Banyaknya konten yang beredar di internet menjadikan dunia maya penuh sesak dengan beragam konten yang bisa jadi ada sebagian konten yang tidak begitu dibutuhkan oleh pencari informasi. Penyisihan berbagai konten tersebut dilakukan oleh pihk mesin pencari semiasal Google dengan sepengkat cara yang salah satunya dikenal dengan istilah algoritma Google sehingga akan ditampilkan hasil pencarian organik pada mesin pencari ataupun berbayar.

Organik dan berbayar?

Memang industri mesin pencari berkembang pesat seiring banyaknya pengguna yang mengandalkan mesin pencari untuk mendapatkan informasi. Karena adanya praktek bisnis pada mesin pencari itulah akan ditemukan hasil dari penelusuran mesin pencari beupa hasil pencarian organik dan hasil pencarian berbayar.

Hasil Pencarian Pada SERP

Pencarian Organik
Halaman SERP kata kunci digital marketing

Ketika anda memasukkan frasa kata kunci pada mesin pencari dan melakukan klik search, mak anda akan mendapatkan dua jenis hasil pencarian pada SERP. Kedua jenis hasil pencarian tersebut akan tampil pda halaman dan memiliki ciri pembeda.

1. Hasil Pencarian Organik

Hasil pencarian organik pada mesin pencari adalah hasil pencarian yang menampilkan informasi yang anda butuhkan dimana halaman website yag menampilkan informasi tersebut benar-benar menampilkan informasi sesuai dengan apa yang anda inginkan. Karena itu pada hasil pencarian orgnik pada mesin pencari bersandar pada hasil yang mengutamakan relevansi.

Hal inilah yang menjadikan SEO sangat penting di gunakan pada saat membuat website. Dengan berbagai cara dan teknik SEO yang salah satunya memasukkan konten yang berkualitas dan relevan maka dapat meloloskan website ke peringkat atas rangking SERP. Hasil pencarian organik lebih terlihat ‘alami’ meskipun anda melakukan rekayasa pada saat pengerjaan SEO nya.

2. Hasil Pencarian Berbayar

Selain mendapatkan informasi dari hasil pencarian organik, ketika anda mengetikkan kata kunci pada mesin pencari, anda juga akan mendapati website pada peringkat atas SERP yang memiliki kemampuan untuk berada di peringkat atas meskipun konten yang dimilikinya tidak begitu relevan. Biasanya mereka menggunakan jasa iklan pada mesin pencari.

Pay Per Click atau populer disebut dengan PPC menjadi metode periklanan yang populer di mesin pencari. Garis besarnya adalah anda akan dibebankan sejumlah biaya yang telah dibayarkan sebelumnya ketika website yang anda iklankan di klik oleh seseorang. Jadi setiap website yang diikilankan akan masih aktif terpampang selama ‘jatah’ klik yang telah dibeli masih ada.

Biasanya hasil pencarian berbayar ini di bedakan dengan hasil pencarian organik dengan tanda tertentu. Yang paling umum adalah adanya tulisan ‘iklan’ pada daftar hasil pencarian SERP. Selain itu ada pula tanda lain seperti perbedaan latar belakang dan juga perbedaan lainnya. Pembedaan ini tentu memudahkan pengguna untuk mencari informasi. Apakah akan mencari informasi yang benar-benar relevan atau sekedar mencari yang berbayar.

Jika anda merujuk kepada sebagian besar orang yang menggunakan mesin pencari, maka nereka tidak begitu mempedulikan atau tidak menyadari adanya hasil pencarian di mesin pencari yang berbayar. Rata-rata yang mereka pertimbangkan adalah yang pertama kali muncul di layar SERP. Itu artinya adalah berbayar atau organik tidaklah masalah karena yang terpenting adalah perigkat pada SERP.

Benarkah demikian?

