Pada artikel sebelumnya yang berjudul plugin wajib wordpress, kami menyebutkan mengenai yoast seo adalah sebagai plugin untuk menyesuaikan halaman website anda sesuai dengan standar SEO. Dan pada kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu yoast seo dan cara setting nya.

Pentingnya SEO

Sebelum membahas apa itu yoast seo, kalian harus memahami terlebih dahulu tentang apa itu seo dan apa pentingnya seo. Mungkin hanya sedikit yang akan kami bahas pada artikel kali ini mengenai seo, namun bisa anda dapatkan pada artikel seo di website ini.

SEO atau Search Engine Optimization, adalah mengoptimasi website anda dengan menggunakan beberapa teknik untuk mendapat peringkat yang baik pada hasil mesin pencarian. Mesin pencarian itu seperti Google, Bing, Yahoo, dll.

Dengan mendapatkan peringkat tinggi pada hasil mesin pencarian, anda bisa memiliki potensi tinggi untuk menaikkan trafik organik pengunjung website anda.

Trafik ini sangat penting bagi pemilik website, terlebih lagi website yang digunakan untuk keperluan memasarkan bisnis, pasti sangat membutuhkan pengunjung yang banya untuk meningkatkan potensi berjalannya bisnis.

Apa Itu Yoast SEO

Oke, setelah sedikit membahas tentang seo, maka kita akan melanjutkan pembahasan tentang apa itu yoast seo.

Yoast SEO mulai muncul pada tahun 2008. Sejak saat itu, yoast seo sudah membantu jutaan situs website di seluruh dunia untuk meningkatkan peringkat yang lebih tinggi pada hasil mesin pencarian.

Dengan misi nya Yoast for every one, mereka ingin memberikan semua orang untul memiliki kesempatan untuk mendapatkan rangking di mesin pencari. Kantor Yoast berlokasi di Wijchen, Belanda. Dan mereka memiliki kolega dan pengguna di seluruh dunia.

Mereka percaya pada open source, dimana para komunitas akan saling membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan yoast untuk lebih meningkatkan kinerja yoast.

Pengguna aktif yoast terhitung sebesar 5 juta lebih pengguna aktif, itu yang ditampilkan pada halaman wordpress. Anda bisa memeriksanya sendiri dengan melakukan pencarian plugin dengan kata kunci “seo”, kalian akan mendapatkan hasil bahwa yoast seo pada peringkat satu, dan terlihat jumlah website yang aktif memasangnya.

Cara Install Yoast SEO

Oke, setelah tahu sedikit tentang Yoast seo, sekarang kita akan membahas tentang cara install atau pemasangan yoast seo.

Anda bisa memasangnya dengan masuk ke halaman admin website anda, kemudian masuk ke Plugin Add New.

Cara Setting Yoast SEO
Add New Plugin

Kemudian mengetikkan kata kunci “seo” pada form pencariannya.

Cara Setting Yoast SEO Install Yoast SEO
Install Yoast SEO

Kemudian klik install dan aktifkan plugin tersebut.

Anda juga bisa menginstallnya dengan mengunduh terlebih dahulu file zipnya di halaman plugin wordpress, kemudian memasangnya dengan manual.

Cara Setting Yoast SEO

Setelah plugin terpasang dan diaktifkan, langkah selanjutnya adalah melakukan setting pada plugin tersebut agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Untuk melakukan setting yoast anda bisa masuk ke menu SEO yang memikili icon logo yoast.

Cara Setting Yoast SEO
Cara Setting Yoast SEO

Kalian akan diarahkan ke halaman pengaturan umum atau general pada yoast. Pada halaman dashboard, anda bisa meilihat apa saja masalah dan pemberihatuan yang diberikan oleh yoast.

Tab Features

Cara Setting Yoast SEO Features
Features Yoast SEO

Pada halaman ini anda bisa mengatur apa saja fitur yoast yang akan anda pakai. Berikut akan kami jelaskan sedikit tentang fitur-fiturnya.

