SEO merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh pemilik website dalam rangka meraih posisi bagus di SERP disamping juga menggunakan iklan berbayar, atau Pay Per Click. Meskipun harus melalui proses SEO yang panjang, namun untuk investasi jangka panjang penggunaan teknik SEO untuk website adalah tepat.

Seperti apa proses SEO ? Mungkin pertanyaan tersebut muncul dalam benak setiap orang, dimana saat ini pengerjaan SEO adalah pekerjaan yang tidak mudah. Dan tentu saja setiap orang berkeingina mengetahui bagaimana proses SEO dari awal sampai akhir.

Pada artikel ini akan kami kupas satu per satu, seperti apa pengerjaan SEO, dan bagaimana skema pengerjaan SEO.

Proses SEO
Banyaknya kunjungan ke website harus melalui proses yang panjang sebelumnya. Sumber Unsplash

Proses SEO Saat Ini

Mungkin hari ini sebagian besar orang sudah paham bahwa pekerjaan atau proses SEO adalah pekerjaan yang panjang, simultan dan terencana. Namun tahukah anda, di masa lalu strategi dalam pengerjaan SEO adalah mudah. Anda hanya perlu mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dengan bisnis, mendapatkan lalu lintas terbanyak, dan tidak terlalu kompetitif jika dibandingkan saat ini.

Biasanya anda akan menemukan 5-10 kata kunci yang merupakan yang akan menghasilkan sebagian besar lalu lintas anda. Namun saat ini anda dituntut untuk menggunakan kata kunci yang lebih sempit lagi, artinya kata kunci yang lebih spesifik. Intinya adalah jika anda berfokus pada sekelompok kecil kata kunci umum, anda mungkin tidak ditemukan oleh sebagian besar orang yang menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi.

SEO saat ini didorong oleh pencarian bahasa yang lebih alami. Orang saat ini lebih suka menggunakan penggunaan asisten pada gadged mereka untuk menyampaikan penelusuran mereka, daripada mengetiknya. Karena dalam pencarian di mesin pencari tidak lagi mengetik, maka pengguna bisa memasukkan frasa kata kunci yang lebih panjang dan kompleks.

Dan karena orang-orang memasukkan lebih banyak detail dalam penelusuran saat mereka berusaha menemukan apa yang mereka cari dengan lebih cepat, maka kata kunci model ini jauh lebih mudah untuk diberi peringkat, karena tidak kompetitif. Kata kunci tersebut jauh lebih relevan karena menyertakan lebih banyak detail, dan oleh karena itu lalu lintas dari kata kunci ini berkonversi pada tingkat yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, jumlah penelusuran dengan frasa yang lebih panjang, atau dikenal dengan istilah long tail keyword sering kali menambahkan lebih banyak penelusuran daripada kata kunci yang disusun dari dua atau tiga kata. Inilah yang seharusnya menjadi fokus pembahasan SEO saat ini.

Peringkat Bukan Segalanya

Peringkat website pada SERP itu penting. Tapi selain itu masih banyak hal yang harus anda pikirkan.  Mendapatkan peringkat adalah hasil yang dapat dijual perusahaan SEO dengan mudah karena mereka memuaskan secara emosional, tetapi peringkat atas menjadi sesuatu yang percuma saja kecuali dari peringkat tersebut akan menghasilkan konversi atau penjualan.

Agar ada konversi yang nyata, maka ada banyak faktor yang terlibat. Mulai dari UI website, landing page, cara follow up dan sebagainya. Itulah mengapa anda sebaiknya hanya mempekerjakan perusahaan SEO atau profesional SEO yang fokus pada hasil, bukan hanya berfokus pada peringkat pada SERP.

Berapa Lama Pengerjaan SEO ?

Setelah anda tahu bagaimana SEO telah berubah dari waktu ke waktu dan anda menginginkan prospek dan penjualan dari perusahaan anda, bukan hanya peringkat, maka pertanyaan yang seharusnya anda tanyakan adalah “Berapa lama waktu yang dibutuhkan SEO untuk mulai menghasilkan prospek dan penjualan?”

Jika pertanyaannya adalah demikian, maka jawabannya adalah tergantung. Jawaban tersebut sepertinya hanya membuat frustrasi saja, namun memang seperti itulah proses SEO. Semua bisa tergabtubg pada banyak hal. Semua proses SEO tergantung pada berapa lama situs web anda ada, berapa banyak proses SEO yang telah dilakukan sebelumnya, seperti apa bentuk situs web, berapa banyak konten di dalamnya, bagaimana dengan tautannya, dan banyak faktor SEO lainnya.

Banyak perusahaan SEO akan memberi tahu anda bahwa mungkin akan dibutuhkan waktu 4 hingga 6 bulan untuk mulai melihat hasilnya. SEO tumbuh dari waktu ke waktu. apa pun hasil yang anda peroleh pada 6 bulan pertama tentu jauh lebih sedikit daripada yang anda dapatkan setelah melewati masa 12 bulan. Selain itu pada titik tertentu, anda mungkin melihat hasil yang berkurang, dan kemudian mungkin akan lebih fokus mempertahankan hasil daripada mengembangkan hasuilnya agar semakin besar.

Proses SEO
Anda perlu meniikmati proses SEO agar selalu mengetahui bahwa SEO bertumbuh. Sumber Unsplash

Proses SEO dari Bulan ke Bulan

Tidak ada dua situs web yang dimulai dua proses SEO yang sama, meskipun berada di industri yang sama dan bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang sama. Masing-mmasing akan memiliki karakter tersendiri.

