Aktifitas blogging adalah aktifitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Selain aktifitas tersebut bisa dijadikan media penyaluran hoby menulis, ternyata aktifitas blogging juga bisa menhasilkan uang. Namun untuk mendapatkan penghasilan dari menulis, Anda harus memastikan pengunjung dari blog Anda banyak. Diperlukan teknik SEO blogspot untuk Anda yang blogging menggunakan blogspot.

Untuk membangun sebuah blog, Anda bisa menggunakan platform yang berbayar atau yang gratis. Ada banyak platform gratis yang bisa digunakan untuk melakukan blogging. Namun diantara platform gratis tersebut, WordPress dan Blogger adalah platform yang paling populer.

WordPress atau Blogspot?

Teknik SEO Blogspot
blogspot merupakan platform blogging populer. Sumber screenshoot

Platform WordPress atau Blogspot yang sebaiknya digunakan ketika membangun blog? Pertanyaan tersebut mungkin akan muncul di benak Anda ketika Anda akan membangun blog dengan platform gratis. Meskipun gratis, kedua platform tersebut bisa Anda gunakan dengan baik.

Karena menggunakan platform dengan gratis, Anda akan mendapatkan pembatasan dalam penggunaan. Akan berbeda jika Anda menggunakan platform yang berbayar. Sebenarnya Anda bisa juga menggunakan platform berbayar dengan biaya murah. Silahkan baca artikel lain tentang menghemat biaya pembuatan website.

Menggunakan Blogspot

Meskipun sama sama gratis, Anda akan merasakan sensasi dan pengalaman yang berbeda ketika menggunakan platform yang berbeda. WordPress dan BlogSpot sama sama gratis, namun keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Menurut penulis pribadi, penggunaan platform Blogspot lebih sedikit rumit daripada menggunakan platform WordPress. Namun bukan berarti menggunakan Blogspot akan menjadikan Anda akan mendapatkan banyak kesulitan. Penulis sendiri memulai menulis menggunakan platform ini.

Pengaturan Teknik SEO Blogspot Tingkat Lanjut

Untuk mengaktifkan pengaturan lanjutan SEO Blogspot Anda bisa masuk ke dasbor Blogger Anda dan kemudian cari pengaturan. Pada pengaturan bagian bawah, Anda akan menemukan poin yang di perlukan dalam upaya SEO Blogspot Anda. Inilah diantaranya :

  • Deskripsi meta tag
  • Pesan 404 halaman khusus
  • Pengalihan khusus (Arahkan 404 halaman ke halaman mana pun di blog Anda).
  • Tag header robot kustom
  • Tag halaman Beranda
  • Tag arsip dan halaman penelusuran
  • Tag postingan dan halaman

Anda bisa mengaktifkan poin pengaturan tersebut untuk mendukung kinerja SEO blog Anda.

Teknik SEO Blogspot

Meskipun penggunaan platform ini kurang populer untuk pembangunan blog atau website profesional, namun Anda masih bisa melakukan optimasi menggunakan platform ini. Inilah beberapa teknik SEO Blogspot yang bisa Anda lakukan ketika blogging menggunakan Blogspot.

1. Pertimbangkan untuk menggunakan domain berbayar

Meskipun Anda bisa saja menggunakan domain yang gratis bawaan Blogspor, namun ada keuntungan ketika Anda menggunakan nama domain sendiri. Selain terlihat profesional, domain penting dalam nilai CTR (Click Thugh Rates) di SERP.

Ada beberapa tips dalam memilih nama domain.

  • Menggunakan nama brand. Contoh samsung.com dan sejenisnya.
  • Menggunakan kata kunci yang relevan. Contoh jasasedotwc.com dan sejenisnya.
  • Menunjukkan lokasi. Contoh: lasjogja.com, audiomobiljogja.com dan sejenisnya.
  • Menggunakan domain populer seperti .com, .net. co.id dan sejenisnya.
  • Pilih nama yang mudah diingat dan pendek
  • jangan menggunakan tanda hubung

2. Penggunaan meta tag

Meta tag merupakan alat untuk mengidentifikasi judul, deskripsi, dan detail lain dari sebuah URL website. Meta tag disinyalir akan mempercepat kinerja robot untuk merayapi website Anda.pastikan Anda memasukkan kata kunci pada meta tag tersebut.

3. Seting tautan dengan benar

Postingan yang Anda terbitkan secara otomatis akan membentuk permalink yang menyesuaikan dengan judul yang Anda gunakan. Namun sebaiknya Anda melakukan penyetingan ulang url Anda. Url atau permalink sangat berpengaruh dengan SEO. Permalink yang terbentuk otomatis terkadang tidak terbentuk dengan sempurna.

