Salah satu cara untuk mengamankan sebuah website adalah dengan memasang SSL untuk lebih lanjutnya anda bisa membuka artikel cara mengamankan website. Maka sudah pasti jika anda memiliki website perlu untuk memasang SSL untuk meningkatkan keamanannya. Berikut akan kami ulas tentang apa itu SSL dan bagaimana cara install SSL gratis.

Apa Itu SSL

Apa itu SSL
Apa itu SSL

Hal yang pertama kita bahas adalah tentang apa itu SSL. SSL adalah kependekan dari Secure Socket Layer, yang artinya sebuah teknologi yang mengenkripsi komunikasi antara pengguna dan situs web. Enkripsi ini memastikan bahwa data penting seperti nama pengguna, kata sandi dan informasi kartu kredit dikirim dari pengguna ke situs tanpa resiko intersepsi.

Sebuah sertifikat SLL adalah bagian dari kode sertifikat pada sebuah situs web yang mengikat enkripsi ini untuk organisasi yang bertanggung jawa untuk website.

Sebuah situs web bersertifikat SSL berjalan dengan protokol https. Ini mengaktifkan gembok browser atau bilah browser hijau yang menonjol untuk menunjukkan kepada pengunjung bahwa website itu aman untuk dijelajahi.

Sederhananya adalah SSL adalah cara untuk mengenkripsi data yang dikirim dari browser web kepada server web. Sementara ini digunakan untuk melindungi informasi sensitif seperti nomor kartu kredit dan data lainnya, hari ini sedang diadopsi secara lebih luas.

Tanpa enkripsi SSL, lalu lintas yang di pertukarkan selama sesi penelusuran apapun rentan. Seperti :

  • Setiap informasi yang dikirim dari browser web ke server web dapat menjadi mangsa eavesdropper. Mereka tidak hanya dapat melihat apa yang anda lakukan online, tetapi juga mencegat dan memanipulasinya. Nah hal-hal ini dipastikan tidak terjadi ketika situs tersebut sudah menjadi Hypertext transfer protocol secure (HTTPs).
  • Ada juga ancaman yang disebut serangan man-in-the-middle ketika orang yang tidak sopan mengambil data setelah meninggalkan browser tetapi sebelum ia membuat jalan ke server. Mengenkripsi data yang dipertukarkan antara browser dan server membuat ini jauh lebih sulit dilakukan.

Mengapa perlu menggunakan SSL pada website anda? Tujuan utama dari SSL adalah untuk mengamankan berjalannya data dari pengguna kepada server seperti login website atau melakukan transaksi keuangan. Namun ada juga keuntungan lain yang bisa didapatkan ketika menggunakan SSL pada website :

  • Menjaga berjalannya data aman antar server. dan juga aman dari para peretas .
  • Google dan mensin pencari yang lainnya mengambil langkah serius kepada situs website yang tidak aman (HTTP) untuk para penggunanya.
  • Mambangun dan meningkatkan rasa kepercayaan kepada pelanggan atau pengguna, dan berpotensi meningkatkan tingkat konversi.

Beralasan memasang SSL karena Google. Alasan ini adalah alasan yang baik, dimana anda bisa mendapatkan peringkat yang baik pada hasil pencarian google. Mesin pencari sangat memperhatikan keamanan situs website dan memperhatikan apakah situs anda aman (HTTPS / bersertifikat SSL) ataukah tidak dan menjadikannya sebagai salah satu faktor peringkat.

Di mata mesin pencarian google tidak memperhatikan apakah website anda menjalankan proses pembayaran ataukah tidak. Ia hanya ingin semua yang ada di web aman dan dengan terus menerus mendorong pemilik situs untuk menggunakan SSL.

Dan salah satu aspek yang paling dimanfaatkan dari menggunakannya SSL adalah melindungi halaman yang hanya boleh diakses dengan kata sandi, termasuk halaman login dari sebuah situs.

Meskipun banyak orang yang tidak mengetahuinya, web sekarang ini dipenuhi dengan bot yang memiliki tujuan yang buruk yang ditujukan untuk mencari form login. Dan pastinya anda tidak ingin bot tersebut masuk merusak website anda bukan.

SSL Gratis

Nah untuk kalian yang akan memasang SSL pada website anda namun tidak ingin menambah biaya untuk memasangnya. Anda bisa memakai yang versi gratis untuk website anda.

