Backlink menjadi salah satu faktor utama dalam perolehan peringkat di SERP. Semakin banyak membuat backlink berkualitas maka posisi website semakin bagus. Hanya saja penggunaan backlink harus sesuai dengan kaidah yang ditentukan oleh Google Webmaster. Termasuk type backlink yang dipilih untuk optimasi.

Type Backlink

Banyak sekali type backlink yang biasa digunakan untuk optimasi website. Pembeda antara backlink type satu dengan yang lainnya hanya ada pada penempatan dan cara menempatkannya. Dan diantara type backlink tersebut ada yang sudah mulai ditinggalkan. Dibawah ini type backlink yang umum digunakan untuk SEO baik melalui metode blackhat atau whitehat SEO.

Backlink Pada Footer

Seorang pengembang website yang memberikan layanan website kepada orang lain biasanya akan mencantumkan identitas perusahaan di bagian website yang di buat. Biasanya penempatan tersebut pada bagian bawah website atau biasa disebut dengan footer.

Penggunaan backlink ada di berbagai temapt. Sumber Unsplash

Penempatan backlink pada footer banyak sekali dilakukan oleh pengembang website masa lalu. Apalagi pengembang template yang membagikan templatenya secara gratis. Akan tetapi saat ini langkah tersebut mulai dikurangi karena dirasa kurang efektif.

Backlink pada footer bisa mendukung peringkat website kita pada SERP. Akan tetapi terkadang backlink pada footer akan membuat website kita berbahaya karena backlink yang ditanam pada footer dinilai tidak sesuai dengan konteks. Apalagi jika penempatan baklink tersebut disertai dengan anchor kata kunci dan website yang ditanam backlink tidak satu niche dengan website kita. Jika terjadi demikian maka disavow backlink atau menghapus backlink sangat diperlukan.

Backlink Buku Tamu

Langkah ini hampir sama dengan pembuatan backlink pada komentar blog. Suatu website terkadang menampilkan fitur Guest Book untuk mendata siapa saja yang pernah mengunjungi websitenya. Sebenarnya ada banyak sekali fungsi Guest Book pada website atau forum. Keberaadaan Guest Book memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik blog dengan pengunjung blog.

Karena adanya interaksi tersebut terkadang isi blog yang dibuat terinspirasi dari pengunjung blog. Selain itu fungsi lain guest book bisa menjadi sarana bertukar informasi, bertukar ide bahkan bertukar backlink diantara pemilik website atau blog. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi peringkat SERP kita.

Akan tetapi karena banyaknya spam yang masuk terkadang pemilik website atau forum membuat Gust Booknya dengan setingan rel no-follow artinya backlink kita yang akan ditanam di Guest Book hanya akan menjadi backlink vampire dimana backlink tersebut hidup tetapi tiada artinya. Jika kita menemukan Guest Book yang bisa ditanam link do-follow dan memiliki Page Rank yang tinggi tentu sangat membantu menaikan peringkat website kita pada SERP.

Backlink Document Sharing

Ada beberapa pihak yang menyarankan penggunaan website berbagi dokumen atau document sharing. Dengan menggunakan dokumen yang dishare ke publik dan menanamkan backlink pada footer atau bagian lain dari dokumen akan membantu peringkat SEO anda. Dokumen yang di upload biasanya dalam bentuk PDF dengan dipasang link aktif pada bagian tertentu di dokumen sebagai backlink.

Agar menarik perhatian, penggunaan dokumen yang akan di share tentu harus dokumen yang memenuhi standar seperti sesuai dengan niche website yang akan di kuatkan backlinknya, kata-kata yang dipilih sederhana dan dikemas menarik dengan disertai gambar atau sampul.

Akan tetapi hal ini juga ada yang membantahnya. Berbeda dengan backlink wikipedia yang situsnya merupakan situs rujukan, penggunaan backlink berbagi dokumen disebutkan sebagai hal yang sia-sia. Dengan banyaknya dokumen yang masuk dan meskipun situs berbagi dokumen memiliki traffic yang tinggi tetapi pengunjung belum tentu akan melirik dokumen kita.

Backlink Social Media

Banyak sekali bertebaran media sosial di planet ini. Dan sebagian orang menggunakan keberadaan media sosial ini sebagai lahan untuk menanam backlink dengan harapan backlink menjadi kuat dan berpengaruh terhadap peringkat SERP website kita. Begitukah?

Perlu dipahami bahwa berbagai media sosial yang bertebaran rata-rata melakukan tindakan no-follow pada link yang ditanam di media sosial. Sehingga berapapun backlink yang ditanam di media sosial akan berlaku no-follow backlink!. Tetapi untuk membuat langkah yang terlihat natural sebagian orang tetap melakukan itu.

Berbeda dengan backlink YouTube yang memberikan tempat bagi siapa saja yang akan menanamkan linknya pada saluran yang telah dibuatnya. Akan tetapi keberadaan link pada fitur di saluran atau channel akan berfungsi baik atau tidak tergantung bagaimana traffic channel yang kita buat. Oleh karena itu penggunaan backlink YouTube harus disertai dengan pemasangan konten yang menarik sehingga kunjungan pada channel yang telah kita buat menjadi tinggi.

