Tahukah Anda bahwa 93% pengalaman di Internet dimulai dengan mesin pencari? Artinya ketika mereka mencari atau membuka apapun di internet bermula dari penggunaan mesin pencari. Karena itu keberadaan mesin pencari dan juga usaha melakukan optimasi menjadi sangat penting. Karena algoritma Google yang selalu berubah, naka penting untuk memahami algoritma Google dan mempelajari trik SEO 2020 bagi anda yang terjun di dunia website.

Dalam usaha optimasinya, tentu yang ingi di capai adalah halaman teratas pada SERP. Menurut penelitian, hasil teratas di Google memiliki peluang 33% untuk di kunjungi. Karena itulah setiap pemilik website berlomba-lomba untuk menjadi website yang berada di hasil tertatas halaman SERP.

Meningkatkan Peringkat SEO 2020

Seperti yang diulas sebelumnya bahwa algoritma Google akan senantiasa diperbarui setiap saat dan secara real-time. Oleh karena itu setiap tahun cara yang digunakan untuk mencapai peringkat teratas halaman hasil pencarian atau biasa disebut optimasi akan selalu berubah.

Inilah cara meningkatkan peringkat  SEO 2020.

SEO 2020
Trik SEO selalu berubah setiap saat. Sumber Pexels

1. Tingkatkan Kecepatan Memuat Halaman

Kecepatan dalam pemuatan halaman anda ternyata akan berpengaruh buruk pada peringkat SEO anda di mesin pencari. Selain itu situs web yang lambat juga akan mempengaruhi pengunjung situs web anda dalam pengalaman mereka menelusuri website anda. Hal ini tentu sangat disayangkan.

Penelitian menunjukkan 40% pengunjung akan meninggalkan situs web jika halaman membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat secara penuh. Dan fakta dari penelitian terasebut mengatakan bahwa 80% dari pengunjung tersebut tidak akan kembali ke situs web tersebut. Meskipun hanya selisih beberapa detik saja, namun ternyata kecepartan pemuatan halaman website sangat menentukan.

Anda bisa melakukan tes kecepatan website anda dalam memuat halaman. Banyak pengembang yang menyediakan perangkat test tersebut secara online dan gratis. Jika lambatnya website tersebut ada pada situs anda, segera periksa tema dan plugin situs web anda. Jika tidak ada masalah anda bisa menghubungi penyedia hosting yang anda gunakan. Pastkan mempercayakan kepada penyedia hosting terbaik.

2. Konten Berkualitas

Situs yang bagus adalah situs website yang senantiasa update setiap saat secara berkala. Selain itu konten yang anda update harus berkualitas tinggi, terbaru, dan relevan. Faktor lain yang memengaruhi peringkat SEO adalah lama pengunjung bertahan di halaman website anda.

Jika situs website yang anda kelola memiliki informasi yang segar, menarik, dan layak diberitakan, maka akan membuat pengunjung di halaman website anda lebih lama dan meningkatkan durasi pengunjung bertahan di halaman website anda. Situs web yang menyediakan konten yang sangat informatif biasanya disukai pengunjung dan mereka akan tinggal lama di hadapan halaman website anda.

3. Optimalkan Gambar

Dalam membuat konten website, anda seharusnya menyisipkan gambar yang bagus di konten tersebut. Agar optimal, anda sebaiknya memilih format gambar dan ukuran yang tepat. Gambar yang memiliki ukuran besar dapat memperlambat waktu pemuatan halaman, hal ini tentu akan mempengaruhi peringkat website anda di SERP.

Selain itu gambar yang dijadikan materi untuk mengisi konten website harus diberi sisipan kata kunci yang akan dituju pada Alt text. Penambahan deskripsi dan juga sumber gambar juga harus diperhatikan.

4. Struktur Konten

Pernahkah anda membaca suatu tulisan seperti novel, namun bukan sebuah novel. Jika anda membaca sebuah artikel di website dengan hanya terdiri dari judul dan juga isi berupa paragraf teks saja tentu akan terliha membosankan. Sebaiknya anda menata kembali paragraf anda agar tidak terlampau panjang sehingga tidak membosankan ketika di baca.

