Jika Anda membangun sebuah bisnis maka hal yang perlu di pikirkan selanjutnya adalah pemasaran. Sebagaimana produksi atau distribusi produk, pemasaran akan menimbulkan biaya yang nantinya bisa membesar. Karena itu diperlukan strategi pemasaran efektif agar hasil yang di capai bisa sebanding dengan pengeluaran unbtuk biaya pemasaran.

Dalam menyusun strategi pemasaran efektif hanya bisa di dapatkan ketika Anda mengetahui seluk beluk bisnis Anda, mengetahui pasar dan mengetahui strategi pemasaran yang cocok dengan bisnis Anda. Selain itu perencanaan pemasaran juga perlu di lakukan agar mengetahui seperti apa langkah demi langkah yang harus di lakukan oleh pebisnis.

Strategi Pemasaran Efektif
Pemasaran efektif menjadi kebutuhan setiap bisnis. Sumber Pexels.com @monoar-rahman

Pentingnya Menggunakan Strategi Pemasaran Efektif

Pemasaran adalah nyawa dari sebuah bisnis. Anda akan menemukan berbagai bisnis pasti akan melakukan pemasaran meskipun hanya pemasaran sederhana, yakni dari mulut ke mulut. Namun cara tersebut di masa lalu adalah strategi pemasaran efektif yang bisa dilakukan oleh pebisnis untuk mendapatkan konsumen.

Saat ini Anda sebagai pebisnis bisa menggunakan berbagai metode pemasaran yang ada dan sudah di gunakan oleh banyak orang. Namun Anda harus memperhatikan keefektifan strategi bisnis yang Anda lakukan. Dengan melakukan strategi pemasaran efektif Anda akan mendapatkan hal ini :

1. Ketepatan Target Pasar

Anda akan mendapatkan konsumen yang tepat ketika melakukan strategi pemasaran yang tepat. Karena itu Anda memerlukan strategi pemasaran yang nantinya akan menhasilkan konsumen secara efektif.

Dengan memiliki target pasar yang tepat maka pemasaran Anda tidak akan membutuhkan banyak sumberdaya. Analoginya adalah, jika Anda memancing dengan umpan yang tepat dan tempat dimana terdapat ikan yang menyukai umpan Anda berkumpul, maka Anda akan mudah sekali memancing ikan dan berpotensi menghasilkan banyak ikan.

2. Penghematan Sumber Daya

Anda akan banyak menghemat pengeluaran untuk biaya pemasaran ketika langkah yang Anda lakukan sudah tepat dan efektif. Memang di masa awal usaha Anda tidak akan mengetahui gambaran yang jelas mengenai siapa yang akan membeli produk Anda.

Namun dengan melakukan riset pasar, pengamatan apapun yang berkaitan dengan bisnis Anda maka Anda akan mengetahui strategi pemasaran apa yang sekiranya cocok di terapkan untuk bisnis Anda. Dengan demikian Anda tidak akan perlu mencoba menggunakan banyak strategi marketing yang membutuhkan banyak sumberdaya.

3. Konsumen Setia

Strategi pemasaran yang tepat akan menghasilkan banyak hal. Salah satunya adalah Anda akan mendapatkan konsumen yang setia dengan bisnis Anda. Strategi pemasaran yang efektif tentu akan menyasar pada konsumen yang tepat. Artinya adalah penawaran Anda akan menyasar kepada pihak yang berpotensi membutuhkan produk dan layanan Anda.

Seseorang akan lebih terkesan dengan kehadiran Anda ketika mereka benar-benar membutuhkan. Kedatangan Anda sebagai ‘dewa penyelamat’ memberikan imbas yang baik di benak konsumen. Salah satunya adalah mereka akan senantiasa mempercayai kemampuan Anda dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada konsumen.

Komunikasi Pemasaran Efektif

Pemasaran akan menjadi efektif ketika Anda melakukan komunikasi dengan konsumen melalui cara yang tepat. Memang berbagai media komunikasi tersedia di masa sekarang mulai dari panggilan suara sampai panggilan video. Namun semua akan sia-sia ketika mereka mendapati Anda tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Inilah tips komunikasi pemasaran efektif.

