Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengenal optimasi web termasuk gambaran optimasi web on page dan off page. Karena sebenarnya, 2 aspek ini, yaitu SEO on page dan SEO off page menjadi pertimbangan mesin pencarian untuk menempatkan halaman web Anda di halaman pertama.

Untuk itu, penting dibahas secara lebih dalam mengenai aspek on page dan off page sebagai materi optimasi web. Seorang SEO harus mengerti kedua aspek ini dengan baik, termasuk senantiasa update dalam bahasan on page dan off page.

Bisa jadi suatu saat, algoritma mesin pencarian akan berubah dan menuntut kriteria tertentu untuk memenuhi standar sebagai website terbaik SEO yang ditempatkan di halaman pertama. Seorang SEO harus memahami perubahan ini untuk penjaga posisi websitenya.

Kali ini, kita akan lebih spesifik membahas kriteria aspek on page dalam optimasi web. Tetapi perlu diketahui sebelumnya, aspek on page dan off page saling terintegrasi satu sama lain. Sehingga mengetahui aspek on page saja belum cukup untuk kemampuan SEO.

Aspek On Page pada Optimasi Web

SEO On Page, sumber ig digitaldrills
SEO On Page, sumber ig @digitaldrills

Website memang dibuat untuk menyediakan informasi tertentu kepada user. Semakin baik informasi yang ditampilkan, maka para user akan semakin betah bahkan sampai menunggu update informasi dari halaman Anda secara terus menerus.

Begitulah mesin pencarian. Mereka juga akan memberikan yang terbaik kepada user dengan menampilkan list web yang terbaik pula di halaman pertama.

Kualitas halaman pada web yang Anda buat, akan dinilai berkualitas berdasarkan beberapa faktor seperti tampilan, konten, efisiensi dan faktor-faktor lainnya yang berdasarkan sudut pandang user.

Maka, aspek on page secara umum merupakan tampilan yang bagus, konten yang layak karena sesuai kebutuhan, efisien ditinjau dari kemudahan untuk mengakses suatu halaman website dan faktor-faktor lain yang bisa tampak saat suatu halaman diakses.

Bagaimana cara untuk melakukan optimasi web on page? Sebelum itu, perlu diketahui lebih detil faktor-faktor yang terkait dengan kualitas suatu halaman.

Ilustrasi Konten Berkualitas, sumber ig rebelmarketingagency
Ilustrasi Konten Berkualitas, sumber ig @rebelmarketingagency

Optimasi web on page terkait dengan 5 faktor yaitu :

  • Judul
  • Konten
  • Kecepatan Web
  • URL/Permalink
  • Meta Description

Kelima faktor tersebut harus memenuhi standar user friendly yang menjadi algoritma saat mesin pencarian meng-index sebuah halaman website. Bagaimana optimasinya? Berikut akan dibahas satu per satu.

1. Membuat Judul Yang Menarik (SEO Friendly)

Judul dinilai menarik apabila bisa menjadi representasi konten halaman website. Sehingga judul harus berisi inti dari pembahasan yang biasanya menjadi kata kunci dari sebuah halaman.

Lebih dari itu, judul yang sudah representatif ini bisa membuat penasaran bagi user untuk mengunjungi dan mengetahui pembahasan pada halaman secara lebih dalam. Semua ini bisa dilakukan terutama apabila judul memuat kebutuhan para user.

2. Menampilkan Konten Yang Memuaskan

Banyak website yang menampilkan konten-konten yang dibutuhkan oleh user. Karena apabila dikaitkan dengan marketing, tujuannya memang untuk menarik user menjadi konsumen. User akan menjadi konsumen terhadap sesuatu yang mereka butuhkan.

Ilustrasi Konten Web, sumber ig snobmonkey
Ilustrasi Konten Web, sumber ig @snobmonkey

Namun tidak semudah itu, karena tidak semua halaman website yang memuat kebutuhan para user dapat memberikan kepuasan. Sebut saja salah satu contoh yaitu artikel pada halaman web. Postingan artikel tentu saja untuk memberikan hal-hal yang dibutuhkan oleh para user.