Berikut adalah gambaran skenario yang bisa mewakili dari gambaran proses SEO selama bulan-bulan awal, dan hasil yang mungkin anda harapkan.

1. Bulan Pertama

Riset keyword, audit situs web, penggunaan strategi kata kunci, dan perencanaan menjadi hal yang mendominasi di bulan awal. Jika penelitian dan hasil yang di dapat dapat bisa dilakukan dengan cepat, maka perubahan teknis dapat mulai dilakukan pada situs web dalam bulan pertama. Dalam kasus lain, fase penelitian dan penemuan strategi yang tepat dapat berlangsung lebih dari satu bulan.

2. Bulan Kedua

Di bulan kedua pekerjaan SEO teknis, yaitu membuat atau melakukan modifikasi situs web berdasarkan hasil audit situs bisa dilakukan. Dalam beberapa kasus, situs web yang sudah ada perlu dirombak, dan ini sendiri bisa memakan waktu yang lebih lama daripada memulai situs dari awal.

Kegiatan SEO lainnya seperti mengerjakan tautan atau backlink berkualitas dan membangun konten dapat dilakukan pada saat yang bersamaan. Jika anda pada fase ini melakukan perombakan situs maka anda masih tidak akan melihat hasil apa pun, karena perubahan yang dibuat hanya akan mulai berdampak setelah proses SEO benar-benar selesai.

3. Bulan Ketiga

Di bulan ketiga ibni anda akan memulai fokus pada pembuatan konten. Blogging, pembuatan daftar FAQ, artikel, mengulas produk dan pembuatan informasi perusahaan, dll. Idealnya anda akan memulai ini tepat setelah strategi dan perencanaan, tetapi seringkali anggaran membatasi apa yang dapat dilakukan sekaligus, sehingga perombakan teknis perlu dilakukan terlebih dahulu.

Karena itu, anda mungkin mulai melihat beberapa peningkatan peringkat pada akhir bulan ini. Jika peringkat tersebut diterjemahkan ke dalam prospek atau penjualan, maka lebih baik lagi, tetapi kemungkinan di masa ini anda belum siap untuk melakukannya. Masih banyak peklerjaan yang harus dilakukan.

4. Bulan Keempat

Pembuatan konten berkelanjutan, pengoptimalan teknis situs web, dan pengembangan tautan yang sehat dilakukan pada bulan ini. Selain itu di fase ini anda dapat melihat peningkatan yang nyata dalam peringkat, lalu lintas, dan perolehan prospek. Pastikan di bulan ini anda mengetahui bahwa proses SEO yang anda jalankan berfungsi dengan baik.

5. Bulan Kelima

Pada bulan ini anda mungkin sudah mulai memasukkan manajemen media sosial ke dalam rencana anda untuk memperkuat konten anda dan meningkatkan lalu lintas langsung ke situs web. Hal ini dapat menghasilkan tautan yang sehat dan alami, dan tentu saja menghasilkan prospek dengan sendirinya.

Anda masih tetap melanjutkan pembuatan konten. Anda seharusnya melihat semakin banyak lalu lintas yang datang dari SEO pada saat ini, dan sebagai hasilnya, prospek anda akan meningkat karena intensitas kunjungan ke website anda akan semakin sering.

6. Bulan Keenam

Jika lalu lintas anda telah mencapai 5.000 pengunjung per bulan atau lebih pada fase ini, maka anda bisa mendapatkan keuntungan dari menambahkan pengoptimalan tingkat konversi ke upaya anda untuk meningkatkan bagaimana lalu lintas yang anda terima diubah menjadi prospek atau penjualan.

Sejak saat ini, aktivitas anda mungkin difokuskan pada pembuatan konten marketing secara berkala dan mempromosikan konten tersebut, atau anda mungkin melakukan hal-hal yang lebih kreatif dari itu. Aktivitas spesifik dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis perusahaan dan jenis situs web yang anda tangani.

Jangan Berhenti Terlalu Cepat

Inilah kesalahan yang sering ditemukan oleh para praktisi SEO. Sebagian dari klien mereka akan merasa puas dengan apa yang mereka peroleh dan kemudian mereka memutuskan untuk melepas kontrak kerjasama dengan perusahaan SEO yang membesarkan namanya di mesin pencari. Sebenarnya ini adalah hak mereka.

Namun perlu di pahami bahwa peringkat yang di peroleh pada SERP tanpa melakukan upaya mempertahankan peringkat maka lambat laun peringkat tersebut akan terancam atau bahkan berubah dan mengalami kemerosotan peringkat. Karena itu bagi anda yang sudah mendapatkan peringkat yang anda inginkan, jangan berhenti terlalu cepat. Tetap percayakan pengelolaan website kepada jasa SEO yang selama ini anda percaya.

Proses SEO
Mempertahankan peringkat dengan artikel berkualitas secara konsisten bagian dari upaya SEO. Sumber UNsplash

Penutup

Proses SEO yang di lakukan oleh penyedia jasa SEO profesional, SEO Anak Sholeh dan perusahaan profesional lainnya memang terkesan lamban atau bertele-tele. Namun untuk investasi jangka panjang, proses SEO seperti itulah yang harus di lakukan. Jangan sampai anda terjebak dengan janji perusahaan SEO abal-abal yang memberikan janji bahwa SEO bisa dilakukan dengan sekejap dan hasil yang memuaskan. Semua butuh proses detail dan berkelanjutan.