1. Buatlah Kedekatan Emosi

Kdekatan emosi menumbuhkan kepercayaan. Anda bisa menumbuhkan hubungan emosional antara Anda dengan konsumen. Secara mudah, sebuah iklan yang emosional mampu mempengaruhi emosi jutaan audiens padahal bisa jadi produk yang di tawarkan tidak ada kaitannya langsung dengan ‘skenario’ iklan tersebut. Anda bisa melihatnya di iklan emosional produk Thailand di YouTube.

Bisa jadi sebuah brand akan di kenang karena mereka berempati dengan kesedihan, musibah dan hal sejenisnya. Dengan membersamai emosi audiens, Anda akan mudah masuk dan mempengaruhi audiens untuk di tarik menjadi konsumen Anda.

2. Kalimat Yang Sederhana

Dalam melakukan komunikasi atau membuat kalimat pemasaran, pastikan Anda tidak menyampaikannya secara bertele-tele. Pastikan penyampaian Anda mudah di pahami karena kesederhanaannya.

Dengan kalimat yang sederhana dan konsumen lekas paham, maka tingkat perjalanan konsumen dari awal sampai melakukan kesepakatan dengan bisnis Anda akan berlangusng dengan cepat. Dengan kata lain konversi akan berjalan lebih cepat.

3. Komunikasi Berkelanjutan

Agar brand Anda terus ada di benak konsumen. Maka Anda sebaiknya melakukan komunikasi secara terus menerus dengan konsumen Anda. Anda bisa menggali ide atau masukan dari konsumen yang telah melakukan kesepakatan dengan bisnis Anda. Ini akan menjadi bahan perbaikan kedepan pada bisnis Anda.

Disisi lain secara emosional, hubungan bisa berjalan dengan baik. Program retensi pelanggan bisa Anda lakukan untuk mengikat mereka dengan efektif.

4. Menekankan Nilai Yang Anda Tawarkan

Krtika Anda melakukan komunikasi dengan konsumen dalam rangka pemasaran, sebaiknya Anda menghindari komunikasi yang bersifat teknis. Pastikan Anda secara gamblang bisa mengungkapkan apa yang menjadi nilai lebih dari produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Masing masing produk dan jasa dari sebuah bisnis harus memiliki kelebihan dari bisnis lainnya. Microsoft menawarkan harga perangkat yang mudah dan familiar di kalangan pengguna umum. Sedangkan Apple, meskipun harganya mahal, mereka menawarkan nilai lebih yakni perangkat yang awet dan unggul dalam sisi keamanan.

Strategi Pemasaran Efektif untuk Milenial

Ada banyak strategi pemasaran efektif yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk atau layanan Anda. Namun apapun media atau strategi yang digunakan, mental pantang menyerah harus dipersiapkan sebelumnya. Apalagi di bisnis tahap awal.

Di era milenial ini beragam strategi bisa Anda gunakan dengan menyesuaikan bisnis Anda. Inilah strategi yang bisa digunakan :

Strategi Pemasaran Efektif
Milenial yang terjun ke bisnis akan lebih mudah menyesuaikan. Sumber Pexels

1. Penggunaan Media Berbayar

Media yang kredibel atau orang yang memiliki pengaruh mengulas dan merekomendasikan produk Anda tentu memiliki efek yang luar biasa di masyarakat. Mereka akan lebih memperhatikan produk Anda ketika yang merekomendasikan adalah media atau orang yang selama ini mereka percaya.

Penggunaan konten berbayar, endorse, dan hal sejenisnya saat ini mulai gencar di lakukan oleh para pebisnis untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Apalagi dengan semakin berkembangnya platform media sosial tentu memunculkan banyak figur baru yang di jadikan pusat perhatian di dunia digital.

2. Pemasaran Melalui Konten

Ini adalah nama lain dari content marketing. Anda hanya perlu untuk membuat konten yang nantinya menggiring pemahaman pembacanya atau audiens untuk membeli produk dan layanan dari Anda.

