Dalam dunia optimasi web, riset kata kunci adalah hal utama yang paling penting untuk dilakukan. Karena setelah memiliki halaman web, tidak semua orang segera langsung menemukannya di mesin pencarian. Hal ini disebabkan oleh karena pencarian selalu berdasarkan kata kunci.

Setelah memiliki website yang siap untuk di optimasi, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bagi pemilik website, biasanya mereka sudah merancang sedemikian rupa halaman web mereka sesuai dengan keperluan mereka.

Apabila keperluan halaman website untuk menjual sebuah produk, maka para webmaster akan merancang halaman web mereka dengan segala informasi yang dibutuhkan untuk memasarkan produknya.

Ilustrasi Keyword
Ilustrasi Keyword, Sumber : searchenginejournal.com

Memang ini merupakan tahap awal untuk merambah ke dunia digital marketing. Yaitu memiliki website yang mumpuni untuk memasarkan produk. Namun, berbeda halnya apabila kita berbicara pada tahap selanjutnya, optimasi web.

Optimasi Website Adalah Kebutuhan Dalam Digital Marketing

Siapapun yang merambah ke dunia digital marketing harus memahami bahwa mereka tidak sendirian. Mereka memiliki pesaing-pesaing yang tidak boleh diremehkan. Terutama apabila merambah ke digital marketing menggunakan platform website.

Sebenarnya ada banyak cara untuk memasarkan produk ke dunia maya (digital marketing). Bisa menggunakan media sosial seperti yang paling populer saat ini. Termasuk menggunakan website.

Website adalah platform yang lebih lengkap fiturnya untuk kebutuhan marketing di dunia digital dibandingkan dengan media sosial. Selain itu, website memang menjadi salah satu yang paling awal bersaing dalam dunia digital marketing.

Agar persaingan bisa langsung diikuti, meskipun baru saja memiliki website, webmaster harus melakukan optimasi web. Optimasi web adalah langkah untuk membuat sebuah website berada di halaman pertama mesin pencarian.

Mengapa harus berada di halaman pertama? Tidak lain disebabkan alasan karakteristik para penghuni dunia digital. Kebanyakan penghuni dunia digital -yang lebih sering disebut “netizen”- hanya mendarat dihalaman pertama saat mencari di searching engine.

Halaman Rilis Trending Kata Kunci Versi Google

Apabila mereka tidak menemukannya di halaman pertama, biasanya mereka lebih sering mengganti atau mengembangkan kata kunci dari pada berselancar ke halaman berikutnya pada SERP (Searching Engine Result Page).

Sehingga optimasi dibutuhkan untuk menempatkan halaman website di halaman pertama mesin pencarian berdasarkan “kata kunci” yang diketik oleh para penghuni dunia digital. Maka, langkah pertama untuk mengoptimasi sebuah website adalah riset keyword.

Bagaimana penjelasan dan langkah untuk meneliti kata kunci sebagai langkah awal optimasi website? Simak ulasannya berikut ini

Panduan Riset Kata Kunci Untuk Keperluan Optimasi Website

Pada akhir 2018 yang lalu, Google sebagai salah satu searching engine terpopuler sejagat raya merilis kata kunci yang menjadi trending sejak awal tahun 2018. Rilis ini dikelompokkan berdasarkan kategori negara asal.

Di Indonesia sendiri, ada banyak kata kunci yang menjadi trending, berdasarkan beberapa topik seperti “penelusuran terpopuler”, “Film”, “Lagu” dan beberapa topik lainnya. Dalam topik “penelusuran terpopuler”, kata kunci yang paling banyak dicari adalah “Piala Dunia Rusia 2018”.

Sekarang bayangkan apa yang terjadi pada website-website yang menggunakan kata kunci “Piala Dunia Rusia 2018” pada 2018 lalu. Website-website ini akan memiliki traffic yang tinggi apabila berada di halaman pertama mesin pencarian.

Pencarian Trend Kata Kunci 2018 Untuk Indonesia
Pencarian Trend Kata Kunci 2018 Untuk Indonesia

Penelitian menunjukkan bahwa 75% pengguna searching engine akan mengklik web-web yang berada di halaman pertama. Selain itu, web yang berada pada peringkat pertama list memiliki kesempatan untuk dikunjungi oleh 30% pengguna searching engine.

Walhasil, pengunjung website akan ramai. Inilah yang harus menjadi perhatian para webmaster. Sebab, ramainya pengunjung website bisa berpotensi untuk meningkatkan keuntungan yang menjadi target keberadaan website mereka.

Nah, sekarang mari lakukan riset kata kunci untuk digunakan pada website agar bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya setelah merancang website, yaitu optimasi web.

