Dalam dunia digital seperti saat ini semakin banyak pihak baik perorangan, perusahaan ataupun non komersial yang masuk ke jejaring internet baik menggunakan website, blog ataupun media sosial. Mereka berlomba-lomba berebut pengaruh di dunia maya.

Backlink Generator
Backlink berpengaruh dalam memperoleh peringkat SERP. Sumber pexels

Mereka mengaktualisasikan diri agar populer di mesin pencari dengan berbagai tujuan baik komersial seperti perusahaan yang ingin mendapat banyak benefit dari banyaknya klien dari dunia maya. Atau non komersial berupa penyebaran ide, permintaan dukungan atau sekedar untuk penokohan. Karena fenomena itulah banyak bermunculan jasa optimasi atau penggunaan teknik marketing SEO.

Salah satu langkah optimasi paling populer yang dipakai para pakar SEO adalah dengan membangun backlink. Bahkan untuk tujuan membangun backlink tersebut ada beberapa pihak yang membuat mesin pembuat backlink atau biasa disebut backlink generator atau sebagian yang lain menyebutnya dengan backlink submitter. Dan mereka membangun backlink dengan menggunakan backlink generator tersebut.

Seperti layaknya sebuah mesin, dengan menggunakan backlink generator kita tinggal memasukkan link website atau URL kita dan dengan sekali klik ratusan backlink yang tersebar di ratusan situs web akan terbentuk. Dan dengan terciptanya backlink dalam jumlah besar menggunakan backlink generator diharapkan peringkat pada SERP meningkat.

Sepertinya mudah bukan? Tapi bagaimana dengan kondisi sebenarnya? Amankah menggunakan backlink generator untuk web kita?

Pengertian dan cara kerja menggunakan backlink generator

Seperti yang telah di jelaskan di depan. Backlink generator merupakan tools online ataupun aplikasi otomatis yang digunakan untuk ping secara otomatis dan instan website kita ke beberapa website lain. Sehingga ketika kita menggunakan backlink generator akan mendapatkan hasil banyak situs sehingga bisa di ibaratkan dalam sekali dayung dua atau tiga pulau terlampaui.

Cara kerja dari backlink generator adalah ping, RSS Submitter dan sejenisnya. Cara kerja dalam backlink generator ini adalah artikel atau konten kita akan di ping oleh aplikasi backlink generator dan selanjutnya secara otomatis membuat RSS feed dan baru kemudian di ping lagi.

Dan ada beberapa cara kerja lain yang intinya adalah sama. Dengan menggunakan baklink generator maka kita tak perlu capek-capek membangun backlink profile ataupun membuat artikel. Dan dari yang bisa kita lacak di mesin pencari ada beberapa penyedia backlink generator memberikan tools secara free dan ada pula yang berbayar.

Bisakah menggunakan backlink generator untuk backlink berkualitas?

Itu adalah pertanyaan yang tepat dan penting untuk ditanyakan. Bisakah dengan membuat backlink otomatis tetapi backlink yang dihasilkan berkualitas. Tentu menjadi hal yang sangat menggembirakan jika tool backlink generator mampu membuat backlink berkualitas.

Yang di jadikan catatan disini adalah menggunakan backlink generator untuk membangun backlink optimasi website adalah kategori Black Hat SEO. Bisa diartikan bahwa perbuatan itu sebenarnya dilarang oleh pihak penyedia layanan search engine dalam hal ini Google. Karena dengan menggunakan link building secara massal sama saja mengakali mesin pencari.

Cara kerja mesin pencari pada dasarnya adalah mengindeks atau melacak kata kunci yang dicari. Ketika kita mengetikkan kata kunci yang kita butuhkan maka Google langsung bekerja mencari di berbagi artikel atau konten yang ada di internet yang mengandung kata kunci yang dimaksud.

Dan kita berpikir bisa mengakali mesin pencari dengan memperbanyak link dan kandungan kata kunci yang akan kita jnginkan pada berbagai media di internet yang sekiranya bisa diindeks mesin pencari.

Alasan dari pelarangan menggunakan backlink generator untuk menciptakan backlink secara massal ini tentu sangat masuk akal. Karena membangun backlink dengan menggunakan bcklink generator akan menghasilkan backlink yang tidak natural.