Tetapi apabila artikel disajikan dengan kalimat yang menarik, penjelasan yang singkat dan padat, gambar yang sesuai, maka meskipun artikel tersebut dibutuhkan, user tidak akan merasa puas. Nah, para SEO harus berusaha untuk memberikan konten yang memuaskan para user.

3. Web Yang Mudah Diakses

Dengan banyaknya list website yang terdaftar oleh mesin pencarian, para user pasti akan memilih. Biasanya pilihannya tertuju pada halaman website yang mudah diakses karena efisien.

Ilustrasi Optimasi Kecepatan Web, sumber ig seo_checklist
Ilustrasi Optimasi Kecepatan Web, sumber ig @seo_checklist

Halaman website yang efisien biasanya adalah halaman yang mudah diakses karena kecepatannya. Selain itu, halaman tersebut tidak mensyaratkan aktivitas tertentu yang “bertele-tele” kepada para user untuk segera melihat konten yang dibutuhkan.

Yang dimaksud syarat aktivitas tertentu yang “bertele-tele” disini misalnya adalah seperti memerlukan klik tertentu untuk membuka kontennya, Harus menutup iklan untuk melihat artikelnya dan aktivitas serupa lainnya.

Aktivitas “bertele-tele” ini akan membuat jenuh para user meski terkadang dibutuhkan oleh pemilik website untuk kebutuhan komersialnya.

Untuk mensiasati agar akses tetap memuaskan konsumen dan pemilik website tetap dapat memenuhi kebutuhan komersialnya adalah dengan melakukan optimasi sehingga akses dapat lebih mudah dan tidak bertele-tele. Ini merupakan hal teknis yang berkaitan dengan topik design web.

Ilustrasi Permalink, sumber ig digiyana
Ilustrasi Permalink, sumber ig @digiyana

Selain itu, dengan berkembangnya teknologi gadget, web yang mudah diakses menggunakan ponsel juga menjadi kriteria halaman website yang baik. Pastikan agar web Anda dapat diakses menggunakan berbagai jenis gadget yang digunakan para user.

4. URL/Permalink Yang Mengandung Kata Kunci

Halaman website yang teroptimasi akan memiliki identitas berupa url yang sesuai. Patokan kesesuaiannya sudah pasti berdasarkan kata kunci. Karena kata kunci juga menjadi dasar bagi mesin pencarian untuk meng-index halaman website Anda.

Pastikan agar halaman yang Anda buat sudah cukup optimal dari segi kata kunci yang digunakan. Langkah selanjutnya adalah menjadikan kata kunci sebagai bagian dari url Anda.

Misalnya halaman yang memuat artikel tentang SEO on page. Maka hendaknya memiliki identitas berupa url yaitu : seoanaksholeh.com/seo-on-page/

Meta Description, sumber ig fp.logic
Ilustrasi Meta Description, sumber ig @fp.logic

5. Meta Description Yang “Menggoda”

Meta description adalah highlight pada list pencarian website yang berisi beberapa kata yang mendeskripsikan bagian dari halaman sebuah website. Highlight ini berada di bawah judul dan alamat website.

Karena bisa diedit sedemikian rupa, maka highlight bisa menjadi salah satu bagian yang dioptimasi. Kriteria highlight yang baik dan berkualitas adalah seberapa “menggoda” kalimat deskripsi yang dibuat bagi para user untuk mengunjungi website Anda.

Contohnya apabila ingin menampilkan halaman yang berkaitan dengan topik panduan SEO. Maka setidaknya deskripsikan menggunakan kalimat “langkah mudah” SEO on page. Atau kalimat lainnya yang menggoda para user untuk mengunjungi halaman Anda.

Itu dia berbagai materi ringkas terkait optimasi web on page edisi kali ini. Semoga bisa menambah wawasan, praktis dan mudah untuk dilakukan. Simak berbagai artikel SEO lainnya di halaman website seoanaksholeh.com.