1. Mencari Kata Kunci Yang Tepat

Website dibuat untuk memenuhi target para webmaster. Apabila webmaster seorang pebisnis, maka dia akan rancang website untuk memenuhi target bisnisnya. Misalnya, target penjualan produk. Namun apakah kata kunci harus sesuai dengan nama brand bisnis yang dimiliki?

Kadangkala, bisa saja kata kunci sesuai dengan nama brand bisnis, seandainya nama brand yang dimiliki memiliki komposisi kata-kata yang frekuensi pencariannya tinggi pada SERP.

Tetapi kebanyakan nama brand tidak memiliki frekuensi pencarian yang tinggi, oleh karena karakteristik nama brand yang lebih bersifat eksklusif. Sedangkan kata kunci tidak memiliki ciri eksklusif (lain dari yang lain). Kata kunci harus bersifat pasaran dan paling dicari banyak orang.

Maka, kata kunci yang tepat adalah kalimat yang sering dipakai saat pencarian pada mesin pencarian yang masih berhubungan dengan identitas web yang dirancang. Identitas web ini tentu menggunakan brand milik webmaster.

Ilutrasi Penentuan Kata Kunci Yang Tepat, sumber ig decode_digital_market
Ilutrasi Penentuan Kata Kunci Yang Tepat, sumber ig @decode_digital_market

Misalnya seorang pebisnis memiliki brand “SEO Anak Sholeh”. Kata kunci yang digunakan pada websitenya adalah “Jasa SEO Jogja”. Karena “Jasa SEO Jogja” memiliki jumlah pencarian yang tinggi.

Sehingga pada SERP dengan kata kunci Jasa SEO Jogja, para pengunjung akan membuka website-website yang muncul pada list salah satunya website SEO Anak Sholeh. Untuk meningkatkan peluang kunjungan, periksalah volume pencarian.

2. Periksa Volume Pencarian

Meskipun sudah menggunakan kata kunci yang tepat yang memiliki frekuensi pencarian yang tinggi, belum tentu halaman website akan mendapatkan klik. Sebab, sebagaimana yang sudah dijelaskan, 75% klik diarahkan pada website yang berada di halaman pertama SERP.

Disinilah persaingan terjadi. Yaitu untuk memperebutkan halaman pertama mesin pencarian. Dalam hal ini, semakin tinggi frekuensi pencarian sebuah keyword, semakin sulit untuk mendapatkan posisi halaman pertama.

Namun tidak perlu khawatir. Dari banyaknya keyword yang ada, ternyata webmaster hanya perlu menggunakan keyword yang memungkinkan halaman websitenya berada di halaman pertama dengan pencarian rata-rata yang cukup.

Sehingga tidak perlu bersaing dengan pesaing yang ramai dan padat. Cukup bersaing dengan website yang menggunakan kata kunci yang cukup untuk membawa halaman web kita berada di halaman pertama dengan pengunjung yang cukup. Ini lebih efisien.

Apa yang strategi yang perlu dilakukan supaya halaman website cukup efisien sehingga berada di halaman pertama dan tidak sepi pengunjung? Lihatlah strategi yang digunakan oleh pesaing yang berada di rangking satu halaman pertama SERP.

Ilustrasi Keyword SEO, sumber ig eqtechgroup
Ilustrasi Keyword SEO, sumber ig eqtechgroup

3. Lihat Peringkat Puncak

Mengapa harus mencontek? Sebenarnya tidak bisa disebut demikian. Sebab pada saat mengunjungi halaman web yang berada di peringkat puncak, kita tidak bisa menemukan “kunci jawaban” apa-apa. Namun, kita bisa mempelajari pola penempatan kata kuncinya.

Hal ini dilakukan sebab optimasi website tidak terlepas dari algoritma searching engine yang selalu menjadi misteri bagi para SEO master. Sehingga meskipun menggunakan pola yang sama dengan halaman yang berada di peringkat puncak, keputusan akhir tetap berasal dari searching engine.

Searching engine-lah yang akan memutuskan dimana tempat yang layak bagi halaman website Anda setelah menggunakan kata kunci tertentu.

Namun jangan khawatir, memeriksa pola penempatan kata kunci pada halaman yang berada di peringkat puncak memang satu-satunya cara dan dilakukan oleh seluruh SEO master.

Termasuk SEO master website yang berada di puncak itu sendiri sebelum halaman website-nya berada di peringkat puncak. Jadi langkah ini bukanlah suatu aktivitas ilegal, melainkan langkah yang tepat untuk memaksimalkan riset kata kunci.

Itu dia berbagai informasi serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk riset keyword yang digunakan saat melakukan optimasi web. Yang lebih praktis lagi, para SEO master bisa menggunakan keyword searching tools yang ada. Semoga bermanfaat!

WhatsApp Free Konsultasi