Marketing atau pemasaran adalah salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis diantara faktor lainnya. Hal ini karena pemasaran berhubungan langsung dengan penjualan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Karena itulah beragam strategi komunikasi pemasaran banyak digunakan oleh perusahaan untuk tujuan penjualan.

Semakin lancar komunikasi pemasaran yang Anda jalankan untuk bisnis Anda, maka semakin baik untuk masa depan bisnis Anda. Komunikasi pemasaran tidak hanya berkutat pada komunikasi verbal antara konsumen dan sales dalam masalah penjualan. Bukan juga pada masalah skill public relation yang dimiliki oleh tim Anda. Ada banyak hal yang bisa digali dalam strategi komunikasi pemasaran.

Apa Itu Komunikasi Pemasaran?

Komunikasi pemasaran adalah media untuk memberikan informasi atau mempengaruhi konsumen mengenai produk barang, layanan atau merek yang dijual perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Setiap upaya untuk mengkomunikasikan kepada konsumen, melalui komunikasi pemasaran, tentu menggunakan strategi yang berbeda-beda untuk setiap bisnis dan juga pelanggan yang berbeda. Karena itu, diperlukan riset yang mendalam sebelum melakukan upaya tersebut agar hasil yang didapat bisa optimal.

Strategi Komunikasi Pemasaran
Pemasaran perlu menggunakan strategi komunikasi yang jitu. Sumber Pexels @burst

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran sangat penting untuk bisnis. Selain terkait dengan peningkatan konversi dari aktivitas pemasaran, ada beberapa tujuan komunikasi pemasaran yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pemasaran. Inilah diantaranya!

1. Edukasi Konsumen

Konsumen membeli produk atau layanan Anda karena mereka paham apa yang mereka butuhkan, mereka paham dengan kebutuhan mereka dan kemudian menghubungi Anda karena di dalam benak mereka, Anda lah solusinya. Informasi tersebut bisa diperoleh konsumen ketika Anda melakukan komunikasi pemasaran dengan tepat.

Jika orang tidak mengenal seperti apa cara kerja SEO, bagaimana SEO bisa melejitkan penjualan, maka mustahil konsumen akan menggunakan layanan SEO. Konsumen mengetahui informasi tentang SEO karena memang Anda sendiri yang berupaya menginformasikan dengan strategi komunikasi pemasaran.

2. Membuka Hubungan

Dengan intens melakukan program komunikasi pemasaran, kesempatan Anda untuk bisa berinteraksi dengan konsumen semakin besar. Hubungan Anda dan konsumen yang berjalan dengan baik tentu akan memudahkan Anda memasukkan konsumen ke kelompok pelanggan setia.

Dengan memiliki grade kelompok pelanggan setia, maka Anda bisa memberikan prioritas pada mereka dan bisa diutamakan untuk mendapatkan promo, diskon dan program retensi pelanggan lainnya. Namun tentu saja syarat menjadi member pelanggan setia harus melakukan pembelian dengan jumlah tertentu.

3. Mendapatkan Umpan Balik

Kritik dan saran sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis dalam bidang apapun. Dengan menerima umpan balik dari pelanggan, Anda bisa melakukan improve untuk bisnis Anda sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen Anda. Ini hanya bisa terjadi ketika Anda menerapkan strategi komunikasi pemasaran dengan benar.

Mengapa ini penting? Adakalanya Anda tidak mengetahui informasi apapun mengenai kompetitor Anda, namun dari konsumen Anda itulah Anda bisa mengetahui informasi mengenai kompetitor dimana informasi tersebut merupakan masukan dari konsumen.

4. Kesadaran Merek

Semakin masif Anda melakukan komunikasi kepada target market maka popularitas merek Anda akan semakin melonjak. Dengan demikian kesadaran merek menjadi hal yang mudah Anda capai ketika proses tersebut berjalan dengan terus menerus.

Iklan yang terus menerus, promosi yang gencar dan komunikasi yang berjalan baik antara pemasar dan audiens menjadikan merek Anda akan senantiasa muncul di benak mereka. Disitulah kesadaran merek muncul secara alamiah.

