Website merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi prioritas untuk perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Seiring dengan berjalannya waktu, manfaat website bagi perusahaan tidak hanya digunakan sebagai media informasi saja, namun juga sebagai media untuk mendekatkan perusahaan dengan customer.

Bagi startup yang ada Indonesia, website digunakan sebagai media aplikasi, promosi, dan kegiatan lain yang bisa dilakukan.

Bicara soal para pelaku UKM dan pemula, saat ini sudah semakin banyak pengusaha yang melek internet. Bahkan, sudah banyak pemilik usaha yang bisa membuat website sendiri dan memiliki tim untuk mengelola website bisnisnya.

Beberapa tahun lalu, masih banyak pemilik UKM yang berpikir bahwa memiliki website bagi bisnisnya itu belum begitu penting. Sebab, masih berpikir kalau membuat website itu mahal dan belum masuk ke dalam anggaran usahanya.

Ada juga yang beralasan karena usahanya tidak menggunakan komputer, maka website belum dibutuhkan. Tentu ini merupakan kesalahpahaman.

Manfaat Website Bagi Perusahaan

Ilustrasi Manfaat Website Bagi Perusahaan
Ilustrasi Manfaat Website Bagi Perusahaan, Sumber : anoanetwork.co.id

Dengan tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa atau produk yang diberikan.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website.

Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih apa adanya, ada baiknya Anda desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga akan memberikan tingkat kepercayaan yang lebih besar pada bisnis Anda.

Untuk bisnis rumahan, ini sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa.

2. Menampilkan Profil Perusahaan

Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran.

Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi partner perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan partner.

3. Menjadi Sarana Pemasaran

Ilustrasi Perencanaan Pemasaran
Ilustrasi Perencanaan Pemasaran, Sumber : curatti.com

Jika Anda punya produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia internet. Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.

Dalam proses pemasaran, mungkin Anda melakukan iklan di koran, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.

Dalam website, Anda dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika perusahaan Anda memiliki website maka Anda hanya perlu meninggalkan alamat website di dalam koran, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Meningkatkan Kualitas Layanan

Dalam website, Anda dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa. Anda dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support.

Dengan demikian, pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya. Pelanggan dapat mencari sendiri mengenai jawaban atas keluhannya atau mengisi form support jika gagal menemukan. Setelah form support lengkap diisi, team support akan menerima keluhan pelanggan dan menindaklanjuti.

5. Memudahkan Update Informasi

Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya sangat jauh.

Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.

6. Memperluas Market

Ilustrasi Promosi
Ilustrasi Promosi, Sumber : ngulikbisnis.com

Perusahaan dapat memperluas market dengan mempunyai website. Misalnya saja usaha offline yang selama ini hanya menjangkau market yang ada di suatu wilayah, dengan memanfaatkan website menggunakan internet, perusahaan dapat menjangkau market ke seluruh wilayah bahkan luar negeri.

Dengan mempunyai sebuah website, maka produk yang ditawarkan akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat bahkan hingga ke mancanegara. Beberapa produk yang dapat ditawarkan melalui website dapat berupa barang atau jasa. Promosi yang dilakukan secara online tentu akan meningkatkan penjualan perusahaan.

Itulah beberapa manfaat website bagi perusahaan, sehingga sangat jelas dan pasti bahwa suatu perusahaan atau usaha di era millennial saat ini sangat membutuhkan website sebagai medianya. Cara membuat website sangatlah mudah, Anda cukup menyerahkan semua pembuatan website kepada ahlinya. Salah satu perusahaan jasa pembuatan website yang ada di Jogja dan telah menangani berbagai proyek yang ada di Indonesia adalah SEO Anak Sholeh.

SEO Anak Sholeh merupakan salah satu Jasa SEO Jogja yang melayani digital marketing atau pemasaran internet yang fokus pada “Jasa SEO”, kami hanya melayani untuk produk yang syar’i dengan layanan yang prima, profesional dan amanah untuk cakupan usaha di seluruh Indonesia.