Backlink Social Bookmark

Penggunaan social bookmark seperti Reddit atau Delicious untuk menaikkan peringkat SERP sudah populer dilakukan oleh berbagai pihak. Seperti halnya ketika kita menginjakkan kaki di tempat baik maka kita bisa meninggalkan jejak tersebut di tempat itu dan orang lain (Google) dapat melacak jejak tersebut dan ditemukanlah kaki kita.

Kita tinggal melakukan submit artikel dengan menyisipkan tautan homepage atau dengan tautan artikel dan disisipi anchor text sesuai dengan keinginan kita. Dan tentu saja harus sesuai konteks antara anchor text, website dan artikel yang akan di submit. Dengan menggunakan social bookmark backlink yang kita tanam akan dengan cepat terindeks di mesin pencarian.

Fungsi social bookmark lainnya selain untuk meninggalkan jejak dengan tautan yang biasanya berlaku do-follow, juga berfungsi untuk membentuk personal branding perusahaan kita. Dengan melakukan promosi gratis sekaligus mengenalkan brand kita, kita juga bisa menebar link kita pada tautan sebagai backlink.

Blogroll

Blogroll merupakan sebuah daftr blog atau website lainnya yang akan ditampilkan di sedebar blog kita. Biasanya pada sebuah layanan blog seoerti blogspot akan ada layanan widget blogroll. Disitu kita bisa menambahkan alamat blog lainnya. Tujuan utama dari penggunaan blogroll adalah supaya terjalin pertemanan antara pengguna blog. Selain itu penggunaan blogroll biasanya untuk saling bertukar link atau juice link. Namun saat ini pengguna blog banyak yang telah menghapus widget blogroll karena mereka lebih suka memasang widget lainnya daripada widget blogroll.

Backlink Comment Blog

Komentar pada blog terkadang bisa digunakan untuk menanamkan backlink kita. Dengan komentar yang bagus dan tanggapan yang positif maka diharapkan blog atau web kita akan terbantu dengan backlink yang telah kita tanam pada website atau blog lain yang memiliki Page Rank yang tinggi.

Tetapi terkadang pemilik website atau blog yang memiliki Page Rank tinggi akan terganggu dengan keberadaan link spam yang negatif seperti iklan b*kep atau perj**ian. Karena itu mereka mematikan fitur komentar atau menghapus seluruh komentar secara massal. Dan hal itu sangat merugikan kita sebagai komentator yang positif.

Backlink Profile

Penggunaan backlink profile untuk optimasi sudah umum dilakukan meskipun terkadang hal ini bisa dinilai sebagai skema backlink oleh Google. Secara teknis backlink profile dibuat dengan cara mendaftar keanggotaan pada sebuah situs atau forum kemudian membuat profil pengguna dan menanamkan tautan pada profil yang memungkinkan untuk ditanam backlink atau tautan.

Pendaftaran dan pembuatan profil disertai penanaman backlink secara massal dalam satu waktu bisa terdeteksi oleh google sebagai manipulasi tautan. Oleh karena itu pembuatan profil pada forum atau website hendaknya dilakukan jangan terlalu banyak dalam satu waktu. Pembuatan harus dilakukan secara bertahap. Jika dilakukan secara besar-besaran dalam satu waktu dikhawatirkan akan terendus sebagai backlink generator yang tidak diperbolehkan penggunaannya oleh Google.

Contextual Backlink

Backlink inilah yang paling aman. Pengertian dari kontekstual backlink adalah penggunaan artikel berkualitas dengan memasukkan backlink pada anchor text yang sesuai dan antara artikel dan isi website yang akan kita optimasi diusahakan dalam satu niche yang sama. Artikel tersebut biasanya di post pada blog atau website lainnya. Lebih bagus lagi jika website tersebut memiliki Page Rank yang tinggi.

Akan tetapi jika kita menggunakan blog dan antara blog satu dan lainnya memiliki hubungan dan istilahnya adalah Private Blog Network akan di baca oleh Google sebagai skema manipulasi backlink dan rentan terkena penalty. Akan tetapi backlink PBN untuk optimasi pada sebagian orang bisa masuk dalam kategori abu-abu jika menggunakan metode yang jitu.

Type Backlink
Pastikan menggunakan type backlink yang aman. Sumber Unsplash

Kesimpulan

Kita bisa membangun website dengan konten yang bagus dan memperkuat backlink dengan banyak cara. Para pelaku jasa pembuatan website di Jogja biasanya melakukan berbagai cara dalam mencapai tujuannya yaitu peringkat pada SERP. Hanya saja perlu diperhatikan adalah batasan yang telah ditentukan oleh Google Webmaster.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika artikel ini dirasa berguna silahkan bagikan kepada siapapun. terima kasih.