Riset kata kunci merupakan aktivitas yang wajib dilakukan para pebisnis yang merambah ke dunia digital. Riset keyword menggunakan tool gratis juga tidak jarang dilakukan oleh mereka. Karena terdapat banyak keyword tool gratis yang sudah memadai untuk mendapatkan kata kunci terbaik.

Tanpa terlebih dahulu melakukan riset kata kunci, maka para pengguna internet akan sulit untuk menemukan bisnis atau produk yang Anda tawarkan. Kata kunci juga menjadi target untuk melakukan optimasi web.

Optimasi web adalah upaya untuk membuat website Anda berada di halaman pertama SERP (Searching Engine Result Page). Hanya setelah menentukan kata kunci yang tepat, baru proses optimasi dapat dikerjakan.

Untuk Anda yang bingung dalam menentukan kata kunci yang tepat bagi website binis Anda, jangan khawatir. Anda bisa melakukan riset kata kunci dengan mengikuti cara ampuh riset kata kunci untuk optimasi web.

Ilustrasi Keyword Research, sumber ig startupgrowthhackers
Ilustrasi Keyword Research, sumber ig @startupgrowthhackers

Jika masih merasa tidak yakin, ada cara lainnya yang lebih instan untuk menemukan kata kunci yang tepat. Salah satunya menggunakan free keyword tool. Berikut informasi terkait beberapa keyword tool gratis yang bisa Anda gunakan.

Manfaat Menggunakan Keyword Tool Gratis

Sebenarnya, pencarian kata kunci pasti membutuhkan tool. Karena tool-tool yang ada bisa mengolah data pencarian yang terdapat pada Searching Engine. Data-data mesin pencarian yang berkaitan dengan kata kunci ini tidak mungkin bisa diolah secara manual.

Sehingga keberadaan keyword tool gratis dapat membantu para pencari kata kunci untuk melihat statistik sebuah keyword dan peluangnya bagi aktivitas optimasi web. Hanya saja, fitur keyword gratis memiliki keterbatasan dibandingkan dengan tool berbayar (premium).

Selain itu, tentu saja lebih efisien. Tool yang ada akan mengurangi waktu yang terbuang apabila melakukan pencarian kata kunci tanpa menggunakan tool. Disampingkan itu, terdapat tool yang dapat memberikan kata kunci secara instan.

Keyword Research, sumber ig thelasthurdle
Keyword Research, sumber ig @thelasthurdle

Dibandingkan dengan tool berbayar, sejauh ini tool gratis masih mampu menghasilkan kata kunci yang layak. Selama persaingan marketing belum begitu tinggi. Sehingga jelas menggunakan tool keyword masih lebih efisien.

Free Keyword Tool

Saat ini terdapat banyak tool baik yang berbayar maupun gratis untuk kebutuhan riset kata kunci. Dari banyaknya tool tersebut, ada beberapa yang sering menjadi pilihan. Pilihan ini berdasarkan hasil penelusuran redaksi SEO Anak Sholeh. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner ini diklaim sebagai tool yang paling sering menjadi pilihan. Pasalnya, tool ini gratis dan merupakan salah satu fitur optimasi yang dibuat oleh google sendiri sebagai salah satu mesin pencarian ternama sejagat raya.

Karena merupakan produk sendiri, diduga kuat, data – data yang ada lebih akurat dibandingkan dengan tool lainnya. Namun tentu saja selalu ada kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Biasanya penilaian akhir kembali lagi pada masing – masing pengguna tool.

Tampilan Google Keyword Planner

Google Keyword Planer dapat memberikan data – data berupa searching volume. Yaitu berapa rata – rata pencarian suatu kata kunci dalam tempo waktu tertentu. Selain itu GKP juga memberikan saran kata kunci yang tepat saat Anda memasukkan suatu kata kunci.

Disamping itu adalah kelebihan tersendiri sebagai produk google, GKP bisa terintegrasi langsung dengan Google Adword yang juga bermanfaat dalam optimasi web.

2. Ubersuggest

Ubersuggest dinilai sebagai salah satu yang favorit setelah Google Keyword Planner. Karena fiturnya yang menampilkan berbagai statistik yang dipakai dalam penentuan kata kunci. Tampilan statistiknya memiliki gambar, angka serta link – link kompetitor.

