Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk menjelajah segala informasi yang terdapat di internet. Segala informasi yang terdapat di internet ini dapat berupa halaman website atau berbagai konten yang terdapat di internet.

Siapapun yang ingin menjelajah di internet pasti harus memiliki perangkat berupa browser. Karena browser terbaik ibarat kendaraan yang akan mengantarkan pengguna untuk bertemu dengan berbagai informasi yang terdapat di internet.

Karenanya, aplikasi penjelajah (browser) adalah salah satu yang wajib diinstal pada pc atau android. Melalui koneksi internet, pengguna akan terhubung dengan berbagai informasi melalui browser. Ternyata, ada banyak browser terbaik yang sering digunakan.

Sejarah Aplikasi Penjelajah

Browser Internet, sumber MakeUseOf
Browser Internet, sumber MakeUseOf

Sejarah browser atau aplikasi penjajah sangat terkait dengan sejarah internet itu sendiri. Sebab, keberadaan aplikasi penjelajah tanpa koneksi internet tidak berguna. Begitu juga, keberadaan aplikasi penjelajah tanpa keberadaan website juga tidak diperlukan.

Sehingga sejak awal keberadaan aplikasi browser, internet menjadi ramai dengan berbagai aktivitas. Inovasi untuk dunia maya mulai bermunculan salah satunya adalah halaman website. Banyak orang membuat halaman website untuk dikunjungi para pengguna internet.

Penelitian untuk menghasilkan aplikasi penjelajah pertama yang bernama WorldWideWeb dimulai sejak 1984 oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, seorang profesor asal Inggris. Karena keberadaan WorlWideWeb ini, dunia maya menjadi ramai untuk mengakses informasi.

Aplikasi WorldWideWeb kemudian berubah nama menjadi Nexus. Setelah keberadaan Nexus, mulai bermunculan banyak developer yang membuat mesin penjelajah. Saat ini ada banyak sekali jumlah browser di dunia yang bisa digunakan.

Internet Explorer, sumber The Verge
Internet Explorer, sumber The Verge

5 Browser Yang Populer

Browser adalah aplikasi yang dapat membantu penggunanya mencari informasi, memasukkan informasi, mengambil informasi dan menyebarkan informasi di internet. Saat ini terdapat banyak aplikasi penjelajah yang bisa digunakan baik pada PC maupun Android.

Masing-masing aplikasi memilliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga penilaian yang akan diulas seputar popularitas aplikasi penjelajah. Diantara semuanya, kami melihat ada 5 aplikasi penjelajah yang paling terkenal yaitu :

1. Internet Explorer

Internet Explorer masih menjadi aplikasi browser terbaik yang paling banyak digunakan. Menurut data, terdapat 90% pengguna Internet Explorer diantara semua pengguna aplikasi penjelajah yang ada. Sehingga Internet Explorer begitu mendominasi pasar.

Internet Explorer adalah default dari windows keluaran microsoft. Setiap menginstal windows, maka otomatis Internet Explorer menjadi aplikasi bawaannya. Sehingga jika banyak orang yang menginstal windows, kemungkinan semakin banyak pula pengguna Internet explorer.

Mozilla Firefox, sumber sillicon.co.uk
Mozilla Firefox, sumber sillicon.co.uk

Kelebihan yang terdapat pada Internet Explorer diantaranya adalah umurnya yang sudah dewasa. Karena merupakan salah satu web browser yang pertama kali ada. Sehingga popularitasnya sudah sangat tinggi dibandingkan aplikasi penjelajah yang baru.

Internet Explorer juga sudah otomatis terinstall saat memakai windows. Sehingga akan langsung dapat digunakan untuk menjelajah di internet. Baik untuk langsung menggunakannya, atau untuk mencari dan menunggah aplikasi penjelajah lainnya.

Selain itu adalah fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Internet Explorer itu sendiri. Terdapat banyak add-ons yang bisa dimanfaatkan, tampilan yang menarik dan berbagai kenyamanan saat dipakai dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

2. Mozilla Firefox

Pada tahun 1998, Mozilla mulai direncanakan hingga akhirnya tahun 2011 memiliki 28% pangsa pasar pengguna aplikasi penjelajah di dunia. Mozilla adalah aplikasi penjelajah yang bersifat open source . Selain Internet Explorer, Mozilla adalah yang paling sering dipakai.

Ukuran aplikasinya hanya sebesar 4,7 MB, jika dibandingkan dengan Internet Explorer yaitu sebesar 80 MB, tentu saja akan lebih menghemat memori. Browser terbaik ini sangat menjadi pertimbangan setelah browser Internet Explorer.

google chrome, sumber www.thegioididong.com
Google Chrome, sumber www.thegioididong.com

Hal ini terlihat dari penggunanya yang terus meningkat setiap tahun. Berbeda dengan Internet Explorer yang sudah terinstall otomatis, Mozilla dicari berdasarkan minat dari pengguna internet secara langsung.

