Sebelum mengetahui tentang cara mudah install wordpress, perlu kita sadari bahwa sekarang ini perkembangan dunia website sudah sangat besar. Selain bertambah banyaknya pengguna fasilitas untuk mengakses ke dunia website juga semakin bertambah. Dari sisi website juga tak kalah berkembang, mulai muncul berbagai layanan dan bahasa pemrograman untuk membuat website ikut berkembang pesat.

Akan tetapi dengan banyak munculnya layanan untuk membuat website tadi, wordpress masih menjadi layanan pembuat website yang populer. Selain kemudahan dalam pembuatannya, wordpress juga banyak dibekali plugin-plugin yang sangat memudahkan pengguna untuk lebih memaksimalkan kinerja websitenya.

Namun dengan berbagai kemudahan yang diberikan wordpress dalam membuat website masih saja terdapat pengguna yang kesulitan dalam membuatnya. Nah, untuk itu simak artikel ini agar anda dapat mengetahui cara install atau pasang wordpress dengan baik dan benar.

Cara Install WordPress 5.2.2 di Cpanel Terbaru 2019

Pada artikel kali ini kita akan menginstall wordpress di cpanel. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu cpanel mari simak penjelasannya. Biasanya ketika anda membeli hosting, anda akan diberikan contol panel untuk mengelolah file website anda. Nah cPanel adalah salah satu control panelnya yang berbasis Linux yang paling banyak digunakan di akun web hosting. Melalui panel ini, Anda bisa dengan mudah mengelola semua layanan dalam satu tempat untuk kebutuhan wbesite anda.

Sebelum kita memulai instal wordpress pastikan anda sudah memiliki hosting dan domain. Anda bisa membelinya di penyedia hosting sekaligus dengan paket domainnya. Hal ini gar kedua hal tersebut tidak kesusahan nantinya karena berbeda penyedia.

Pada artikel kali ini kita akan memanfaatkan Softaculous Apps Installer untuk menginstal WordPress. Softaculous adalah fitur tambahan di cPanel yang akan mempermudah anda dalam instalasi berbagai cms (content management system) seperti wordpress, prestashop, drupal dan sebagainya. Dengan ini anda telah diberikan segala kemudahan dalam instalasi cms sebagai contohnya adalah wordpress.

1. Masuk Cpanel

Untuk bisa masuk ke tampilan cpanel, anda bisa lewat melalui akun anda di penyedia hosting. Setelah masuk dashboard, kemudian anda masuk ke menu layanan.

Buat Website Tampilan Dashboard Akun Hosting
Tampilan Dashboard Akun Hosting

Lalu klik pada layanan yang terdapat domain anda.

Buat Website Tampilan Layanan Domain
Tampilan Layanan Domain

Kemudian klik menu Login ke cpanel pada layanan domain anda.

Buat Website Masuk Ke Cpanel
Masuk Ke Cpanel

Dan akhirnya anda sudah masuk ke halaman cpanel anda.

Buat Website Masuk Ke Cpanel
Tampilan Cpanel

2. Masuk ke menu WordPress pada daftar Softaculous Apps Installer

Buat Website Tampilan Softtaculous Apps Installer
Tampilan Softtaculous Apps Installer

3. Mengisi Konfigurasi dari WordPress

Tampilan Overview

Buat Website
Tampilan Awal Install WordPress

Pada saat anda memilih menu wordpress anda akan disajikan dengan tampilan berikut. Kemudian langsung saja klik Install Now.

Tampilan Software Setup

Buat Website Tampilan Software Setup
Tampilan Software Setup

Setelah itu anda akan mengisi konfigurasi dari wordpress. Yang pertama adalah mengisi software setup. Di tahap ini anda akan mengisi tentang versi wordpress dan domain anda. Anda bisa bebas dalam memilih versi wordpressnya, akan tetapi kami menyarankan untuk menginstall wordpress dengan versi terbaru. Karena dengan versi terbaru anda akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti optimasisasi keamanan, optimalisasi fitur, dan berbagai optimalisasi lainnya.

Selain itu, versi yang terbaru juga memungkinkan anda untuk lebih sinkron dengan plugin dan tema yang dipakai. Karena plugin dan tema wordpress dibuat oleh pihak yang lain, maka update fiturnya juga tidak berbarengan.

Kemudian anda akan memilih Protocol pada website anda. Contoh protocol seperti http://www, http://, https://www, https://. Di tahap ini kami menyarankan untuk memakai https://

Kenapa https? HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP yang dilapisi SSL/TLS, sebagai protokol komunikasi data di World Wide Web. Dengan protokol HTTPS memungkinan komunikasi data antara web klien dan web server terenkripsi. Sehingga jalur komunikasi di internet menjadi lebih aman. Akan tetapi pastikan paket hosting anda sudah memiliki layanan untuk enkripsi seperti Let’s Enscrypt ataupun yang lainnya.

Untuk www atau tanpa www, sebenarnya tidak begitu berpengaruh pada fungsinya. Hanya berpengaruh pada tampilannya saja. Dengan memilih tanpa www, doamain anda akan menjadi lebih pendek dan mudah diingan oleh pengguna dimandingkan dengan memakai www.

Selanjutnya pilih Domain anda, pada artikel kali ini, kami menggunakan sub domain yaitu worpress.seoanaksholeh.com.

Untuk in directory merupakan nama awalan dari folder di dalam wordpress anda. Anda bisa membiarkannya kosong.

Tampilan Site Setting

Buat Website Tampilan Site Setting
Tampilan Site Setting

Pada taham ini, anda akan mengisi nama website anda pada Site Name, dan deskripsi website anda di Site Description. Anda bisa langsung mengisinya atau membiarkannya seperti itu saja. Karena nanti kedua hal ini bisa anda ubah lagi di halaman admin website anda.