Mengenal Google Penguin

Ketika ada pihak-pihak yang mencoba memanipulasi kata kunci pada dunia maya dan juga membuat backlink secara massal dan tidak natural maka tentu saja Google tidak tinggal diam. Maka dibuatlah seperangkat proses untuk menyelesaikan masalah pada mesin pencarian dengan cara penghitungan penalaran otomatis dan juga pemrosesan data yang disebut algoritma.

Bagi website yang ketahuan menggunakan teknik black hat tersebut maka Google akan memberikan hukuman berupa penurunan rangking pada halaman hasil mesin pencari atau SERP. Dan Google sendiri membuat beberapa algoritma yang selalu di update secara terus menerus.

Algoritma Google di beri nama Penguin, Hummingbird dan juga Panda dan masing masing melakukan filter pada mesin pencarian dengan metode penalaran berbeda.

Google Penguin merupakan algoritma dari google yang berfungsi menyaring hasil pencarian pada SERP. Sehingga dalam proses filterisasi ini ada web yang naik peringkatnya dan ada pula yang turun peringkatnya. Yang dijadikan pedoman oleh penguin dalam operasinya adalah penggunaan spamming.

Maksud dari spamming disini adalah memanipulasi link dengan cara membuat backlink secara tidak natural. Dan pembuatan backlink atau backlink scheme yang tidak natural ini bisa menggunakan link berbayar, link exchange, penggunaan anchor tertentu dan menggunakan tools otomatis atau dalam hal ini backlink generator.

Algoritma Google Penguin pertama diluncirkan pada 24 April 2012 dan senantiasa diperbarui oleh pihak Google. Dan saat ini telah sampai pada pembaruan yang ke tujuh atau desebut Penguin 4.0. dengan algoritma yang selalu diupdate maka diharapkan kemampuan mesin pencari dalam mengindeks informasi yang dibutuhkan pemakai dapat berjalan maksimal.

Berbeda dari biasanya, untuk masa mendatang pihak dari Google tidak akan memberitahukan kepada publik tentang update algoritmanya. Sehingga bisa dikatakan update algoritma Google mulai saat ini bersifat real time.

Tujuan dari Google membuat berbagai langkah algoritma tentu saja merupakan tujuan yang baik. Google menginginkan siapa saja yang mencari di mesin pencarian sesuatu yang diinginkan dan apapun itu akan benar-benar mendapatkan apa yang diinginkan.

Maka dengan adanya algoritma penguin tadi website atau blog yang melakukan manipulasi dan kecurangan akan tersingkir dari peringkat atas halaman hasil pencarian. Sehingga para pencari informasi pada mesin pencari tidak akan terganggu dengan kehadiran website atau blog yang memberikan konten kualitas rendah atau konten yang menipu.

Termasuk juga konten berkualitas rendah tapi berusaha untuk mendapatkan rangking di SERP dengan cara menggunakan backlink generator maka bersiaplah untuk terkena sasaran dari algoritma Google.

Kesimpulan

Penggunaan backlink generator dalam membuat backlink optimasi tidak akan aman selamanya. Dengan aktifitas update algoritma dari Google yang dilakukan secara real time maka jika aktifitas membuat backlink yang manipulatif ini aman pada hari ini bisa jadi akan menjadi bencana di lain hari.

Backlink generator
Backlink generator, cara membuat backlink massal tapi tidak aman. Sumber pexels

Oleh karena itu teruslah belajar sehingga kita akan mengetahui apa saja yang diinginkan mesin pencari agar website kita terindeks di rangking atas SERP. Backlink yang diinginkan oleh mesin pencari adalah backlink yang benar-benar natural dan tidak dimanipulasi. Maka pembuatan konten yang relevan sangatlah penting.

Dengan membuat konten yang relevan dan kita bisa menyisipkan link dengan konteks yang sesuai maka kita akan mendapatkan backlink yang disukai oleh mesin pencari.

Dalam hal ini kami dari jasa SEO Jogja yang bernama SEO Anak Sholeh akan membantu anda mengusahakan agar website bisnis anda bisa terindeks di mesin pencari pada peringkat halaman pertama. Kami akan memberikan konten yang berbobot pada website anda.

WhatsApp Free Konsultasi