Karena data – data lengkap inilah ubersuggest juga bisa menjadi tool untuk riset website – website kompetitor. Riset kompetitor ini sangat bermanfaat dalam aktivitas optimasi website. Saran kata kunci yang ada juga bisa menjangkau long tail keyword.

Tampilan Ubersuggest

Long tail keyword sangat diperlukan apabila kata kunci yang menjadi target sudah sangat kompetitif dilihat dari jumlah search volume yang berada di atas 1000 pencarian. Ubersuggest akan menampilkan deretan keyword yang jumlah pencarian dibawahnya apabila memang ada.

3. Keywordtool.io

Keywordtool.io ini biasanya menjadi pilihan bagi internet marketing kebanyakan. Meskipun begitu, tool ini juga dipakai oleh para SEO. Secara umum, tool ini juga memberikan berbagai statistik bagi kata kunci serta saran kata kunci long tail untuk setiap kata kunci yang dimasukkan.

Tool ini dinilai lebih unggul dibandingkan dengan tool lainnya karena lebih mampu memberikan saran kata kunci yang lebih banyak yaitu hingga 750 keyword. Tool ini juga bisa digunakan untuk mencari kata kunci khusus untuk mesin pencarian tertentu.

Tampilan Keywordtool.io

Tool ini memahami bahwa ada beberapa serching engine yang dipakai tidak hanya google. Sehingga saat memasukkan kata kunci, Anda dapat memilih mesin pencarian mana yang sedang menjadi target kata kunci website Anda.

4. Google Suggest

Google Suggest adalah tool pencarian kata kunci yang sebenarnya sangat simpel. Karena tool ini berada pada kolom home google langsung. Yaitu, pada saat Anda mengetikkan kata kunci tertentu pada google search, akan muncul deretan kata kunci yang sering dipakai.

Biasanya para pengguna website tidak begitu memperhatikan berbagai saran kata kunci yang ada merupakan kata kunci yang sering dipakai. Mereka hanya menggunakannya sebagai tanda bahwa kata kunci yang mereka cari belum cukup mendetil atau masih terlalu umum.

Saran yang muncul hanya dianggap sebagai kata kunci yang lebih spesifik dibandingkan kata kunci yang mereka inginkan. Padahal sebenarnya, kata kunci tersebut merupakan kata kunci yang sering digunakan oleh penggunan searching engine.

Tampilan Google Suggest

Bahkan saran atau sugesti kata kunci yang muncul merupakan hasil olahan berdasarkan seluruh pengguna internet dari berbagai ip di dunia. Kekurangan google suggest hanya list data dan statistik yang memang tidak muncul. Untuk mengetahui data statistiknya, Anda bisa menggunakan GPK.

5. Moz

Moz sebenarnya adalah website yang menyediakan seluruh tool untuk digunakan dalam optimasi website. Salah satunya adalah riset keyword. Moz juga menyediakan tool – tool seperti Open Site Explorer, Followerwonk, Moz Local, Mozbar dan The SERP Overlay.

Untuk riset kata kunci, moz menyediakan fitur Keyword Explorer yang juga menampilkan statistik dan saran kata kunci yang dapat Anda gunakan. Kekurangannya, tool ini lebih familiar dengan kata kunci berbahasa inggris.

Tampilan Website Moz

Selain itu, tool ini juga pada prinsipnya menyediakan tool berbayar. Hanya saja tool ini menyediakan gratis untuk jangka waktu tertentu dengan saran dan data – data yang ditampilkan secara terbatas.

Itu dia berbagai tool gratis yang dapat digunakan untuk riset kata kunci dalam optimasi website. Selain beberapa tool diatas, masih terdapat beberapa tool lainnya yang juga bagus untuk digunakan. Selain tool gratis, Anda juga bisa menggunakan tool berbayar untuk hasil maksimal.

Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam memahami optimasi web dan menjadi rujukan informasi untuk Anda. Nantikan update terbaru blog SEO Anak Sholeh dan kunjungi halaman kami untuk berbagai ulasan menarik lainnya.