Untuk WPMU bisa anda kosongi saja, karena WPMU bisa digunakan jika hosting anda sudah support Apache mod_rewrite untuk menggunakan fitur ini.

Tampilan Admin Account

Buat Website Tampilan Admin Account
Tampilan Admin Account

Pada tahap ini, anda akan disuruh untuk mengisi akun untuk login pada halaman admin website anda. Anda bisa sesuka anda untuk mengisi Admin Username. Kemudian untuk Admin Password anda bisa menggunakan kombinasi huruf kecil, kapital, angka, dan tanda baca agar tingkat keamanan dari password lebih kuat. Kemudian anda akan mengisi Admin Email, email ini juga bisa digunakan untuk login halaman admin anda.

Tampilan Tahap Pilih Bahasa dan Plugin

Buat Website Tampilan Bahasa dan Plugin
Tampilan Bahasa dan Plugin

Pada Choose Language anda bisa memilih bahasa inggris atau bahasa lainnya. Pemilihan bahasa ini akan mengubah bahasa pada halaman admin. Akan tetapi anda bisa mengubahnya lagi nanti pada halaman admin di menu Setting.

Kemudian pada tahap Select Plugin(s) anda akan memilih plugins mana saja yang nantinya akan anda gunakan pada website anda. Anda bisa memilihnya dengan mencentangnya ataupun tidak. Karena nanti bisa anda tambahkan lagi atau kurangi lagi pada halaman admin di menu Plugins.

Penjelasan sedikit tentang list plugin di atas:

  • Limit Login Attempts (Loginizer), merupakan plugin untuk mencatat proses login pada website anda. Plugin ini juga bisa membatasi batas kesalahan username atau kesalahan password pada proses login. Sehingga website anda bisa lebih aman. Terlebih lagi pada serangan bruteforce ke website anda. Plugin Loginizer ini berbayar, jadi jangan lewatkan kesempatan ini untuk instal gratis.
  • BoldGrid, merupakan plugin yang memungkinkan anda untuk mengatur tampilan halaman wordpress anda lebih mudah dan bisa diatur sesuai dengan keinginan anda. Oh iya, BoldGrid ini juga plugin berbayar.
  • Classic Editor, merupakan plugin yang mengubah editor wordpress menjadi mode classic. Mode terbaru dan mode classic memang banyak sekali perbedaanya, baik dari segi tampilan maupun segi penggunaan. Untuk pemula memang akan lebih mudah menggunakan Classic Editor, karena tampilannya yang sudah familiar dan mudah digunakan. Plugin ini gratis, sehingga anda bebas menambahkan atau menguranginya nanti.

Tampilan Advanced Option

Buat Website Tampilan Advanced Option
Tampilan Advanced Option

Untuk anda yang masih pemula, anda bisa membiarkan pengaaturan ini apa adanya saja. Tapi akan tetap kami jelaskan.

  • Database Name, memungkinkan anda untuk mengubah nama database yang akan anda gunakan untuk menyimpan data website anda.
  • Table Prefix, memugkinkan pengunaan nama awalan table pada database anda.
  • Dissable Update Notifications Email, memungkinkan nanti anda akan mendapatkan email berupa update wordpress ataukah tidak.
  • Auto Upgrade, memungkinkan untuk mengatur website anda untuk melakukan upgrade otomatis jika ada pembaruan.
  • Auto Upgrade WordPress Plugins, mengatur upgrade otomatis pada saat ada pembaruan plugin.
  • Auto Upgrade WordPress Themes, mengatur upgrade otomatis pada saat ada pembaruan tema.
  • Backup Location, mengatur lokasi backup website anda.
  • Backup Rotation, jumlah backup anda dan akan menghapus backup anda yang paling lama.

Tampilan Tahap Akhir Install WordPress

Buat Website Tampilan Tahap Akhir
Tampilan Tahap Akhir

Pada taham akhir, anda bisa memilih tema wordpress yang tersedia. Tentu anda bisa memilih nya sekarang atau nanti di halaman admin di menu Appearance.

Anda bisa mengisi Email anda pada kolom Email installation details jika anda ingin mendapatkan email berupa salinan dari detail website anda. Ini pilihan saja, anda bisa mengisi atau mengosonginya.

Kemudian jika sudah selesaim Klik Install untuk menyelesaikan proses instalasi wordpress.

Tampilan Proses Instalasi WordPress

Buat Website Tampilan Proses Instalasi WordPress
Tampilan Proses Instalasi WordPress

Tunggu proses instalasi wordpress hingga selesai. Proses ini membutuhkan waktu 2-5 menit.

Tampilan WordPress Berhasil Terinstal

Buat Website Tampilan WordPress Berhasil Terinstal
Tampilan WordPress Berhasil Terinstal

Setelah berhasil anda akan melihat domain website anda dan dimain halaman admin

Tampilan Halaman Website Anda

Buat Website Tampilan Halaman Website
Tampilan Halaman Website

Tampilan Halaman Admin Website Anda

Buat Website Tampilan Halaman Admin
Tampilan Halaman Admin

Nah mudah kan cara instal wordpress di Cpanel. Selanjutnya anda tiggal atur lagi agar lebih lengkap.

Jika anda kebingungan atau ingin bantuan dalam pembuatan website, anda bisa menggunakan jasa seo murah untuk memudahkan anda membuat website. Tidak hanya menyediakan layanan pembuatan website tetapi juga menyediakan layanan untuk seo (Search Engine Optimizer) agar website anda berada di halaman satu pada mesin pencarian google.

Semoga bermanfaat untuk anda, Terima kasih.