Pada artikel kali ini akan ada berhubungan dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang cara backup wordpress, bagi yang belum membaca bisa membuka link berikut cara backup wordpress. Jika ada backup, maka ada pula restore yang berfungsi untuk mengembalikan hasil dari backup. Maka sudah pasti kali ini kita akan membahas tentang cara restore wordpress.

Kata restore berasal dari bahasa inggris yang berarti mengembalikan. Maka, sesuai dengan arti katanya, restore adalah mengambalikan sebuah data atau file ke tempat semula. Dalam hal ini adalah website wordpress yang bisa kita kemlakikan datanya ke tempat semula agar sebuah kesalahan atau error yang terjadi bisa langsung diatasi.

Pada artikel kali ini akan melanjutkan proses backup wordpress pada artikel sebelumnya, yang pada akhirnya kita mendapatkan 2 file hasil backup, yaitu file website dan file database. Sebenarnya cara ini akan mirip dengan cara instal wordpress manual seperti yang ada pada artikel terdahulu.

Oke kita langsung saja memulai praktek untuk cara restore wordpress.

Cara Restore WordPress

Langlah pertama yang perlu anda siapkan adalah file website dan file database yang sudah anda daptkan pada artikel sebelumnya. Kemudian kita akan mengembalikan file websitenya terlebih dahulu .

Restore File Website

Untuk melakukan restore file website buka cPanel website anda. Kemudian pilih menu File Manager untuk mengembalikan filenya.

Cara Hosting Website File Manager
File Manager

Kamudian sama seperti saat melakukan backup, masuk ke direktori public_html dimana file website berada.

Cara Hosting Website Pilih public_html
Pilih public_html

Lalu klik Upload untuk mengunggah file website nya.

Cara Restore Website Upload File
Upload File di File Manager

Pilih file webistenya dan tunggu proses upload selesai.

Cara Restore Website Proses Upload
Proses Upload

Setelah selesai melakukan proses upload, ekstrak file compressnya dengan cara klik kanan kemudian pilih Extract.

Cara Restore Website Extract
Klik Kanan Extract

Restore File Database

Setelah selesai mengunggah file website, langkah selanjutnya adalah mengunggah file database yang nantinya akan kita meng import ke phpMyAdmin.

Kembali lagi ke halaman cPanel, kemudian pilih menu phpMyAdmin

Cara Hosting Website
Pilih phpMyAdmin

Pilih database yang digunakan oleh website anda. Jika anda tidak mengetahuinya, anda bisa melihatnya di file wp-config.php. Setelah itu klik menu import untuk mengunggah file database.

Pilih file databasenya kemudian pilih Go.

Kemudian selesai sudah proses restore wordpress manual. Setelah itu anda bisa mengeceknya di websitenya langsung.

Selesai sudah artikel ini. Semoga ulasan kami bisa menambah wawsan anda. Sampai Jumpa.

Tapi Eits…

Artikel kami belum selesai .

Sesuai dengan judulnya, kita juga akan melakukan backup dan restore website dengan cara yang lebih mudah hanya tinggal klik ini dan itu saja.

Memangnya ada? Tentu saja ada, bahkan di artikel cara backup wordpress sudah saya sampaikan bahwa ada cara yang lebih mudah untuk melakukan backup restore website.

Memakai Backup Wizard

Backup dengan Backup Wizard

Untuk melakukannya anda harus kembali ha halaman cPanel websote anda dan kemudian masuk ke menu Backup Wizard.

Cara Restore WordPress
Backup Wizard
Klik BackUp

Kemudian pilih Full Backup.

Full Backup

Lalu klik Generate Backup

Generate Backup

Lama proses yang berjalan tergantung pada seberapa besar banyak file yang ada pada website anda. Jadi tidak menentu lama prosesnya berjalan. Setelah menunggu beberapa saat, anda akan melihat Backup Available for Download.

Backup Wizard Available
Available

Download lah file backup tersebut dan simpan di media penyimpanan komputer anda.

Restore dengan Backup Wizard

Nah untuk melakukan restore, anda harus kembali masuk ke menu Backup Wizard, kemudian pilih Restore.

