Google sebagai mesin pencari paling populer di dunia saat ini menjadi tumpuan berbagai bisnis yang ada di dunia, terutama bisnis yang mengandalkan penyebaran informasinya atau pemasarannya melalui internet. Karena itulah aktivitas optimasi mesin pencari menjadi salah satu keharusan bagi pemilik bisnis yang merambah pemasaran digital. Sehingg ketika rangking website turun pada halaman hasil mesin pencari, semuanya menjadi kacau.

Meskipun berbagai hal dilakukan untuk mempertahankan peringkat website pada halaman hasil mesin pencari atau SERP, terkadang website tetap akan mengalami penurunan peringkat. Hal ini dikarenakan berbagai faktor mulai dari adanya update algoritma, serangan hacker, dan beragam faktor internal website itu sendiri.

Pentingnya Rangking Pada SERP

Google search. Mesin pencari populer. Sumber Unsplash

Jika website telah di bangun dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah melakukan upaya agar website anda ada di halaman pertama mesin pencarian atau SERP. Sebenarnya bisa dilakukan dengan cara membayar iklan pada Google. Artinya anda harus membayar Google agar mereka menampilkan website anda di halaman awal.

Namun ada juga upaya optimasi yang dilakukan secara konvensional dengan membangun website yang bagus dan juga membngun ‘jaringan penyokong’ berupa backlink yang berkualitas. Tujuanny juga sama, yakni menginginkan muncul di peringkat awal pada SERP pada beberapa kata kunci tertentu.

Website yang memiliki peringkat atas pada kata kunci pencarian tertentu akan lebih memiliki peluang untuk di akses oleh pengguna dari pada website yang berada di peringkat bawah, atau yang tampil di halaman kedua ketiga dan seterusnya. Dengan demikian website yang akan dimonetisasi tentu harus tampil di peringkat atas halaman pertama. Dengan demikian akan iharapkan memiliki konversi keuntungan yang lebih besar jika lebih berpeluang di akses pengguna.

Rangking Website Turun

Ada berbagai penyebab yang menjadikan peringkat atau rangking website turun ketika di pantau di Google Analytics. Adakalanya memang perilaku para user yang sudah meninggalkan hal yang berkaitan dengan kata kunci.

Misalnya pada masa naik daunnya industri batu akik maka keyword yang sering di cari di mesin pencarian adalah perkara batu akik, namun untuk saat ini tentu frekuensi pencarian menjdi menurun.

Namun ada pula beberapa hal yang menjadikan anda sulit menjangkau atau mengetahui penyebab turunnya peringkat website. Jika demikian maka perlu di lakukan tindakan yang lebih dalam.

Segera Lakukan Analisa

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menganalisa. Karena ada banyak faktor yang menyebabkan peringkat turun maka perlu dicari penyebab atau kesalahan yang menjadikan peringkat website turun pada SERP.

Penalty yang di lakukan oleh pihal Google secara manual dapat menyebabkan website anda turun peringkat secara drastis atau bahkan menghilang dari SERP. Ini artinya penurunan peringkat terjadi dalam satu domain. Penalty manual oleh Google biasanya di lakukan jika terdapat pelanggaran yang cukup berat semisal penggunaan backlink generator dan cara-cara lain yang dilarang oleh Google.

Jika penurunan pada website anda hanya terjadi pada satu halaman, atau satu kata kunci maka hal ini mungkin karena adanya perubahan perilaku para pencari informasi, seperti yang telah kita bahas sebelumnya atau adanya kesalahan pada backlink yang menjadikan peringkat halaman kekuatannya ditopang oleh backlink tersebut turun.

Selain itu adanya Algoritma Google yang selalu di update secara real time dapat mempengaruhi peringkat website secara langsung. Penggunaan algoritma sebenarnya memiliki fungsi agar user benar-benar mendapatkan informasi yang di inginkan. Namun hal ini terkadang merepotkan praktisi SEO dalam memperoleh peringkat atas SERP.