5. Meningkatkan Pelayanan

Ketika upaya strategi komunikasi pemasaran telah Anda terapkan dengan baik, maka komunikasi atau interaksi Anda dan audiens akan terjadi dengan baik dan lancar. Selanjutnya Anda tentu akan berpikir bagaimana caranya agar semua berjalan lebih efisien.

Disitulah Anda bisa meningkatkan pelayanan pada konsumen Anda. Anda bisa membuka jalur komunikasi yang lebih luas lagi, atau mungkin membuka layanan komplain 24 jam untuk meningkatkan pelayanan konsumen.

7. Tujuan Penjualan

Tujuan utama dari komunikasi pemasaran adalah meningkatkan penjualan produk. Semakin bagus dalam upaya pemasaran, maka akan terjadi banyak penjualan. Dengan demikian tentu penghasilan perusahaan akan meningkat.

Pastikan Anda menginformasikan bisnis Anda sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh konsumen. Dengan demikian, konsumen akan senantiasa teringat dengan brand produk atau layanan Anda ketika mereka mendapatkan masalah yang berulang. Pengalaman yang baik dari konsumen akan menjadikan mereka kembali ke bisnis Anda lagi.

Langkah Strategi Komunikasi Pemasaran

Ada beberapa langkah strategi komunikasi pemasaran yang bisa digunakan dalam rangka pengembangan bisnis. Inilah beberapa strategi komunikasi pemasaran yang mungkin bisa Anda adopsi untuk bisnis Anda.

1. Penggunaan Branding

Branding adalah langkah tepat dalam strategi komunikasi pemasaran yang bisa Ada terapkan. Secara langsung branding bisa dikatakan pengenalan merek secara kontinyu dari perusahaan kepada seluruh lapisan masyarakat dimana merekalah sejatinya calon konsumen Anda.

Karena itulah penggunaan brand untuk bisnis modern menjadi sangat penting. Bagaimana tidak, dengan banyaknya bisnis sejenis, Anda tentu akan lebih mudah dalam membedakan bisnis Anda dengan bisnis kompetitor Anda ketika Anda memiliki brand sendiri.

Tentu saja dalam pembuatan brand perlu melakukan semacam riset yang memperhatikan banyak aspek. Baik itu aspek internal seperti produk Anda, value yang akan Anda munculkan atau cita-cita bisnis Anda. Sedangkan untuk aspek eksternal, biasanya Anda perlu memperhatikan pangsa pasar yang Anda sasar dan kompetitor Anda.

2. Logo Yang Tepat

Tahukah Anda bahwa logo lebih mudah diingat daripada nama perusahaan Anda? Memang seperti itulah konsumen Anda saat ini. Mereka lebih mudah mengingat sesuatu yang simpel, unik namun berkesan di benak mereka karena sesuatu tersebut ada di balik produk yang mereka sukai.

Mereka tentu tidak pernah ingin tahu dengan siapa saja dibalik produk yang mereka konsumis. Apa nama perusahaannya, siapa pemiliknya dan sebagainya. Karena itulah pastikan Anda membangun identitas produk atau bisnis Anda dengan menggunakan logo yang menarik.

Setidaknya, ada beberapa ciri logo yang bagus untuk bisnis Anda. Inilah diantaranya :

Strategi Komunikasi Pemasaran
Jadikan komunikasi antara brand dan konsumen adalah komunikasi yang menyenangkan, meskipun hanya melalui logo. Sumber Pexels

Sesuai dengan bisnis

Logo adalah identitas. Bentuk grafis dari sebuah desain unik inilah yang nantinya akan dikenal pertama kali oleh konsumen ketika mereka membeli produk atau jasa Anda. Karena itu, pastikan Anda menggunakan logo yang menggambarkan bisnis Anda.

Desain sederhana

Pastikan Anda menggunakan desain yang tidak rumit. Desain yang rumit justru tidak akan memudahkan konsumen untuk mengingat logo Anda. Anda bisa melihat berbagai brand yang mendunia, seperti Nike, Apple, Honda, dan berbagai merek lainnya. Mereka menggunakan desain yang cukup sederhana.

Unik

Maksud dari desain unik disini adalah desain logo tersebut tidak terlihat seperti brand lainnya. Desain yang unik namun simpel, akan menjadikan anda memiliki kemandirian dan seolah tidak tergantung atau dipengaruhi oleh siapapun. Hal ini mencerminkan bisnis Anda yang kuat.