Backup Wizard
Restore

Setelah itu pilih Home Directory untuk melakukan backup.

Home Directory

Kemudian pilih filenya dan klik Upload.

Klik Upload

Lalu proses restore pun berjalan, tunggu hingga prosesnya selesai.

Dan selamat anda sudah melakukan proses backup dan restore melalui Backup Wizard, mudah bukan?

Perbandingan Manual Dengan Backup Wizard

Manual

Cara manual memang bisa dibilang ribet dan perlu kesana kemari untuk melakukan prosesnya. Akan tetapi dengan begitu anda bisa tahu tentang alur berjalannya bagaimana proses backup dan restore. Dan tentunya akan menambah wawasan anda dalam dunia website dan bagaimana cara lain untuk mengaplikasikan file manager dan database.

Meskipun begitu anda persentase keberhasilan dan kegagalan proses manual tidak menentu. Karena terkadang berhasil dan terkadang tidak berhasil. Karena file website nya yang bisa saja menunggu sinkronasi dengan websitenya terganggu bahkan bisa gagal.

Selain itu, pada database juga terkadang bisa terjadi kegagalan. Karena kesalahan pengaturan user dan password yang kadang bisa saja terjadi perbedaan.

Akan tetapi jika sebelumnya tidak ada kendala, maka proses manual akan berjalan dengan baik hingga sampai akhir pengaturan websitenya.

Backup Wizard

Caranya mudah hanya tinggal masuk ke menunya kemudian pilih menu apa dan kemudian tinggal klik klik lagi. Dan cara restorenya juga mudah, tinggal pilih ke bagian restore kemudan klik ini dan klik itu, maka prosesnya akan selesai.

Proses ini bisa dibilang mudah, karena seorang pemula saja bisa langsung melakukannya. Dan dengan cara ini anda juga melakukan 3 mode, bisa full, bisa home saja, bisa database saja atau bahkan bisa data email saja.

Dengan begitu anda bisa melakukan backup sesuai dengan kebutuhan anda tanpa mengeluarkan banyak resource atau sumber. Dan anda juga bisa melakukannya berulangkali dengan praktis dan cepat.

Persentasi keberhasilan dari cara ini tinggi karena sudah ada program yang bisa mendeteksi dari file yang kita unggah. Sehingga akan diatur secara otomatis untuk bisa dilakukan pengecekan.

Apakah ada kekurangan? Ada tentunya, kekurangannya adalah anda tidak bisa melakukan backup untuk website di subdomain. Anda hanya bisa melakukan backup full atau hanya di home direktori saja, yang artinya anda hanya bisa melakukan backup semua data website atau hanya di web utama saja, dan tidak bisa melakukannya untuk sub domain.

Dan misalkan terpaksa melakukannya dengan mode full, maka akan file yang di download akan berukuran banyak atau besar. Dan hal itu bisa mengganggu proses Duwnload dan Upload filenya.

Itu lah beberapa perbandinya yang bisa saya sampaikan dari proses manual dan dengan menggunakan Backup Wizard.

Untuk anda yang masih khawatir anda bisa menggunakan jasa seo jogja untuk membantu anda mengatur dan merawat website anda. Dan tidak perlu khawatir, kami sudah memiliki banyak pengalaman dari banyak website klien yang sudah kami tangani. Jadi sika anda ragu untuk melakukannya sendiri, anda bisa meminta bantuan kami.

Namun selain merawat website, kami juga memiliki layanan untuk optimasi website juga, hingga akhirnya nanti website anda bisa muncul di halaman awal di pencarian google. Sehingga bisa meningkatkan pengunjung wesite anda.

Nah inilah akhir dari pembahasan kita tentang cara restore wordpress dan beberapa hal mengenai backup wizard. Akan tetapi selain dua cara yang saya jelaskan, tentu masih banyak cara yang bisa anda pakai untuk melakukan proses backup.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir ini, semoga membantu dan menambah wawasan anda tentang website. Sampai Jumpa.

WhatsApp Free Konsultasi