SEO analysis

Ini adalah fitur yang paling penting yang ada pada plugin yoast seo, fitur ini memungkinkan anda bisa melihat apakah halaman atau pstingan yang anda buat sudah sesuai dengan aturan SEO ataukah belum. Dan fitur ini juga menyediakan saran untuk anda agar bisa sesuai dengan aturan SEO.

Wajib sekali untuk mengaktifkan fitur ini untuk optimasi website anda.

Readability analysis

Fitur ini fokus pada struktur tulisan yang ada pada halaman atau postingan anda agar nyaman dibaca oleh pengunjung. Namun fitur ini tidak mempengaruhi SEO dari website itu sendiri, karena hanya memudah proses baca pengujung.

Cornerstone content

Fitur ini memungkinkan anda untuk menandai dan menfilter konten dari website anda.

Text link counter

Fitur ini membantu anda untuk mengimprovisasi struktur link pada website anda. Link url bisa membantu website anda untuk meningkatkan rangking di mesin pencarian. Namun Terlalu banyak atau tidak ada sama sekali bisa membuat website anda tidak bagus juga.

Maka fitur ini juga penting untuk anda aktifkan untuk bisa mengatur berapa banyak link yang ke eksternal website dan berapa banyak link yang ke internal website.

XML sitemaps

Fitur ini memungkinkan untuk yoast ikut andil dalam membuat ataupun mengatur isi dari XML sitemaps. XML Sitemaps sangat membantu SEO, anda bisa memasukkan ke Google Web Master untuk membantu proses SEO dari website anda. Anda mesti mengaktikan fitur ini.

Ryte integration

Fitur ini memungkinkan untuk mengecek secara mingguan apakah website anda tetap terindeks di pencarian google ataukan tidak. Dan nantinya akan mengirimkan pemberitahuan ke anda jika ada masalah dalam hal tersebut.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini untuk menjaga keberadaan website anda di pencarian google.

Admin bar menu

Fitur ini memungkinkan untuk memunculkan menu yoast di saat anda sedang mengakses halaman atau postingan. Anda bisa meng aktifkan menonaktifkan fitur ini, karena tidak mempengaruhi proses SEO.

Tab Webmaster Tools

Cara Setting Yoast SEO Webmaster
Tab Webmaster

Tab ini berisi kode verifikasi dari beberapa Mesin Pencarian, yang bisa anda isi untuk memunculkan website anda pada mesin pencarian tersebut.

Diantara mesin pencariannya adalah Baidu, Bing, Google, dan Yandex. Dan di tab ini sudah disediakan link untuk mendapatkan kode verifikasi tersebut sehingga anda tidak usah mencarinya lagi di mesin pencarian.

Webmaster bisa mempercepat terindeksnya website adan pada mesin pencarian, jadi anda musti mengisi kode tersebut untuk meningkatkan peringkat website anda.

Mungkin itu saja yang bisa kami ulas mengenai cara setting yoast seo. Meskipun sebenarnya masih banyak pengaturan yang bisa anda gunakan pada yoast, namun setting yang di atas adalah settingan yang penting, yang lainnya hanya pengaturan untuk tampilan dan yoast seo.

Seperti pengaturan akun media sosial yang anda pakai untuk membantu berjalannya website. Namun media sosial sebenarnya tidak membantu meningkatkan rangking dari seo, namun media sosial bisa membantu untuk meningkatkan trafik pengunjung ke website anda.

Jadi, selain cara setting yoast seo di atas maka hanya optional saja, bisa anda atur sendiri sesuai dengan kebutuhan anda terkait website anda. Untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak anda bisa memakai yang versi pro.

Pada versi yang pro atau premium anda bisa menambahkan keyphrase lebih dari satu kalimat, sehingga meningkatkan optimasi dari halaman atau postingan yang anda buat pada website anda.

Sekian ulasan dari kami, semoga bisa menambah wawasan anda terkait wordpress dan plugin yoast seo nya. Terima kasih.