Sesuatu yang viral dikenal sebagai hal yang terkenal dan diketahui oleh banyak orang. Baik itu tulisan, video, gambar dan sebagainya. Karena sifatnya yang menyebar alamiah maka ada upaya untuk menyisipkan konten iklan yang efektif pada sebuah konten digital yang diharapkan konten tersebut nantinya viral. Inilah yang disebut viral marketing.

Yang jadi pertanyaan adalah apakah konten yang viral selama ini adalah bagian dari kampanye iklan viral yang dijalankan atau hanya konten biasa yang kebetulan viral? Pada konten yang viral di internet, khususnya media sosial ada yang dikarenakan faktor ketidaksengajaan dan ada pula konten tersebut di buat untuk pemberitahuan sesuatu.

Apa itu Viral Marketing?

Viral Marketing
Konten yang viral akan banyak dilihat orang. Sumber Pexels

Keberadaan viral marketng karena adanya kejadian yang berupa menyebarnya konten secara massif dan tidak terkendali. Kelebihan dari teknik pemasaran ini adalah konten viral dibagikan hanya karena orang menyukai konten tersebut. Konsumenlah yang akhirnya melakukan kampanye melalui like, view atau share. 

Tidak ada upaya khusus agar konten bisa menyebar dengan masif.  Namun untuk mendapatkan strategi periklanan untuk menjadi viral sangat sulit dicapai. Bahkan semua ada pada faktor keberuntungan dimana hal ini tidak bisa di upayakan atau dipelajari sebab sebabnya.

Cara Agar Konten Menjadi Viral

Kenyataannya tidak ada yang tahu apa yang membuat sesuatu menjadi viral karena sebagian besar berasal dari keberuntungan. Namun yang menjadikan viral suatu konten, secara kasat mata bisa di indra bahwa konten tersebut sanggup mempengaruhi audiens. Baik itu audiens merasa ‘ngakak sohard’, sedih, jengkel, marah dan sebagainya.

Sebenarnya ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar konten menjadi viral. Namun hal ini tidak menjamin jika Anda melakukan trik ini maka konten Anda akan menjadi viral. Semua kembali lagi ke faktor keberuntungan dan seberapa menarik dan kreatif konten yang Anda buat. Inilah beberapa tips agar konten Anda berpeluang viral !

1. Manfaatkan gambar

Postingan blog yang dibagikan lebih banyak biasanya memiliki gambar daripada postingan blog yang hanya tulisan saja. Luangkan waktu untuk melihat gambar di layanan penyedia gambar untuk memilih gambar terbaik yang mewakili isi postingan Anda. Anda bisa juga menggunakan gambar milik Anda sendiri.

Gambar menjadi sangat penting. Bahkan ribuan kata bisa diwakili hanya dengan sebuah gambar. Yang lebih hebat lagi adalah ada juga gambar yang tanpa tulisan namun viral di media sosial. Karena itu kekuatan gambar tidak bisa di anggap remeh.

2. Libatkan Media sosial

Konten yang memiliki gambar atau video intensitas dibagikannya lebih tinggi, jadi menggunakan platform seperti Instagram dan TikTok dapat sangat meningkatkan visibilitas Anda secara online. Postingan yang dibagikan yang hampir jutaan kali biasanya karena konten tersebut ada di platform populer. Anda harus melibatkan platform media sosial populer agar konten Anda menjadi viral. Untuk platform Insagram, pemasarannya bisa menggunakan jasa admin Instagram.

Viral Marketing
Media sosial seperti Facebook menjadi media persebaran konten viral. Sumber Unsplash

3. Konten berpengaruh

Memasukkan opini dan emosi ke dalam proses pembuatan konten adalah langkah yang tepat. Emosi positif seperti, kejutan atau kegembiraan lebih disukai oleh pengguna media sosial. Bisa juga Anda membuat konten yang menjadikan pengguna terharu.  Namun pastikan konten tersebut mengandung nilai optimisme. Tidak ada yang mau berbagi konten yang berisi pesimisme, apalagi konten tersebut adalah konten marketing.

4. Maksimalkan judul dan infografis

Sebuah infografis menjadikan artikel lebih menarik daripada hanya berisi gambar atau konten video. Infografis menjadikan pembaca lebih cepat dalam memahami isi dari konten yang di bagikan. Selain itu pastikan Anda menggunakan judul yang tepat, yakni judul yang mengundang tanda tanya besar bagi siapa saja yang membaca.

