Jika membangun website, anda tentu tidak hanya terpaku pada penggunaan server hosting yang mahal ketika menginginkan website yang hebat. Namun banyak faktor yang harus dipenuhi. Selain meningkatkan UX website, konten yang bagus, penggunaan backlink, tidak lupa juga pembangunan struktur website yang benar-benar mantap.

Semua faktor tersebut memang berkaitan antara satu dengan yang lain, artinya anda tidak bisa mengunggulkan konten yang relevan namun meninggalkan UI dan UX, atau bisa dibilang meninggalkan salah satu faktor dan memaksimalkan faktor lainnya. Ini tidak boleh terjadi. Semua faktor penentu tersebut harus bekerja beriringan.

Apa Yang di Maksud Struktur Website ?

Struktur Website
Strutur website perlu dirancang sebelumnya. Sumber Unsplash

Pengeertian struktur website sebenarnya mengacu pada bagaimana berbagai halaman situs web saling terkait ketika disajikan. Struktur website ini sangat penting karena memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs web anda dengan mulus. Selain itu struktur website yang benar mampu menjadikan Google mudah untuk marayapi setiap halaman, dan hal ini tentu berpengaruh pada peringkat website di mesin telusur.

Jenis Struktur Website

Ada banyak jenis struktur website yang dikenal :

1. Struktur situs mendatar

Struktur situs website mendatar dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna dan mesin telusur dapat menavigasi situs web anda hanya dengan beberapa klik dari beranda.

2. Struktur situs mendalam

Jenis struktur website yang membutuhkan waktu lebih lama bagi pengguna dan mesin telusur untuk menemukan informasi spesifik di situs web anda. Namun, penggunaan struktur ini memungkinkan anda membuat halaman khusus untuk topik tertentu yang lebih spesifik.

3. Struktur website hierarki

Struktur model ini mirip dengan pohon yang memiliki batang. Beranda akan menjadi batang utama, dan semua kategori dan halaman yang berbeda akan menjadi cabangnya.

4. Struktur model sekuensial

Struktur website seperti ini cenderung mengarahkan pengguna melalui proses langkah demi langkah. Desain struktur website memungkinkan untuk membawa pengunjung mengunjungi bagian website yang paling dalam dengan ‘pancingan’ dari halaman website sebelumnya.

5. Struktur model matriks

Struktur seperti ini dianggap sebagai struktur website tertua di internet. Struktur ini memberi pengguna opsi untuk memilih ke mana mereka ingin pergi. Pengguna menggunakan navigasi melalui tautan internal atau bilah pencarian. Salah satu contohnya adalah laman Wikipedia.

6. Struktur model database

Untuk membuat struktur situs web seperti ini, anda harus mempertimbangkan metadata setiap halaman, mematuhi arsitektur informasi yang kuat, dan merupakan praktik terbaik dari sistem taksonomi.

Struktur Website
Struktur website berkaitan dengan SEO. Sumber Unsplash

Pentingnya Struktur Website

Penggunaan struktur website yang benar akan sangat penting bagi keberlangsungan website anda di mesin pencarian. Selain itu dari sisi pengguna juga sangat berpengaruh. Inilah penjelasannya.

1. Keperluan Optimisasi Mesin Pencari

Salah satu teknk SEO yang sangat penting adalah dengan menggunakan struktur website yang tepat. Di masa lampau, mesin telusur mencoba memberikan hasil berdasarkan kepadatan kata kunci, sinyal HTML sederhana, dan panjang konten. Tetapi cara tersebut dinilai tidak sempurna, bahkan praktisi SEO dengan mudah ‘mengakali’nya.

Pada tahun 1996, BackRub  menganalisis tautan balik dan memberikan nilai ke setiap halaman. Algoritme ini, yang kemudian dikenal sebagai PageRank,  adalah katalisator untuk Google dan masih menjadi bagian besar dari algoritme raksasa mesin pencari.

Berbicara tautan balik atau backlink, maka tidak akan lepas pada salah satu tipe backlink berkualitas yakni internal backlink. Struktur web yang benar akan membantu web crawler untuk mengakses dan menemukan hubungan antarkonten yang anda buat. Dari situ, web crawler akan lebih mudah untuk mengindeks konten anda di mesin pencari.

2. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Struktur situs web yang baik juga berarti pengalaman pengguna yang baik . Jika navigasi situs mudah di pahami maka orang lebih mudah menemukan apa yang mereka cari. Mereka tidak hanya akan menghabiskan lebih banyak waktu di situs web anda yang bermanfaat, tetapi mereka bahkan mungkin merekomendasikannya kepada orang lain. Apalagi integrasi UX dan SEO anda berjalan baik. Website anda akan luar biasa.

Langkah Membangun Struktur Website

Sekarang setelah Anda mengetahui mengapa  struktur situs web itu penting, mari kembali ke caranya .

1. Rencanakan Dari Awal

Waktu terbaik untuk menentukan struktur situs web anda adalah sebelum anda mulai mendesainnya. Anda hanya perlu membuat semacam bagan di papan tulis atau kertas coretan, dan mulailah menuliskan bagaimana anda ingin mengatur situs anda. Pastikan anda menempatkan posisi setiap halaman yang anda buat seperti halaman kontak, tentang kami, visi-misi dan sebagainya.

2. Buat Menu yang Simetri

Jika anda sudah terlanjur membangun sebuah situs website dan anda berencana merombak agar struktur website menjadi bagus, maka anda tidak perlu merombak dari awal. Anda bisa membuat susunan menu yang simetri. Jika struktur anda tidak simetri maka sebaiknya harus diatur ulang.

Jangan hanya meletakkan banyak sub menu pada salah satu menu dan membiarkan menu yang lainnya kosong atau sepi. Hal ini menjadikan menu tidak seimbang, dan pengguna menyukai sesuatu yang seimbang atau simetris.

3. Perhatikan Page Slugs

Pastikan anda memperhatikan ujung ekor URL untuk halaman atau postingan. Misalnya, di URL websiteku.com/tentang-kami, maka ‘tentang-kami’ adalah slug. Slug menjadi lebih panjang tergantung pada seberapa banyak informasi yang ingin anda masukkan ke dalam URL.

Sebagai contoh, ‘websiteku/tentang-kami/visi-misi’. Url tersebut memiliki slug yang lebih panjang untuk menunjukkan bahwa ada halaman yang lebih jauh ke bawah dalam struktur situs. Untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang baik, semua harus singkat, dan mirip satu sama lain.

4. Permudah Navigasi

Menu yag paling umum pada sebuah website biasanya ada pada bagian atas dengan menu horizontal. Menu dengan lokasi yang mudah dijangkau tentu menjadikan pengguna terasa nyaman. Jika anda menggunakan ACMS WordPress, membuat menu semudah memilih jenis item menu yang ingin anda tambahkan, anda tinggal mengklik tombol save & publish .

5. Jaga Tetap Simpel

Jangan sampai anda membuat struktur situs anda berlebihan. Terkadang anda akan mengalami kesulitan untuk membuat struktur situs termasuk menu menjadi sederhana, tetapi ada alasan mengapa tata letak satu halaman menjadi penting.

Struktur Website
Struktru website haruslah simpel.Sumber UNsplash

Pilih tidak lebih dari enam item di menu utama. Tentu saja anda tidak ingin hal-hal penting terkubur jauh di dalam situs di mana tidak ada yang akan menemukannya. Dan pastikan setiap halaman tertaut ke setiap halaman lain. Struktur website terkadang menjadikan anda kehilangan banyak waktu untuk menyusunnya agar menjadi baik, tetapi sebenarnya ada banyak hal di dalamnya, dan mudah untuk membuatnya menjadi simpel dengan perencanaan yang matang.

Penutup

Struktur situs website adalah hal yang penting di perhatikan ketika anda membangun sebuah website, bahkan hal ini harus diletakkan di urutan terdepan dalam sebuah proyek. Dengan perencanaan yang matang dan riset yang sempurna, anda tidak akan mengalami banyak kendala untuk membangun struktur website. Jika ada kendala, anda bisa menghubungi SEO Anak Sholeh yang akan membantu anda dalam menciptakan website dengan struktur yang kuat.