Anda bisa menyesuaikan permalink tersebut di pengaturan yang terletak di sebelah kanan lembar kerja. Jika Anda sudah melakukan posting artikel, untuk mengatur permalinknya Anda perlu merubah postingan menjadi darft terlebih dahulu lalu baru memperbaiki permalinknya.

4. Perhatikan penggunaan kata kunci

Pastikan Anda memasukkan frase kata kunci secara alami, sehingga ketika pembaca membaca artikel website Anda, mereka akan nyaman. Selain itu persebaran kata kunci dan kepadatannya harus Anda perhatikan. Terlalu padat dan terlalu jarang kata kunci, maka tidak bagus untuk optimasi website Anda.

Setidaknya berikan sekitar 2% frase kata kunci dari total jumlah kata pada artikel. Berbeda pada CMS WordPress yang bisa memungkinkan menggunakan plugin untuk melakukan pengaturan ini, menggunakan Blogspot mengharuskan Anda melakukannya tanpa alat atau manual.

5. Perhatikan penggunaan label

Teknik SEO Blogspot
Lembar kerja pada blogger. Sumber blogger.com

Anda tidaak akan menemukan menu kategori ketika menggunakan Blogspot, namun Anda bisa menggunakan label ketika membuat postingan di Blogspot. Berbeda dengan pengkategorian, Anda bisa menggunakan label dengan lebih leluasa. Masukkan beberapa frase label untuk setiap postingan. Ini akan membantu untuk SEO Blogspot Anda.

Anda bisa menemukan pengaturan label di sebelah kanan lembar kerja. Meskipun Anda bisa memasukkan label dalam jumlah banyak, namun pastikan Anda memasukkan label yang relevan dengan niche dan kata kunci yang Anda sasar.

6. Optimalkan judul posting Blogger

Judul postingan pada Blogspot memainkan peranan penting untuk SEO. Anda bisa melakukan perubahan pengaturan judul secara default melalui pengeditan HTML. Buka pengeditan HTML dan temukan kode berikut ini :

title><data:blog.pagetitle/></title>

Ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini :

<b:if cond= ‘data:blog.pageType == &quot;index&quot;’>

<title><data:blog.title/></title>

<b:else/>

<title><data:blog.pageName/></title>

</b:if>

Setelah selesai, Anda bisa menyimpannya dan keluar dari pengeditan HTML.

7. Optimasi gambar

Menggunakan gambar yang relevan adalah keharusan dalam sebuah artikel blog. Gambar bisa dikatakan sebagai penyedap rasa pada sebuah artikel. Anda harus memperhatikan pemasangan gambar mulai dari penempatan, alt teks sampai pada keterangan gambar. Lebih bagus lagi jika menggunakan infografis.

8. Backlink konten

Ada dua macam jenis backlink yang bisa Anda tanam pada artikel blog Anda. Dua tersebut adalah internal backlink dan eksternal backlink. Link internal berisi tautan yang mengarah pada artikel lain di blog yang sama. Selain berpengaruh pad SEO, link ini bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Yang selanjutnya adalah backlink eksternal. Link ini akan menuju ke website lain. Anda bisa memanfaatkan backlink ini untuk optimasi. Namun Anda harus memperhatikan website lain yang tautannya Anda pasang di artikel Anda. Untuk amannya, Anda bisa menautkan website populer seperti Wikipedia.

Namun terkadang Anda harus memasang link website lain yang tidak diketahui kualitas websitenya. Untuk hal ini Anda bisa memasukkan eksternal link dengan atribut rel=”nofollow”  untuk mencegah mesin telusur merayapi tautan tertentu yang Anda pasang di website Anda.

Jika Anda memasang link website yang berkualitas buruk maka nantinya website Anda juga bisa menerima efeknya. Artinya ia akan mengancam posisi website Anda. Karena itulah di buat atribut no follow untuk backlink yang dipasang.

Teknik SEO Blogspot
Aktifitas blogging. Sumber Unsplash @SincerelyMedia

Penutup

Blogspot atau Blogger adalah salah satu platform blogging yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog. Terutama bagi Anda yang masih dalam tahapan belajar menulis, Blogspot sangat direkomendasikan. Untuk tingkat lanjut, Anda bisa menggunakan website profesional.

SEO Anak Sholeh menyediakan jasa pembuatan website dengan harga terjangkau. Jika Anda memiliki keinginan untuk membuat website profesional, Anda bisa mempercayakan kepada kami. Kami akan senantiasa bersenang hati membantu Anda menyalurkan hoby blogging Anda.

Open chat
Kami senang membantu Anda