Mozilla dipandang lebih aman dibandingkan dengan browser lainnya. Browser lainnya cenderung lebih mudah untuk ditembus oleh hacker. Selain itu, tampilannya bisa dicustomisasi, termasuk size huruf yang bisa diatur.

2. Google Chrome

Google Chrome adalah aplikasi pencarian yang terbilang masih baru karena baru dirilis sekitar tahun 2008. Aplikasi penjelajah keluaran Google ini memiliki pangsa pasar lebih dari 10% pada tahun 2011. Sehingga termasuk salah satu dari aplikasi terkenal saat ini, padahal masih baru.

Google Chrome menjadi terkenal karena lebih cepat saat digunakan. Jika dibandingkan Internet Explorer dan Mozilla yang relatif lebih lambat, meskipun dalam hitungan detik saja, Google Chrome disebut lebih unggul pada bagian ini.

Opera Browser, sumber Dailysocial
Opera Browser, sumber Dailysocial

Secara teknis, saat digunakan Google Chrome memiliki proses yang terpisah antara satu web dengan lainnya. Sehingga error pada satu halaman tidak mempengaruhi loading pada halaman pada tab lainnya.

Pada aplikasi penjelajah lainnya, keadaannya cenderung demikian. Sehingga saat membuka halaman dan loading tab secara bersamaan, ada kemungkinan secara bersamaan akan error meski pada tab yang berbeda.

Tampilan yang ada pada aplikasi yang satu ini cenderung sederhana namun cukup memadai. Aplikasi ini juga dapat menjalankan aplikasi yang rumit namun dengan kecepatan yang lebih dibandingkan dengan browser lainnya.

4. Opera

Opera adalah salah satu aplikasi yang cukup senior sebagai aplikasi penjelajah. Bahkan, Opera lebih dulu diproduksi dibandingkan dengan Mozilla Firefox. Opera muncul pada tahun 1996, 2 tahun lebih awal dibandingkan dengan Mozilla Firefox. Hanya selisih satu tahun dari Intenet Explorer yang lebih awal.

Namun dari segi popularitas, Opera masih kalah dibandingkan Internet Explorer, Mozilla Firefox bahkan Google Chrome yang baru muncul. Pangsa pasarnya hanya sekitar 2% dari keseluruhan pengguna aplikasi penjelajah pada tahun 2012.

Namun, Net Aplication sebagai developer aplikasi ini berinovasi dengan mengeluarkan produk aplikasi browser Opera Mini. Opera Mini memiliki pangsa pasar yang lebih spesifik, yaitu pengguna browser melalui ponsel.

Inovasi ini membawa hasil yang cukup baik. Karena Opera Mini terinstall pada 40 juta ponsel di seluruh dunia. Sehingga Opera Mini menjadi aplikasi yang lebih dikenal bagi para penggunan telepon selular.

Safari Browser, sumber www.logosvectorfree.com
Safari Browser, sumber www.logosvectorfree.com

Kelebihan Opera Browser salah satunya adalah hemat data. Sehingga bagi para pengguna paket data berbayar, aplikasi ini bisa lebih ekonomis. Untuk kecepatan loading, Opera juga menjadi salah satu aplikasi penjelajah yang cepat.

Untuk penggunaannya, Opera memiliki fitur bahasa, sehingga bisa memilih bahasa saat penggunaanya agar lebih efisien. Selain itu, Opera juga memiliki fitur anti virus yang menjadikan lebih aman.

5. Safari

Safari adalah aplikasi yang tidak begitu dikenal. Hal ini karena Safari memiliki pangsa pasar yang berbeda. Safari lebih dikenal oleh para pengguna gadget atau PC berbasis Apple. Safari dirilis 2003 yang lalu.

Safari memang produk Apple Inc. Sehingga penggunaanya biasa pada Mac, iPhone dan iPod. Meskipun begitu, aplikasi ini juga lebih cepat dan memiliki tampilan berkualitas. Hanya saja, karena produk Apple Inc biasanya memiliki kualitas yang tinggi, Safari lebih cocok digunakan pada PC atau Gadget lainnya yang memiliki spec tinggi.

Itu dia berbagai informasi terkait aplikasi browser dan 5 aplikasi penjelajah yang terpopuler. Semoga dapat menjadi wawasan terbaru. Nantikan berbagai informasi lainnya seputar Optimasi Web dan SEO di seoanaksholeh.com.