Langkah lannya adalah anda bisa membagi koten artikel yang anda tulis menjadi beberapa bagian dan dipisahkan dengan subjudul. Dengan demikian pembaca dapat memahami isi konten degan cepat melalui subjudul yang di pakai. Pisahkan dengan H1, H2, H3 dan seterusnya. Dengan konten yang terstruktur, tentu tidak menjadikan pembaca bosan dan segera meninggalkan situs anda.

5. Tidak Hanya Sekedar Teks

Jangan hanya terpaku pada isi koten berkualitas yang berupa teks. Selain menggunakan teks dan gambar, anda seharusnya menambahkan beberapa elemen lain pada konten situs anda. Beberapa tabel, infografis, slide, atau video bisa anda tambahkan. Elemen tersebut dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna.

Untuk menambah durasi waktu kunjungan pengguna, anda bisa menyelipkan file video atau suara. Tidak semua orang akan menyukai aktifitas membaca. Karena itu untuk mengatasi hal ini, berikan pengunjung pilihan untuk memutar file suara atau video. File suara juga bisa anda koleksi untuk di jadikan podcast yang kedepannya mulai mendapat tempat.

6. Perbaiki Link yang Rusak

Tautan yang rusak atau broken link memberikan pengaruh buruk untuk SEO anda. Karena itu senantiasa check broken link setiap saat agar anda terhindar dari hal ini. Selain memberikan pengaruh buruk, tautan yang rusak tersebut memberikan pengalaman pengguna yang buruk.

7. Optimalkan Untuk Perangkat Seluler

Penggunaan perangkat seluler dari waktu ke waktu senantiasa meningkat. Bahkan penggunaannya melebihi penggunaan laptop atau komputer. Hal ini tentu saja dipertimbangkan oleh Google sebagai penyedia platform pencarian di internet terbesar di dunia.

Situs web yang anda bangun perlu dioptimalkan untuk pengguna seluler. Anda bisa membangun website dengan kemampuan diakses menggunakan mobile, atau biasa disebut dengan situs mobile friendly atau responsif. Jika situs anda tidak dioptimalkan di perangkat mobile, maka akan menghambat pengalaman pengguna, yang berdampak buruk pada peringkat situs anda.

8. Tata Letak Halaman

Pastikan anda tidak menaruh banyak iklan, gambar dan pop up yang terlalu menutupi halaman. Hal ini akan menjadikan buruk untuk peringkat SEO anda. Pastikan anda menyusun komposisi halaman yang menyenangkan jika dilihat oleh pengunjung. Tata letak halaman yang baik akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Komposisi gambar, huruf atau font, huruf tebal, cetak miring dan sebagainya akan bisa memudahkan pengunjung untuk dengan cepat ‘memindai’ halaman anda. Biasanya pengunjung yang membuka halaman anda akan melihat halaman secara keseluruhan terlebih dahulu sebelum mereka memperhatikan yang detail.

SEO 2020
Manfaatkan medsos untuk SEO. Sumber Pexels

9. Mendorong Berbagi di Media Sosial

Setiap situs web yang dibangun dengan optimasi SEO untuk saat ini sepertinya harus aktif di media sosial. Anda bisa memanfaatkan para pengunjung website untuk mendorong mereka agar membagikan konten yang ada di situs website milik anda ke media sosial mereka. Meskipun hal ini seperti sepele, namun persebaran konten website di media sosial akan menjadikan bagus untuk SEO.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyertakan ikon berbagi sosial di semua konten yang anda buat di situs website. Anda juga harus membagikan tautan konten website anda di halaman media sosial milik anda sendiri. Saat informasi yang anda bagika itu muncul di timeline orang lain, mereka hanya perlu satu klik untuk membagikannya kembali.

10. Tulis Judul Yang Tepat

.membuat judul konten tidaklah sembarangan. Judul harus menyesuaikan dengan isi konten yang akan di bagikan melalui website. Selain itu sebaiknya anda menyisipkan kata kunci pada kalimat judul. Peletakannya paling tepat adalah ada di paling depan. Namun tidak tertutup kemungkinan anda meletakkannya di tengah atau belakang. Nantinya judul akan membentuk permalink yang akan berbentuk seperti itu selamanya, karena sebaiknya tidak diubah-ubah.