Mudah diingat

Kekuatan ingatan dari setiap orang bisa berbeda-beda. Namun dengan menggunakan desain yang tidak terlalu rumit dan memudahkan orang untuk mengingat maka akan berdampak pada bisnis Anda yang mudah dikenali karena logo yang Anda gunakan mudah diingat.

Serba guna

 Memilih bentuk logo harus yang serbaguna. Artinya, desain yang dibuat bisa diaplikasikan ke berbagai media, seperti media online (website, email dll) media pakaian seragam, untuk kemasan produk, dsb. Desain logo yang serbaguna, bisa fleksibel digunakan untuk membranding dengan menggunakan media apapun.

Tahan lama

Pernahkah Anda menjumpai sebuah perusahaan mengganti logonya? Mungkin sering. Penggantian logo, tentu membutuhkan pergantian banyak hal. Dan tentunya hal ini membutuhkan biaya. Karena itu, pastikan Anda membuat logo yang tahan lama dalam sisi kesegaran desain. Sehingga tidak ada alasan mengganti desain logo agar terlihat lebih fresh.

Untuk mendapatkan logo yang profesional, tentunya Anda sebaiknya menginvestasikan pembuatan logo pada jasa pembuatan logo profesional. Kami memiliki layanan itu jika Anda tertarik!

3. Penempatan Posisi Produk

Sebuah produk atau jasa ketika resmi diluncurkan, tentu akan ada konsumen yang disasar dengan segmentasi tertentu. Karena ada segmentasi inilah maka posisi produk atau jasa dari bisnis Anda harus benar-benar jelas, sehingga setiap konsumen yang menempati segmen tersebut tahu produk Anda.

Posisi produk ini penting karena terkait dengan persaingan antara Anda dengan kompetitor Anda. Setidaknya, dalam menggambarkan posisi produk Anda, maka akan ada pertanyaan berikut untuk produk yang akan Anda keluarkan.

  • Produk apa yang Anda keluarkan?
  • Apa maksud atau tujuan produk ini keluar?
  • Apa manfaat dari produk?
  • Mengapa konsumen perlu membelinya?

Dari pengamatan penulis, beberapa produk dari smartphone yang ada di Indonesia menempatkan diri pada posisinya masing-masing dengan strategi pemasarannya masing-masing.

Oppo dan Vivo sebagai pendatang baru melakukan publikasi besar-besaran. Bahkan publikasi tersebut menyaingi Samsung yang merupakan produk yang telah mapan. Begitu juga dengan proses produksi dan layanan purna jualnya.

Samsung memberlakukan kontrol kualitas produk secara ketat, sehingga margin produk yang mengalami kerusakan ketika produk telah terbeli angkanya kecil. Namun apabila ada kerusakan Samsung melayani perbaikan dan penggantian part.

Sedangkan Vivo dan Oppo memberlakukan penggantian device jika ada kerusakan produknya. Itulah mengapa dua merek smartphone tersebut memproduksi smartphone nya dalam jumlah besar namun memberlakukan kontrol kualitas produk tidak seketat Samsung.

Beberapa merek yang telah disebutkan diatas menempati posisi produknya masing-masing dan terlihat pangsa pasarnya masing-masing. Dan diantara merek tersebut juga tidak sama dengan produk semisal Apple, Huawei dan sebagainya. Masing-masing produk seolah memiliki posisinya masing-masing.

Penempatan posisi produk menjadi sangat penting karena hal berikut ini :

  • Keputusan pembelian pelanggan sangat dipengaruhi oleh keberadaan posisi produk. Konsumen akan menilai produk menurut status hierarkinya di pasar. Pembeli smartphone merk Oppo, jika ia tidak jadi membeli merek tersebut, tentu akan beralih ke merek yang satu grade posisi, misal Vivo.
  • Di benak konsumen, penempatan suatu produk pada posisi tertentu bersifat permanen, sulit untuk diubah. Oleh karena itu, perusahaan harus menunjukkan bahwa produk benar-benar ada di posisi itu dengan jelas. Penggunaan jargon untuk menancapkan benak tersebut sangat diperlukan.