Alasan Menggunakan Layanan Iklan Berbayar Pada Mesin Pencari

Untuk menciptakan website yang terindeks pada mesin pencari secara organik banyak langkah yang harus dilakukan. Selain membuat konten yang berkualitas dan berkala, membangun backlink juga menjadi salah satu faktor yang memperkuat posisi atas SERP. Karena itulah waktu yang diperlukan untuk sampai pada titik tersebut menjadi sangat lama. Orang-orang pada saat ini ramai berbondong-bondong menggunakan iklan berbayar pada mesin pencarian karena lebih praktis.

Ketatnya persaingan di dunia SEO menjadi alasan lainnya mengapa iklan berbayar pada mesin pencari menjadi populer. Dengan menggunakan layanan berbayar, halaman milik anda akan selalu tampil dan bertahan pada SERP sampai sejauh mana anda sanggup membayarnya. Untuk bisnis yang memerlukan gerak cepat memang disarankan menggunakan layanan iklan berbayar pada mesin pencari.

Keunggulan Pencarian Organik

Meslipun dengan PPC halaman anda mampu menempati peringkat atas SERP, namun tidak jarang berbagai pihak baik pelaku naupun pengguna di dunia maya lebih suka menggunakan metode SEO yang memungkinkan menampilkn hasil pencarian organik. Keunggulan pencarian organik tidak akan anda temui di layanan yang berbayar.

1. Mendapatkan Hasil Relevan

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa penggunaan SEO yang benar mampu menghasilkan website yang menmpati posisi atas SERP. Posisi atas tersebut adalah karena kesesuaian konten dengan niche website, dan isi lebih relevan. Pengguna yangmencari informasi di dunia maya tentu saja lebih menyukai informasi yng benar-benar cocok dan relevan.

Sedangkan untuk meraih pposisi atas dengan membayar, atau dengan metode PPC, anda cukup membuat website ‘sekedarnya’ dan membayar jasa iklan sehingga posisi website atau halaman berada di posisi atas SERP. Dengan demikian belum tentu posisi atas SERP suatu halaman karena membayar iklan akan menyajikan informasi yang benar-benar relevan.

2. Lepas Dari ketergantungan

Optimasi dengan SEO yang benar memungkinkan anda untuk rehat sejenak dalam melakukan maintenance website. Baik dalam membuat konten, membayar biaya iklan atau hal lain selama halaman anda berada di posisi atas SERP dan cukup aman dari persaingan kompetitor. Jika posisi mulai menurun karena adanya update algoritma Google, anda mulai melakukan langkah optimasi lagi. Begitu seterusnya. Namun update konten secara rutin berkala perlu dilakukan.

Hal berbeda akan anda alami jika menggunakan penjaringan klien dengan iklan di mesin pencari. Anda diharuskan rutin membayar secara berkala. Terkadang ketika klik sudah mencapai kuota tertentu maka iklan anda akan hilang atau terlempar jauh di mesin pencari. Dengan demikian anda akan tergantung dengan pembayaran biaya iklan. Berbeda dengan metode organik, hal paling mungkin adalah posisi halaman anda akan menurun jika anda malas menjaga posisi SERP atau malas mengisi konten.

3. Aset Jangka Panjang

Untuk aset jangka panjang, website dengan optimasi SEO organik akan memberikan anda aset jangka panjang. Semakin berumur website, semakin banyak konten dan semakin kuat backlink maka website akan semakin bagus.

Pencarian Organik
Traffic website sangat dinantikan oleh pemilik website. Sumber Unsplash

Kesimpulan

Sebenarnya dengan menggunakan cara SEO organik agar memperoleh hasil pencarian organik ataupun dengan iklan berbayar sama-sama penting di lakukan dalam dunia marketing. Akan lebih bagus lagi adalah menggunakan jasa iklan tanpa meninggalkan upaya SEO organik. Penggunaan iklan berbayar pada mesin pencari menjadikan website anda akan menempati posisi SERP atas dengan cepat sedangkan metode SEO organik akan menjadikan website anda sebagai pondasi bisnis jangka panjang. Jika anda masih memiliki kendala dalam hal ini, anda bisa menghubungi SEO Anak Sholeh, penyedia jasa pembuatan website Jogja yang akan mengoptimalkan kinerja website anda baik secara organik maupun berbayar.