Hal yang sering Anda temukan ketika membuka mesin pencarian dan melakukan pencarian informasi adalah website. Website memberikan informasi apapun baik informasi bisnis pada website marketing, informasi pendidikan pada website official institusi pendidikan dan informasi hobi dan kegemaran pada blog-blog dengan niche hobi.

Website Marketing
Website. Sumber Unsplash @michal-parzuchowski

Dari milyaran website yang ada pada dunia maya, ada fungsi dan tujuan khusus dari masing-masing website yang dibuat. Mayoritas website memang diciptakan untuk bisnis, baik bisnis secara langsung seperti halnya website marketing yang digunakan untuk menjual produk, atau dengan membangun website penghasil uang seperti adSense.

Pengertian Website Marketing

Mungkin sebagian besar diantara Anda hanya mengetahui website sebagai sarana untuk menyebarkan informasi. Ternyata di dalam bisnis ada jenis website yang memang diciptakan untuk pemasaran atau dikenal juga sebagai website marketing.

Apa itu Website Marketing?

Website marketing adalah sebuah strategi pemasaran melalui internet dengan menggunakan website untuk tujuan penjualan produk, branding, atau pemberian informasi kepada pengunjung website dengan harapan mendapatkan pelanggan baru di dunia maya.

Dengan demikian website marketing menitik beratkan peningkatan jumlah pengunjung website. Oleh karena itu dalam membangun website marketing diperlukan desain website yang menarik, informatif, dan intuitif sehingga website akan mudah dimengerti oleh pengguna dalam penggunaannya.

Ciri Website Marketing

Pada sebuah website marketing, biasanya akan ditemukan unsur dibawah ini yang menandakan website tersebut merupakan website penjualan. Inilah beberapa ciri website marketing yang perlu Anda ketahui.

1. Informasi produk atau jasa

Produk maupun jasa yang ditawarkan pada website pemasaran akan terpampang dengan jelas, sehingga ketika Anda membuka suatu website marketing Anda akan langsung mengetahui bahwa website yang Anda kunjungi menawarkan solusi suatu permasalahan, menawarkan produk atau hal-hal yang mungkin Anda butuhkan.

Website Marketing
Informasi jasa SEO Anak Sholeh. Sumber screenshoot

Pemberian informasi ini termasuk informasi spesifikasi produk untuk website penjualan produk, dan juga keunggulan layanan jika website tersebut digunakan untuk penawaran layanan jasa. Seperti informasi yang ada pada homepage website seoanaksholeh.com Anda akan menemukan keunggulan layanan SEO dari website tersebut.

2. Halaman penjualan

Ciri dari website pemasaran adalah adanya halaman penjualan. Anda akan menemukan suatu website yang digunakan untuk menjual suatu produk akan terdapat halaman penjualan, baik penjualan langsung maupun penjualan tidak langsung. Terkadang di halaman penjualan inilah keunggulan produk atau layanan yang dijual juga diulas.

Selain itu, pada halaman penjualan akan terdapat konten copywriting yang khas yakni yang berupa konten pemasaran. Dengan pemberian konten inilah halaman tersebut mampu menarik prospek untuk segera melakukan tindakan pembelian. Konten ini mudah ditemukan, terutama pada halaman penjualan berupa landing page.

3. Informasi perusahaan

Informasi perusahaan adalah hal yang penting dan perlu dicantumkan di dalam website pemasaran. Selain untuk menciptakan brand identity dari perusahaan yang bersangkutan, pemuatan informasi perusahaan bisa  menambah tingkat kepercayaan konsumen. Anda bisa mencantumkan identitas perusahaan termasuk kontak dan alamat.

4. Link media

Untuk memasarkan produk yang dijualnya, biasanya website pemasaran tidak hanya menggunakan satu atau dua saluran pemasaran. Ada beberapa saluran pemasaran yang digunakan selain menggunakan website. Salah satunya adalah saluran melalui media sosial. Biasanya website bisnis termasuk website pemasaran mencantumkan link media sosial penjualan miliknya pada website.

5. Desain ramah pengguna

Bagaimana caranya agar pengguna tertarik untuk membuka website dan mereka nyaman? Tentunya desain website harus dibangun ramah pengguna. Website yang ramah pengguna termasuk website yang kompatibel diakses menggunakan berbagai perangkat.

Website memberikan informasi yang jelas dan mudah dalam penavigasian adalah website yang ramah pengguna. Untuk beberapa bisnis selain menggunakan website yang ramah pengguna juga menggunakan aplikasi mobile untuk memanjakan pengguna dan menjangkau pengguna lebih banyak.