11. Tulis Meta Description

Meta deskripsi sangat penting pada pembuatan postingan di website. Meta deskripsi atau meta description biasanya akan muncul pada kutipan di halaman mesin pencari karena itu anda harus membuat meta deskripsi itu dengan benar. Biasanya meta deskripsi berisi semacam keterangan dari postingan. Selain itu meta deskripsi memberikan alasan mengapa  pengunjung website harus membuka artikel tersebut dan membacanya.

Pembuatan Meta deskripsi dibatasi hanya 160 karakter artinya anda tidak bisa membuat meta deskripsi dengan terlalu panjang. Selain itu meta deskripsi harus memuat kata kunci yang akan dituju. Jika anda menggunakan plugin WordPress seperti All-in-One SEO Pack atau Yoast, anda akan mendapatkan form untuk menuliskan meta deskripsi di bagian bawah editor blog.

12. Buat Aplikasi Seluler

Google sekarang melakukan pengindeks-an aplikasi di penelusuran Google dengan Pengindeksan Aplikasi Firebase. Saat aplikasi anda muncul di penelusuran Google, itu secara otomatis menjadi sumber daya yang berharga. Namun dalam pembuatan aplikasi seluler in harus disesuaikan dengan bisnis anda. Apakah di dalam bisnis anda diperlukan aplikasi seluler atau tidak.

13. Diversifikasikan Tautan

Jika anda ingin peringkat tinggi pada SERp maka jangan hanya fokus pada salah satu metode membangun baklink seperti membangun backlink PBN. Anda perlu mendapatkan tautan ke situs anda dari blog, direktori, dan terkadang dari beranda situs lain. Pastikan tautan apa pun yang anda buat juga relevan karena tautan tersebut cenderung memiliki dampak besar.

14. Manfaatkan Google Bisnis

Penggunaan berbagai fitur yang di rilis oleh Google sangat bermanfaat dan membantu untuk aktivitas optimasi website anda. Jika anda melacak satu kata kunci di internet maka yang akan tampil di halaman hasil pencarian sebagian adalah produk atau platform dari Google seperti YouTube, Google Map dan saat ini ini yang perlu dibangun adalah Google bisnis.

Meskipun hal ini cukup sepele namun membuat Google Map, Google bisnisku, konten video di YouTube dan peluang-peluang lainnya bisa jadi sangat bermanfaat untuk membantu optimasi website anda. SEO lokal itu penting, terutama jika anda memiliki bisnis yang berlokasi. Karena itu segera membuat akun di Google Bisnis.

SEO 2020
Tentukan Niceh website anda. Sumber Unsplash

15. Tentukan Niche Anda

Untuk memfokuskan satu konten di website maka diperlukan fokus pada satu kata kunci. anda bisa menyisipkan beberapa kata kunci di konten tersebut termasuk dalam meta deskripsi, judul dan isi konten. Begitu juga dengan website anda sebaiknya fokus pada satu pembahasan dan atau satu lingkup tema yang biasa disebut niche blog atau website.

Penggunaan suatu lingkup tema atau satu Niche akan memudahkan mesin pencari untuk mengindeks website anda. Jangan sampai anda membuat website dengan konten dalam jangkauan tema yang terlalu luas seperti portal website berita online kecuali memang anda membuat website seperti itu.

16. Memanfaatkan Influencer

Saat ini keberadaan influencer di saluran YouTube  menjadi salah satu yang masuk pertimbangan dalam dunia digital marketing. Banyaknya follower yang ada di YouTube mampu memberikan pengaruh kepada audiens untuk menggunakan salah satu produk. Saluran YouTube yang memiliki jumlah follower banyak ternyata bisa dimanfaatkan untuk membangun backlink YouTube.

Anda bisa memanfaatkannya. Carilah influencer yang nantinya berkenan untuk memasang tautan website anda pada saluran mereka. tentu saja ada timbal balik yang harus anda berikan dalam bentuk materi seperti uang atau produk yang anda jual. 

Selain memanfaatkan follower, ada cara lain yaitu anda membuka sendiri saluran YouTube anda dan melakukan kampanye agar memiliki jumlah follower dan viewer yang banyak. Namun nanti sumber daya anda akan terkuras untuk aktivitas itu karena itu langkah yang tepat adalah bekerjasama dengan  influencer YouTube yang memang sudah memiliki follower yang besar.