4. Blogging

Blogging menjadi salah satu upaya pemasaran dalam bentuk konten. Selain itu, dalam strategi optimasi mesin pencari, penggunaan blog mutlak diperlukan untuk mendongkrak posisi website di mesin pencarian untuk kata kunci tertentu.

Biasanya suatu blog berisi tentang review dari produk yang Anda jual. Sebenarnya Anda bisa saja mengisi konten website tersebut dengan hal lain yang berkaitan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Selain hal tersebut berguna untuk traffic website, tulisan tersebut bisa Anda gunakan untuk pemasaran tidak langsung.

Membuat tulisan perlu mempertimbangkan banyak hal, termasuk pada penulisan, topiknya harus sederhana, relevan dan mudah dibaca. Jika tidak menarik atau tidak relevan maka pembaca akan cepat kehilangan minat. Selain itu pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum eksekusi.

5. Iklan Efektif

Iklan adalah salah satu metode komunikasi pemasaran yang sering digunakan. Bahkan sebagian besar bisnis bisa dikatakan mengalokasikan dana pemasaran hanya untuk melakukan iklan di berbagai saluran yang potensial.

Karena biaya iklan menjadi sangat mahal, maka ketika memutuskan untuk melakukan kampanye iklan produk atau layanan biasanya tim marketing melakukan sejumlah riset agar iklan bisa berjalan efektif. Namun ada juga yang menyerahkan sepenuhnya hal ini pada agen periklanan.

Saat informasi dan teknologi mulai maju maka tumbuhlah banyak saluran yang bisa dijadikan tempat meluncurkan kampanye iklan. Yang lebih hebat lagi adalah di antara saluran iklan tersebut, Anda bisa melakukan pengaturan rilis iklan sesuai keinginan Anda.

Anda bahkan bisa menyesuaikan dana yang tersedia, menyesuaikan siapa audiens target Anda, menyesuaikan waktu peluncuran iklan secara otomatis dan sebagainya.

Dengan demikian iklan bisa benar-benar efektif jika Anda menerapkan iklan yang tepat pada produk Anda. Karena itulah diperlukan berbagai riset atau mempercayakan pengelolaan iklan pada agensi yang berpengalaman. SEO Anak Sholeh menjadi salah satu penyedia layanan iklan Google yang bisa menangani hal tersebut.

6. Program CSR

CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan suatu program perusahaan yang fokus pada pengambilan tanggung jawab sosial perusahaan. Beberapa program CSR yang dikampanyekan perusahaan memiliki cara, target dan skala yang berbeda-beda.

Berbisnis tidak hanya berkutat pada keuntungan dan kemajuan perusahaan secara finansial. Bisnis jangkauannya sangat luas, termasuk dalam hal ini adalah citra perusahaan, hubungan sosial dengan masyarakat, dan faktor lain yang sebenarnya penting untuk keberlangsungan bisnis.

Salah satu cara untuk meningkatkan citra baik bagi perusahaan di mata masyarakat adalah adanya program CSR. Banyak perusahaan menengah ke atas yang telah mengagendakan program CSR setiap tahun, artinya mereka mengeluarkan budget untuk itu.

Strategi Komunikasi Pemasaran
Program CSR seperti pemeriksaan gratis untuk masyarakat kurang mampu bisa menjadi salah satu cara komunikasi merek ke masyarakat. Sumber Pexels @amornthep-srina

Ini tidak terkait dengan keuntungan finansial yang mereka peroleh. Namun secara moral, mereka memiliki ´pelanggan setia´ di masyarakat. Inilah yang nantinya bisa menaikkan citra perusahaan di masyarakat. Dan secara tidak langsung juga pasti akan mempengaruhi penjualan produk atau layanan Anda.

Kesimpulan

Dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang tepat, penjualan akan semakin meningkat. Namun untuk mendapatkan hal tersebut tentu dibutuhkan langkah strategis yang terencana dan sebelumnya dilakukan riset terlebih dahulu. Pastikan Anda menjalankan bisnis dengan langkah terencana, dan dapatkan informasi menarik tentang bisnis di website SEO Anak Sholeh.

Kami senang membantu Anda