Halo penggiat website, kembali lagi pada artikel di SEO Anak Sholeh. Pada artikel kali ini kita akan kembali membahas mengenai wordpress. Karena masih ada pembahasan yang belum di ulas pada blog ini. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara backup wordpress.

Cara Backup WordPress

Sebelum ke cara backup wordpress perlu anda ketahui tentang apa itu backup. Backup itu adalah proses untuk membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data entah itu data komputer atau website yang nantinya bisa digunakan kembali untuk mengatasi kesalahan yang bisa saja terjadi.

Dari penjelasan di atas backup tida hanya dilakukan pada data website saja, namun bisa juga pada data komputer. Selain itu istilah ini juga biasa dipakai untuk kegiatan di dunia nyata.

Kenapa harus backup? Backup tentu sangat penting untuk dilakukan karena mengingat hal-hal yang tidak di harapkan bisa saja terjadi. Seperti human error seorang admin website yang melakukan perubahan kode, bisa juga kesalahan terjadi ketika proses update atau perbaruan versi wordpress atau yang lainnya yang mengalami kegagalan.

Selain backup juga bisa anda pakai untuk mengatasi kegagalan yang terjadi akibat proses hacking dari seseorang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu backup bisa memudahkan anda untuk mengembalikan sesuatu ke kondisi semula sebelum adanya kesalahan.

Nah, website wordpress juga bisa dilakukan backup. Karena cms ini populer dan open source, maka banyak yang sudaha mengembangkan bagaimana cara backup website wordpress. Banyak plugin yang bisa anda pilih untuk melakukan backup data.

Namun pada artikel kali ini kita akan mencoba untuk melakukan backup wordpress dengan cara manual. Karena alangkah lebih baiknya anda juga mengetahui cara backup dengan manual lewat halaman cpanel anda sebelum mengetahui cara backup.

Oke langsung saja kita praktekan bagaimana cara backup wordpress. Ada 2 hal yang anda backup untuk melakukan backup website wordpress. Yang pertama adalah backup file websitenya, dan kedua backup database sebagai media penyimpanannya.

Masuk cPanel

Karena melakukan proses manual, maka sebelumnya anda perlu masuk ke halaman cpanel anda.

Cara Hosting Website
Login Cpanel

Masukkan Username dan Password nya kemudian klik Log In

BackUp File

Setelah anda masuk ke halaman cPanel, anda masuk ke File Manager untuk melakukan backup file. Klik menu File Manager.

Cara Hosting Website File Manager
File Manager

Kemudian masuk ke direktori public_html, dimana file website anda berada.

Langkah Install WordPress Manual
Direktori public_html

Kemudian agar lebih memudahkan dalam proses backup atau download maka file nya akan di compress dahulu. Pilih semua file yang ada di dalam direktori tersebut dengan klik select all.

Cara Backup WordPress 3 select all
Select All

Kemudian klik kana file nya kemudian klik compress.

Cara Backup WordPress 4 compress 1
Klik Compress

Lalu pilih tipe file compress nya misalkan zip, kemudian klik Compress File.

Setelah sudah selesai proses compress, maka akan muncul tampilan Compression Results.

Lalu langkah terakhir pada backup file adalah dengan download file yang hasil dari compress.

Cara Backup WordPress 5 download
Klik Download

Backup Database

Kemudian yang harus anda lakukan adalah backup database. Untuk melakukan backup database anda perlu kembali lagi ke menu cPanel, kemudian cari menu phpMyAdmin untuk masuk ke bagian macam-macam file database.

Cara Backup WordPress 6 database
phpMyAdmin

Kemudian anda akan masuk ke tampilan phpMyAdmin. Lalu pilih database yang website anda pakai, untuk mengeceknya anda bisa lihat pada file config.php di File Manager.

Setelah anda sudah selesai melihat database mana yang digunakan oleh website anda, maka masuklah ke databasenya dengan memilih databasenya seperti berikut.

