut. Fungsinya sama dengan tool broken link checker lainnya yaitu melakukan checking link yang rusak pada suatu website.

Memperbaiki Broken Link
Ekstensi Check My Link. Sumber Screenshoot

Menggunakan Check My Links cukup praktis. Ekstensi Check My Link akan melakukan pemantauan tautan yang ada pada suatu website. Dan setelah ditemukan link yang telah rusak maka pada link tersebut atau pada anchor text akan berubah menjadi berlatar merah. Dan jika link tersebut masih berlaku maka warna latar text yang terdapat link tersebut menjadi berwarna hijau.

Memperbaiki Broken Link
Ekstensi Broken Link Checker. Sumber Screenshoot

Ada beberapa ekstensi yang ditawarkan Google Chrome untuk menangani masalah link tersebut. Selain Check My Links ada pula Drweb Link Checker, Link Checker dan Broken Link Checker.

Cek Broken Link dengan tools Online

Ada beberapa tools online yang bisa diunakan untuk melakukan checking link yang rusak atau terputus. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Dead Link Checker

Broken link checker online ini bisa melakukan checking website yang memiliki link yang rusak secara menyeluruh. Ada dua fitur yang bisa dihunakan dalam melakukan checking.

Memperbaiki Broken Link
Tools Dead Link Checker. Sumber Screenshoot
  • Multi Check. Dengan fitur Multi Check yang disediakan oleh tool Dead Link Checker mamungkinkan kita untuk melakukan check link yang mati pada lebih dari satu webiste. Dan menariknya lagi adalah laporan dari hasil checking tadi akan dikirimkan melalui email.
  • Automatic Check. Pada fitur ini memungkinkan adanya checking secara berkala pada website kita dan akan melaporkan link yang telah rusak atau mati melalui email. Dengan fitur ini memudahkan kita untuk memantau website yang kita kelola.

Brokenlinkcheck.com

Pemeriksaan secara online link yang telah rusak atau mati bisa melalui situs Brokenlinkcheck.com. Dengan fungsi yang hampir sama dengan plugin WordPress broken link checker atau elstensi Google Chrome broken link checker tool ini bisa dijadikan alternatif untuk mendeteksi link yang rusak pada website.

Memperbaiki Broken Link
Tools Brokenlinkcheck. Sumber Screenshoot

Tool ini mampu melakukan scanning website menyeluruh atau unlimited scanning. Selain itu tool ini bisa menunjukkan lokasi link yang rusak atau mati tersebut agar segera dioerbaiki atau diganti.

Memperbaiki Broken Link

Setelah ditemukan link yang mati atau rusak maka lebih baik segera diperbaiki karena website kita tentu saja bisa diakses oleh orang lain kapan saja. Ada dua langkah yang bisa kita lakukan dalam memperbaiki broken link tersebut.

Menonaktifkan link

Jika sekiranya susah untuk diperbaiki maka ada pilihan untuk menghapus link yang sudah tertanam pada anchor teks. Dengan demikian anchor teks tersebut nantinya menjadi teks biasa. Dan pilihan ini tentu aman akan tetapi kita akan kehilangan satu link yang mungkin berpengaruh pada kekuatan website kita meskipun hanya sedikit pengarugnya.

Memperbaiki link

Pilihan ini bagus akan tetapi kita harus memperhatikan beberapa hal. Penggantian link yang telah mati tidak hanya sekedar mengganti dengan sembarang link. Bisa saja diganti dengan link artikel lainnya yang telah kita buat. Akan tetapi kesesuaian konteks dan kesesuaian kata yang dipilih pada anchor teks harus juga diperhatikan. Hal ini supaya nilai dari link tersebut tidak turun. Jangan sampai link tersebut terindeks oleh algoritma Google sebagai link yang tidak kontekstual.

Kesimpulan

Pekerjaan SEO adalah pekerjaan yang kompleks. Tidak hanya sekedar membuat backlink berkualitas dan konten yang bagus. Akan tetapi perawatan dari apa-apa yang telah kita buat adalah hal yang penting. Keberlangsungan suatu website tentu sangat tergantung kepada pengelolanya. Website yang selalu diperhatikan dan dikelola dengan baik akan berdampak pada traffic yang tinggi. Dan hal itu sudah menjadi semacam etos kerja pada jasa SEO Jogja terpercaya yaitu SEO Anak Sholeh.

WhatsApp Free Konsultasi