5. Buat artikel list

Tentu sangat membosankan ketika Anda melihat konten yang berisi judul dan uraian paragraf yang panjang. Buatlah artikel yang berupa list dan gunakan 10 list daftar untuk artikel yang Anda buat. Angka 10 harus menjadi nomor tujuan Anda dalam pembuatan artikel yang berupa daftar. Artikel berupa daftar akan membantu menjadikan pembaca nyaman dan menggambarkan ‘peringkat’ secara tidak langsung.

6. Sematkan Biografi

Apa jadinya jika konten viral namun ternyata tidak ada yang tahu siapa pembuat konten tersebut.  Sebaiknya sertakan bio singkat orang atau perusahaan yang membuat konten di platform media sosial yang nantinya dibagikan. Dengan melakukan ini Anda atau perusahaan Anda akan memiliki visibilitas di internet menjadi lebih tinggi.

7. Rangkul Influencer

Manfaatkan influencer dalam menjadikan konten Anda menjadi viral. Bayangkan saja jika 5 influencer membagikan konten Anda, itu akan dibagikan lebih banyak oleh orang lain, terutama oleh pengikut dari influencer tersebut. Sebaiknya Anda bekerjasama dengan influencer yang sekiranya memiliki keterkaitan dengan konten dan juga produk yang Anda tawarkan.

8. Bagikan di waktu yang tepat

Pastikan Anda membaut konten dan membagikannya di waktu yang tepat . Hari Selasa adalah hari dalam seminggu dimana lalu lintas blog paling banyak dari hari lainnya. Saat ituah Anda memiliki peluang terbesar untuk membagikan konten agar dijangkau banyak pemirsa.

Kelebihan Viral Marketing

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan ketika Anda menggunakan trik viral marketing ketika memasarkan produk Anda. Inilah diantaranya.

1. Murah di segi biaya

Banyaknya pengguna internet yang membagikan konten Anda bukan karena Anda membayarnya. Namun karena kesadaran dari pengguna untuk berbagi. Hal ini akan bekerja secara natural dan Anda tinggal menunggu hasilnya. Berapapun konversi yang akan Anda terima, semua berawal dari ide yang dikemas dengan menggunakan biaya yang murah. 

2. Jangkauan luas

Sekali menekan tombol share, maka seluruh pelosok negeri akan mengetahui apa yang Anda bagikan. Itu tergantung berapa besar pengikut Anda dan jaringan Anda. Namun semua menjadi berbeda ketika yang membagikannya adalah ratusan individu, tentu jangkauannya aka menjadi semakin luas.

3. Alamiah

Biasanya jenis konten ini yang viral tersebut adalah konten alamiah, atau bisa dikatakan, orang-orang tidak menyadarinya bahwa konten tersebut adalah konten pemasaran. Karena itu konten viral biasanya akan banyak disambut oleh publik dengan beragam emosi yang dibawanya, semua tergantung seperti apa konten yang ada dan sebesar apa pengaruhnya secara emosional kepada pemirsa.

4. Visibilitas merk

Anda juga akan melihat peningkatan kesadaran merek dan reputasi merk Anda di dunia maya. Konsumen akan mengaitkan nilai-nilai positif dan konten viral dengan perusahaan Anda. Konten yang mengandung hal negatif saja ada yang sampai viral, bagaimana dengan konten yang sanggup mempengaruhi emosi pemirsanya secara positif ? Tentu akan menjadikan merk Anda dilihat sebagai sesuatu hal yang positif.

Viral Marketing
Konten akan dibuat dengan baik supaya menarik. Sumber Unsplash

Penutup

 Mengunakan metode viral marketing memang gampang-gampang susah. Namun semua bisa dicoba karena teknik ini memang benar-benar berbiaya rendah. Lakukan selagi Anda memiliki kemampuan dan kesempatan. Namun yang diperhatikan adalah, bagaimana follow up yang akan Anda lakukan ketika konsumen sudah menemukan diri Anda di penawaran ?

Jangan sampai mereka meninggalkan Anda. Karena itu pastikan Anda memiliki landing page yang menjadikan konsumen melakukan tindakan yang menghasilkan konversi. Anda bisa mempercayakan pembuatan landing page ini kepada jasa landing page dari SEO Anak Sholeh. Pesan sekarang juga !

Open chat
Kami senang membantu Anda