Perbaiki Peringkat

Peringkat website turun di mata mesin pencari adalah hal yang lumrah. Ini artinya website yang mengalami penurunan harus berbenah. Mungkin dari segi kecepatan akses, konten, UX dan sebagainya. Namun di mata pakar SEO hal ini merupakan pekerjaan yang kompleks. Setelah menganalisa, maka mereka harus melakukan perbaikan.

1. Update Konten

konten yang tidak pernah di update menandakan website tersebut dimiliki oleh orang yang tidak aktif. Maka Google secara otomatis akan menurunkan peringkt di mesin pencari dan menimpanya dengan website lain yang lebih berkualitas dan lebih aktif. Karena itulah update konten adalah sesuatu yang penting.

Hal lain yang menjadikan rangking website turun adalah adanya konten yang sama dalam satu website atau biasanya disebut konten duplikat. Selain itu konten yang sama dengan website lain juga akanmenjadikan website anda mengalami penurunan peringkat bahkan akan mendapat penalty dari Google. Maka pastikn konten yang ada pada website anda adalah konten yang orisinil, fresh, unik dan memiliki nilai informatif.

2. Benahi Backlink

Backlink merupakan faktor penting yang menjadikan website memiliki peringkat atas. Secara garis besar pengertian backlink adalah link yang merekomendasikan website anda, dimana website yang tertanam backlink yang menuju ke website anda juga memiliki pengaruh. Semakin bagus website yang merekomendasikan website anda maka semakin kuat backlink yang terbangun.

Backlink checker adalah salah satu layanan yang memungkinkan anda mengetahui jenis, jumlah dan kualitas backlink yang di pakai oleh website anda sendiri ataupun wbsite kompetitor. Anda bisa mempelajarinya melalui layanan ini baik versi gratisnya ataupun yang premium.

Selain itu backlink yang rusak juga mempengaruhi peringkat di SERP. Anda bisa melacak baklink yang rusak dan membenahinya. Broken link yang tidak di benahi akan menjadikan website seperti kehilangan kekuatan dari satu backlink. Apalagi backlink yang rusak adalah backlink yang berkualitas bagus.

Jika perlu melakukan disavow backlink, maka lakukanlah disavow. Terkadang ada pula backlink yang dibut oleh orang lain yng memiliki tujuan buruk pada website kita, yakni menghancirkan reputasi website kita di mata mesin pencari dengn menanamkan backlink yang buruk. Atau bisa juga kita secara tidak sadar mnanamkan backlink berkualitas buruk pada website kita.

3. Format Robots.txt

Website yang sudah berumur memiliki beragam file yang tersimpan. Sedangkan mesin pencari akan mlakukan perayapan secara menyeluruh pda setiap website untuk menggali informasi. Karena itulah ada waktu yang diperlukan untuk melakukan perayapan seluruh konten website.

Untuk memudahkan perayapan dan memfokuskan pencarian maka anda bisa melakukan format robots.txt dengan benar. Fungsi robots.txt adalah melakukan pembatasan atau dengan kata lain memberikan command kepada bots yang melakukan perayapan agar melakukan perayapan pada hal-hal yang diinginkan dan mengabaikan hal yang menurut anda tidak perlu dirambah oleh bot. Hal ini tentu akan mempermudah dan mempercepat perayapan website anda.

 rangking website turun
Pengembang website dan SEO akan berusaha mempertahnkan rangking pada SERP. Sumber Unsplash

Penutup

Sejak Google memutuskan untuk tidak mempublikasikan pembaruan algoritmanya, maka berbagai pihak mulai menyelidiki sendiri perilaku Google dari waktu ke waktu yang bisa jadi akan mempengaruhi peringkat website. Selain itu mempelajari cara kerja mesin pencari dalam melakukan pencarian juga mungkin bisa membantu menyelesaikan permasalahan penurunan peringkat website pada SERP.

Anda bisa berkonsultasi kepada kami mengenai hal ini. SEO Anak Sholeh, sebuah perusahaan pembuatan website profesional Jogja dan juga aktivitasnya dalam optimasi mesin pencari akan membantu anda dalam mengatasi masalah ini. Terima kasih.