 Anda bisa membahas segala hal yang berkaitan dengan bisnis atau produk Anda dan kemudian diakhiri dengan alasan mengapa audiens harus menggunakan produk yang Anda tawarkan. Dengan melakukan penataan yang tepat dimana masalah diletakkan di awal konten dan solusi diletakkan di akhir konten maka Anda tinggal memanen hasilnya melalui tombol CTA yang di siapkan.

3. Pemasaran Mitra

Menjalin kemitran dengan bisnis lain akan menguntungkan kedua belah pihak. Anda bisa memulai dengan membangun mitra dengan bisnis lain baik itu dengan sesama bisnis sejenis atau bisnis lain yang masih ada relevansi dengan bisnis Anda.

Anda bisa melakukan kerjasama di iklan yang sama, produk bundling, dan iklan kemitraan yang lain yang memungkinkan kan. Dengan melakukan kerjasama kemitraan, seperti iklan bersama, maka beban dari pengadaan iklan akan ditanggung dua perusahaan. Selain menghemat pengeluaran juga menjadikan pemasaran menjadi efektif.

4. Pemasaran Media Sosial

Media sosial adalah media iklan yang tidak bisa di tinggalkan untuk saat ini. Pastikan Anda melakukan dan aktif terlibat dalam pemasaran di media sosial. Saluran ini efektif menghubungkan Anda dengan konsumen secaralangsung dan bisa mendekatkan konsumen.

Kelebihan lainnya adalah, Anda bisa menggunakan iklan berbayar. Untuk menjangkau audiens dengan segmen yang lebih terencana, target yang jelas dan penggunaan anggaran yang bisa disesuaikan, penggunaan iklan berbayar pada media sosial terbukti pemasaran akan efektif.

5. Pemasaran Menggunakan SEO

Anda bisa melakukan optimasi pada website Anda dan menjadikan website Anda berada pada posisi depan SERP untuk kata kunci pencarian tertentu. Upaya optamasi website ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan teknik SEO. Ada banyak penyedia jasa SEO yang bisa Anda gunakan.

Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Selain melakuan riset kata kunci, disarankan untuk melakukan optimasi dengan teknik lokal SEO. Teknik ini akan menjangkau audiens yang lebih fokus dan tertarget.

6. Pemasaran Email

Pemasaran dengan cara ini lebih hemat. Anda hanya mengandalan aplikasi pengelolaan email, akun email dan juga kontak alamat email. Dengan cara ini Anda bisa memberikan informasi, penawaran dan mungkin ajakan kepada prospek dengan mudah dan tentunya langsung. Untuk lebih detailnya Anda bisa mempelajari hal ini di artikel lain website ini.

Strategi Pemasaran Efektif
Email marketing. Sumber Pizabay @Muhammad Ribkhan

7. Pemasaran Melalui Program Afiliasi dan refferal

Program affiliate marketing pertama kali di populerkan oleh Amazon. Setiap orang bisa melakukan pemasaran afiliasi. Dengan menggunakan sistem yang matang, program afiliasi bisa berjalan dengan baik. Jika sudah berjalan maka Anda tidak perlu memikirkan bagaimana memasarkan produk Anda. Anda tinggal memaksimalkan platform afiliasi yang Anda bangun.

Berbeda dengan program afiliasi, program refferal menitikberatkan pada kepuasan konsumen yang nantinya menyebarkan kepuasan tersebut dengan membawa konsumen baru. Perbedaan dari afiliasi dan referal yang paling mendasar adalah jika afiliasi biasanya dilakukan oleh siapapun, namun untuk referal biasanya di lakukan oleh konsumen.

Kesimpulan

Melakukan pemasaran produk tidak harus mahal. Namun konsistensi dan menggunakan strategi pemasaran efektif akan merubah prospek menjadi pelanggan. Untuk mendapatkan strategi pemasaran efektif juga tidak memerlukan banyak biaya, Anda bisa mempelajari sendiri dan melakukan riset bisnis Anda sendiri. Kuncinya adalah selalu belajar!

Open chat
Kami senang membantu Anda