Sejak dunia pemasaran merambah ke dunia digital lewat media-media elektronik, optimasi web menjadi salah satu teknik marketing digital yang mulai ditekuni oleh banyak kalangan. Optimasi web kemudian populer dan seolah menjadi salah satu cara cepat paling efektif.

Awalnya dunia digital hanya memiliki beberapa media seperti radio, televisi dan papan iklan elektronik, namun semakin berkembangnya teknologi dan ditemukannya internet, maka dunia pemasaran menjadi semakin luas dengan kehadiran internet marketing.

Internet marketing juga menggunakan sarana digital, namun internet adalah komunitas tersendiri yang menghubungkan setiap orang secara online. Tidak sebagaimana televisi dan radio yang berinteraksi dengan penonton dan pendengar secara langsung dari perangkat digital.

Website adalah salah satu platform interaksi secara online. Maka jika suatu produk merambah dunia internet marketing, paling tidak salah satu yang harus dimiliki adalah halaman website. Di sini kemudian diperlukan aktivitas optimasi web.

Bagi siapapun yang ingin mencoba peruntungannya di dunia internet marketing harus memahami bagaimana agar website bisa optimum atau memahami cara kerja SEO.

Quote Ilustrasi Digital Marketing, sumber ig consultusdigi
Quote Ilustrasi Digital Marketing, sumber ig @consultusdigi

Optimasi Website : On Page dan Off Page

Panduan optimasi website ini perlu dikuasai oleh siapapun yang mulai membangun bisnisnya dan merambah ke dunia internet marketing. Karena tentu saja marketing harus dikuasai oleh setiap pelaku bisnis.

Meskipun optimasi website hanya merupakan salah satu teknik diantara banyak teknik marketing, namun dampak yang menghasilkan penjualan melalui internet dengan teknik ini ternyata cukup menjanjikan.

Semuanya berawal dari pertanyaan tentang bagaimana caranya agar website kita menjadi perhatian para khalayak online. Untuk lebih mudahnya, kita bisa berangkat dari pembahasan tentang searching engine.

Di dunia nyata, kita bisa menemukan informasi secara langsung dengan cara mencarinya, berkomunikasi dengan orang-orang, memperhatikan segala sesuatu, membaca media non elektronik dan elektronik. Bagaimana dengan dunia baru yang bernama internet?

Di dunia maya (internet), banyak sekali orang-orang yang bergantung dengan searching engine. Karena tidak semua alamat website atau platform tempat berinteraksi mudah ditemukan alamatnya secara langsung.

Jadi cara yang paling mudah adalah memasukkan kata kunci pada mesin pencarian (searching engine), maka mesin akan memunculkan list website atau platform online yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Nah, inilah halaman pertama yang berisi 10 list platform online.

Ilustrasi Pentingnya SEO, sumber ig adworthmarketing
Ilustrasi Pentingnya SEO, sumber ig @adworthmarketing

Dengan banyaknya platform online atau website-website, tentu mesin pencarian perlu mengindex, list yang cocok dimunculkan di halaman pertama dan di halaman lainnya. Inilah problem bagi sebagian para pemilik website atau platform online.

Mengapa? Karena para netizen (khalayak online) lebih sering melihat halaman pertama. Jika mereka tidak menemukannya dihalaman pertama, mereka akan memodifikasi kata kunci atau beralih ke topik lain.

Agar website Anda muncul di halaman pertama mesin pencarian dengan banyak kemungkinan kata kunci, perlu dilakukan optimasi. Bagaimana agar website Anda menjadi optimum pada mesin pencarian?

Optimasi On Page

Pembahasan optimasi di sini dibatasi untuk platform website. Karena ada banyak platform lainnya selain website, salah satunya adalah media sosial. Bagaimana agar website kita berada di halaman pertama? Lakukanlah optimasi web on page.

Setelah halaman website diterbitkan, agar merambah kepada khalayak online (halaman pertama), maka website Anda harus memiliki komponen yang akan dinilai mesin pencarian.

Ilustrasi User Experince, sumber ig smartzdigital
Ilustrasi User Experince, sumber ig @smartzdigital

Komponen ini menjadi patokan (poin) bagi mesin pencarian dan diproses sesuai algoritma mesin pencarian untuk menentukan apakah website Anda layak berada di halaman pertama atau tidak. Kriteria ini harus muncul pada tampilan website (on page).