Contoh Website Marketing

Sebenarnya Anda akan banyak menemukan contoh website marketing di mesin pencarian. Namun sebagian besar dari website tersebut adalah website dengan tipe berikut ini :

Website yang menjual produk secara langsung

Website marketplace merupakan salah satu contoh website yang difungsikan sebagai ‘toko’ untuk menjual produk secara langsung. Website seperti ini memang dikemas dengan cara menampilkan informasi detail mengenai produk beserta varian, kategorinya, spesifikasi dan harga. Anda bisa langsung melakukan pembelian melalui website atau aplikasi mobile.

Website Marketing
Website Shopee yang melayani pembelian langsung. Sumber Screenshoot

Dengan demikian, website seolah tidak memerlukan kalimat copywriting yang bertele-tele untuk memikat pengunjung dan membuat mereka membeli produk yang ditawarkan. Namun terkadang untuk tujuan SEO, konten tersebut memang masih diperlukan.

Website arahan

Contoh dari website ini adalah website SEO Anak Sholeh. Website arahan biasa disebut dengan website landing page. Website ini biasanya digunakan untuk produk yang menjual jasa atau layanan, namun ada juga yang digunakan untuk menjual produk berupa barang.

Website Marketing
Halaman arahan website SEO Anak sholeh. Sumber Screenshoot,

Website ini mengharuskan pengguna yang akan membeli produk atau jasa menghubungi costumer service dan melakukan kesepakatan melalui channel yang telah ditentukan. Ini dilakukan karena produk atau layanan yang ditawarkan adalah produk atau layanan yang bisa dikostumisasi. Sehingga penggunaan fitur store atau etalase tidak efektif.

Website informasi produk

Pernahkah Anda menemukan website yang memberikan informasi produk dan gerai tempat penjualan namun tidak menyediakan layanan penjualan? Biasanya website seperti ini hanya menampilkan info produk saja.

Website Marketing
Website dari WaroenkSS. Sumber Screenshoot

Website model ini biasanya ada pada bisnis franchise atau bisnis yang sudah besar dan memiliki banyak cabang layanan. Website hanya menampilkan produk yang dijual beserta identitas gerai yang menjual produk tersebut pada setiap lokasi termasuk nomor kontak yang bisa dihubungi. Website dari www.waroengss.com termasuk dari salah satu website marketing type ini.

Website Marketing Strategy, Cara Website Pemasaran Mendapatkan Banyak Kunjungan

Bagaimana website marketing bisa mendapatkan banyak kunjungan? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menggaet pengunjung website agar mereka tertarik dan bisa melakukan kesepakatan pembelian dengan bisnis Anda. Inilah diantaranya!

Menggunakan SEO

Menggunakan strategi SEO adalah cara yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan kunjungan secara organik dari sebuah website. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan website Anda mendapatkan peringkat teratas untuk kata kunci pencarian tertentu. Salah satunya adalah penggunaan strategi SEO on page dan juga off page.

Pada dasarkan SEO on page adalah aktivitas optimasi yang dilakukan di halaman website yang akan di optimasi, sedangkan SEO off page mengacu pada aktivitas optimasi dengan membangun kepercayaan dari luar website. Salah satunya dengan teknik pembuatan backlink berkualitas.

Iklan mesin pencari

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan iklan mesin pencarian. Anda bisa memasang iklan berbayar di mesin pencarian dengan melalui jasa Google Ads atau Anda jalankan sendiri. Yang jelas sebelum Anda memasang iklan memang seharusnya Anda melakukan riset untuk kata kunci dan kekuatan kompetitor di ceruk Anda.

Tujuan dari riset adalah agar Anda bisa menjalankan iklan dengan strategi yang benar, sehingga biaya yang Anda keluarkan akan memiliki dampak yang signifikan pada bisnis Anda. Metode ini adalah cara cepat untuk mengundang banyak pengunjung pada website Anda.

Social media engagement

Menggunakan media sosial untuk menjangkau pengunjung website bisa Anda lakukan. Bisa dengan melakukan share konten website, cara ini gratis dan hanya membutuhkan konsistensi. Cara lainnya bisa menggunakan iklan berbayar media sosial. Anda bisa membuat iklan efektif berbayar dan mengalihkan klik dari siapa saja yang melakukan klik untuk mengunjungi website Anda.

Cara ini kerap dilakukan oleh orang yang menginginkan target pengunjung website yang besar seperti website yang memuat iklan adsense atau iklan afiliasi. Akan tetapi karena yang sering dilakukan adalah menjebak pengunjung website dengan clickbait maka potensi pengunjung untuk mengunjungi website kembali di lain waktu menjadi rendah.

Website Marketing
Media sosial bisa dimanfaatkan untuk menjangkau pengunjung website. Sumber Unsplash

Penutup

Itulah ulasan mengenai website marketing yang bisa Anda adopsi untuk bisnis Anda. Saat ini membangun website adalah kebutuhan karena di era industri 4.0 ini segala sesuatu menuju digitalisasi. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda semuanya.

Kami senang membantu Anda