Kemudian masuk ke menu Export, karena kita akan melakukan export file database.

Cara Backup WordPress 9 export
Menu Export

Setelah itu, klik Go untuk menyelesaikan proses backup dari database.

Cara Backup WordPress 10 export go
Klik Go

Nah sampai disini proses backup wordpress sudah selesai. Hasilnya anda akan mendapatkan 2 file berupa compress file website dan file database website anda.

Mungkin lain kali kita akan mencoba untuk melakukan proses backup menggunakan plugin yang tentunya akan lebih mudah proses backupnya karena penyedianya tentu akan membuat pluginnya mudah untuk digunakan.

Kelebihan Backup WordPress

Setelah anda sudah mencoba untuk melakukan backup, Anda juga perlu mengetahui tentang bagaimana kelebihan dari melakukan backup.

1. Menghindari Error

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa error bisa saja terjadi pada website wordpress maupun website buatan sendiri. Entah itu karena kesalahan dari admin ataukah kesalahan yang disebabakan oleh penyedia wordpress sendiri.

Karena terkadang ketika anda sedang melakukan update entah itu update versi wordpress ataupun update plugin anda akan mengunduh filenya kemudian langsung dipasangkan, dan tidak jarang akan mengalami error yang menyebabkan mengaktifkan mode maintance.

Tentu tidak bisa menyalahkan pihak penyedia wordpress ataupun plugin, karena kesalahan itu bisa saja terjadi karena jaringan internet yang anda pakai sedang bermasalah atau pihak penyedian hosting sedamg melakukan perubahan yang menyebabkan kondisinya menjadi tidak stabil saat proses pemasangan.

Jika hal ini sudah terjadi maka akan lebih cepat untuk mengembalikan proses perbaikan website dengan menggunakan backup yang sudah anda dapatkan sebelumnya.

2. Menghindari Crash Hosting

Saat kita menggunakan jasa penyedia hosting tentu kita akan tahu tentang apa saja yang bisa terjadi ketika penyedia hosting tersebut memiliki kendala.

Banyak kendala yang bisa dialami oleh penyedia hosting. Mulai dari DDos atau pun karena pemindahan server yang belum selesai.

Jika sudah seperti itu, maka akan berimbas juga kepada website kita yang berada pada penyedia hosting tersebut. Maka untuk lebih berjaga-jaga ketika terjadi kesalahan yang tidak bisa dibalikkan lagi, maka file backup yang sudah anda persiapkan akan menjadi jalan keluar yang paling mudah untuk dilakukan.

3. Menghindari Virus

Selain menyerang komputer Virus dan Malware juga mengancam kebaikan dari website yang kita kelola. Hal ini banyak ditakuti oleh penyedia blog yang tidak jarang terkena masalah ini.

Biasanya menyebabkan website kacau balau, file rusak, dan bahkan sampai hilang. Oleh karena itu dengan adanya backup website anda bisa mengembalikan seperti semula lagi tanpa takut kehilangan data.

4. Menghindari Hacker.

Inilah yang paling dihindari oleh penyedia website. Dengan mengamankan website dengan segala cara, namun masih saja ada yang bisa meretas sebuah website. Dan pada akhirnya mereka melakukan seenaknya dengan website kita.

Maka cara paling cepat untuk mengembalikan website kita dari serangan tersebut adalah dengan menggunakan file backup yang sudah anda buat. Namun, hal ini belum tentu mengamankan website anda dari serangan Hacker lagi.

Sekian pembahasan yang kami sampaikan. Jika ada cara backup wordpress pastinya nanti juga akan ada yang namanya cara restore wordpress karena dua hal itu saling berkaitan satu sama lain untuk saling melengkapi.

Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan anda tentang website dan wordpress, dan kami akan senang jika anda suka dengan pembahasan kami.

Jika ada yang kurang dengan kami, tambah komen dibawah artikel ini. Dan share cerita kamu ke teman-teman kamu ya …

WhatsApp Free Konsultasi