Secara umum, komponen yang menjadi poin pada tampilan (on page) website Anda terbagi menjadi lima, yaitu :

  1. Judul
  2. URL & Permalink
  3. Konten
  4. Heading
  5. Gambar

Gambarannya adalah, tampilan website Anda harus user friendly. Semakin user friendly, semakin menjadi sasaran index google untuk dijadikan 10 list halaman pertama pencarian.

Sehingga aktivitas optimasi website on page adalah membuat judul dan url yang tepat, konten menarik, heading yang benar dan gambar yang representatif sehingga bisa tergolong sebagai user friendly. Bagaimana langkahnya? Tunggu post selanjutnya!

Optimasi Off Page

Website juga dinilai kepopulerannya oleh mesin pencarian. Sehingga bukan hanya berbicara tampilan website, tetapi juga interaksinya. Sehingga website yang optimum adalah website yang berhasil menggabungkan aspek user friendly dan reputasi yang bagus dengan interaksi yang padat.

Untuk meningkatkan reputasi sebuah website, tentu saja harus ada perkenalan dan penyebaran informasi. Maka aktivitas mengenalkan dan menyebar informasi alamat website harus dilakukan. Aktivitas ini yang kemudian disebut sebagai optimasi web off page.

Komunitas Untuk Optimasi Off Page
Komunitas Untuk Optimasi Off Page

Memperkenalkan website tidak harus menggunakan media digital, bisa melalui media komunikasi langsung yaitu dari mulut ke mulut. Bisa juga melalui selebaran iklan, tetapi tidak menutup kemungkinan juga melalui media digital.

Apa yang diperlukan dalam sebuah perkenalan? Tentu saja identitas. Web Anda harus memiliki identitas. Setelahnya baru kemudian reputasi dibangun melalui informasi misalnya tentang manfaat website Anda dan informasi lainnya yang berhubungan dengan reputasi sebuah website.

Paling tidak, identitas website Anda bisa berbentuk nama web. Bisa juga berbentuk link web. Maka dari pembahasan optimasi on page, web Anda harus menghasilkan nama web dan url yang “menjual”.

Langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi yaitu memperkenalkan dan menyebarkan informasi. Bisa melalui forum-forum, bisa melalui media, bisa juga melalui sisipan atau endorsement.

Optimasi off page akan lebih mudah apabila Anda telah memiliki komunitas yang besar atau banyak komunitas. Maka bangunlah komunikasi dengan berbagai komunitas yang ada baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Secara umum yang menjadi poin pada optimasi off page adalah :

  1. Reputasi Website
  2. Kualitas Backlink
  3. Anchor Pada Backlink
  4. Keunikan Backlink

Bagaimana cara merancang reputasi website, backlink berkualitas, anchor yang tepat dan backlink yang unik? Tunggu post selanjutnya ya!

Optimasi Web, sumber ig damanagerltd
Optimasi Web, sumber ig @damanagerltd

Dengan banyaknya serta berkembangnya teknologi digital dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak, digital marketing memang harus menjadi perhatian bagi setiap pelaku bisnis. Meskipun cara-cara konvensional juga tidak perlu sepenuhnya dihilangkan.

Dengan semakin meluasnya jaringan internet bahkan telah menjangkau berbagai kalangan, bukan hanya kalangan usia produktif, tetapi juga kalangan selainnya, maka marketing juga perlu merambah ke dunia maya.

Dengan memahami SEO, salah satu teknik internet marketing, maka diharapkan bisnis bisa semakin berkembang dan terus menerus menghasilkan profit yang berkelanjutan. Inilah salah satu dampak positif dari optimasi website.

Demikian ulasan kali ini tentang optimasi website. Penjelasan ini masih belum merinci bagian on page dan off page. Untuk lebih efektif, pembahasan on page dan off page akan dilanjutkan pada masing-masing bagian secara terpisah dan tersendiri.

Itu dia panduan SEO edisi minggu ini. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan dan bermanfaat terutama bagi para pelaku baru dunia internet marketing. Simak berbagai ulasan SEO dan digital marketing lainnya yang terdapat di halaman seoanaksholeh.com.