Let’s Encrypt

Apa itu SSL Lets Encrypt
Let’s Encrypt

Let’s Encrypt adalah proyek yang dikerjakan dengan kolaborasi antara Linux Foundation dan otoritas sertifikat yang disponsori oleh Mozilla, Akamai, SiteGround, Cisco, Facebook, dll. Yang menawarkan SSL gratis untuk website anda.

Hal ini bisa anda manfaatkan utnuk menghemat biaya agar dapat diterapkan ke bagian lain yang lebih membutuhkan biaya untuk produksinya.

Biasanya Let’s Encrypt sudah disediakan pada halaman cPanel hosting server anda. Dan anda tinggal memakainya saja secara gratis tanpa berbayar. Dan Let’s Encrypt bisa juga anda gunakan untuk subdomain anda.

Berikut cara untuk memasangnya :

yang pertama adalah buka halaman server cPanel anda dan buka menu Lets Encrypt

Tekan Let's Encrypy
Tekan Let’s Encrypy

Pada daftar domain dan subdomain, tekan Issue untuk memulai memasang Let’s Encrypt

Tekan Issue
Tekan Issue

Setelah itu tekan Issue untuk mengakhiri proses pemasangan SSL Let’s Encrypt

Tekan issue
Tekan Issue

SSL Let’s Encrypt telah berhasil dipasang pada domain anda.

Cloudflare

Apa itu SSL Cloudflare
Cloudflare

SSL gratis selanjutnya adalah dari Cloudflare. Cloudflare adalah CDN & Perusahaan Keamanan Website. Meraka membuat situs website anda menjadilebih cepat dan aman. Cloudflare telah memberikan supportnya pada banyak situs yang populer, seperti : Reddit, Yelp, Mozilla, StackOverflow, dll.

Dan salah satu layanannya adalah menyediakan SSL universal yang gratis untuk semua pengguna. Dan untuk menggunakannya anda cukup mendaftar dan menambahkan alamat website anda. Untuk lebih jelasnya seperti berikut :

Langkah pertama Login pada halaman Cloudflare.

Login Cloudflare
Login Cloudflare

Pada tab Home, klik tombol + Add Site, untuk menambahkan website anda pada layanan cloudflare.

Cloudflare Add Site
+ Add Site

Kemudian masukkan alamat website yang akan kalian pasang SSL, dan tekan Add Site.

Masukkan Alamat Website
Masukkan Alamat Website

Lalu pilih paket layanan SSL pada cloudflare dan klik Confirm Plan.

Confirm Plan
Confirm Plan

Setelah itu akan menampilkan untuk menambahkan DNS, tekan Continue.

Scan DNS
Scan DNS
Add DNS
Add DNS

Lalu anda akan mendapatkan nameserver yang nantinya akan dipasang pada pengaturan domain anda di tempat hosting.

Clouflare Nameserver
Clouflare Nameserver

Buka akun hosting kalian dan buka pengaturan domain anda. Maka anda an menemukan pengaturan utnuk Nameserver.

Ganti nameserver yang lama dengan yang baru anda dapatkan di cloudflare.

Ganti nameserver
Ganti nameserver

Proses pergantian bisa memakan waktu hingga 24 jam, jadi anda baru bisa melakukan pengecekan pada esok harinya dengan menekan tombol Done, check nameserver pada akun Cloudflare anda.

Cloudflare Done
Cloudflare Done

Setelah selesai anda bisa langsung mengakses alamat website anda menggunakan https.

Untuk pengguna wordpres anda bisa mengganti alaman website kalian di halaman admin menjadi https agar tidak terjadi kesalahan akses pada alamat halaman website atau postingan.

Namun jika masih terjadi kesalahan, anda bisa mengubah isi file .htaccess yang ada di file manager server anda. Untuk kode nya belum bisa kami sediakan disini karena keterbatasan pengetahuan.

Sekian ulasan kami mengenai apa itu SSL dan bagaimana cara memasang ssl gratis. Kesimpulannya adalah sangat penting untuk memasang SSL untuk website anda, apalagi website yang digunakan sebagai jalur untuk transaksi dan form login yang rapuh.

Dan SSL juga berpengaruh pada peringkat hasil mesin pencarin, berarti ini juga penting untuk para jasa optimasi website untuk bisa menambah tinggi peringkat.

Demikian dari kami, semoga bisa menmbah wawasan anda dan semoga bermanfaat, Terima Kasih.