Bagi Anda yang ingin membuat blog dan bingung memilih antara blogspot atau wordpress, tidak ada salahnya untuk mencari berbagai informasi terlebih dahulu. Banyak halaman website yang mengulas informasi menarik tentang perbedaan antara memilih blogspot atau WordPress untuk Anda baca. Semuanya memuat informasi yang bermanfaat bergantung pada sudut pandang masing-masing.

Dalam dunia optimasi website, tentu saja antara blogspot atau WordPress bukanlah menjadi hal yang utama. Yang penting pada setiap halaman baik blog maupun website dapat memenuhi kriteria sehingga dapat teroptimasi dan berada di halaman satu menurut target kata kuncinya.

Di samping itu, blogspot dan wordpress.com adalah situs yang lebih kepada situs pribadi tempat mencurahkan segala hal yang Anda sukai. Berbeda dengan website yang memiliki tujuan komersial seperti website untuk bisnis, digital marketing dan tujuan lainnya. Anda perlu mengetahui segala hal karena berkaitan dengan untuk rugi.

Blogspot dan wordpress.com adalah blog pribadi yang biasanya digunakan untuk menyalurkan hobi, berekspresi, curhat, menyimpan berbagai memori hidup dan hal yang bersifat pribadi lainnya. Situs ini ibaratnya seperti akun pribadi media sosial. Meskipun begitu, blog juga bisa bermanfaat untuk networking saat melakukan optimasi website.

Sejarah Blog

Blogger, sumber : Asaljeplak.com
Blogger, sumber : Asaljeplak.com

Blog pertama yang ada dalam sejarah muncul pada tahun 1994 yang dibuat oleh Justin Hall. Awalnya, blog ini merupakan sebuah halaman diary pribadi di internet. Justin Hall adalah seorang “Internet Based Journalist” yang menulis berbagai hal di halaman pribadi milinya tersebut.

Pada tahun 1997, John Barger seorang programmer yang juga mengelola website menciptakan istilah “weblog” yang merupakan singkatan dari “logging the web” untuk mendefinisikan aktvitas untuk masuk halaman admin sebuah blog. Istilah ini dipakai untuk memudahkan penyebutan oleh para pemilik blog.

Pada tahun 1998, Peter Merholz yaitu seorang penulis yang termasuk juga pengguna media ini, menyebutkan istilahnya dengan wee-blog. Ini merupakan sebutan baru dari weblog, hingga akhirnya lebih disingkat lagi menjadi blog.

Untuk media blog seperti blogger.com baru muncul pada tahun 1999 dari sebuah perusahaan bernama Pyra Labs. Saat itu blogger.com belum mendapat saingannya yaitu wordpress.com. Pada tahun 2003, blogger.com dibeli oleh google. Sehingga berbagai fitur yang awalnya berbayar menjadi gratis untuk digunakan setiap pemilik akun blogger.com.

Sejarah WordPress

WordPress baru muncul pada tahun 2003 dari dua orang developer bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Mereka membangun media ini sebagai media publishing untuk keperluan mereka. Pada tahun 2004 kedua developer ini mengeluarkan WordPress versi pertama.

Pada awal keberadaannya yaitu versi pertama, WordPress masih berbentuk sederhana. Media ini terus dikembangkan hingga saat ini dikenal wordpress.com dan wordpress.org. Media ini adalah open source dimana siapapun yang memiliki kemampuan bisa mengakses untuk berkontribusi didalamnya. Apa saja sih kelebihannya?

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org Maintenance
WordPress

Pilih Blogspot atau WordPress?

Sebelum memilih, tentu saja pengguna harus terlebih dahulu mengidentifikasi kebutuhannya. Karena bisa saja, meskipun yang satu dapat memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan yang lain, namun oleh karena kelebihan tersebut tidak dibutuhkan maka menjadi sia-sia.

Masalah pilihan diantara keduanya, diperlukan informasi lebih lanjut terkait kelebihan, kekurangan, fitur, manfaat dan lainnya. Informasi ini yang akan digunakan oleh pengguna kedua media yang akan memilih mana yang sesuai untuk kebutuhan mereka.Berikut beberapa informasinya terkait beberapa spesifikasi kedua media.

1. Kepemilikan

Kedua media, baik blogspot maupun wordpress.com tidak menjadi milik pengguna melainkan milik blogger dan WordPress. Selayaknya media sosial seperti facebook dan yang sejenisnya, pengguna harus membuat akun dan dapat menggunakannya sesuai dengan fitur kegunaan yang ada. Pemilik yang sebenarnya yaitu perusahaan menerapkan aturan tertentu terkait dengan pengembangan dan aturan pakai.

2. Modal Biaya

Untuk menggunakan kedua media ini, pada dasarnya tidak dibutuhkan biaya apapun. Hanya saja, Anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Melainkan menggunakan subdomain seperti bloganda.blogspot.com dan bloganda.wordpress.com. Namun tersedia layanan apabila ingin membuat domain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk blogspot, Anda dapat membayar $10 US dan Anda bisa mengatur agar domain menjadi sesuai keinginan Anda seperti infojogja.com. Sedangkan untuk WordPress, jika ingin memiliki domain sendiri Anda juga perlu membayar dengan harga yang sama namun beralih ke wordpress.org.

Jika beralih menggunakan wordpress.org, maka Anda memiliki secara penuh sebagai website yang manfaatnya bisa menjadi lebih luas dari hanya sekedar blog. Namun Anda harus mencari hosting sendiri termasuk mengelola website secara pribadi. Untuk menggunakan jasa hosting, Anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan. Termasuk jasa optimasi website apabila dibutuhkan, maka Anda perlu membayar biaya tertentu.

3. Pengelolaan

Anda bisa melakukan kustomisasi pada blog Anda baik menggunakan blogspot ataupun wordpress. Anda bisa mengubah tampilan blog dan menggunakan template gratis yang tersedia. Namun, Anda tidak bisa menggunakan plugin apapun. Plugin hanya bisa digunakan untuk website seperti yang diberikan oleh wordpress.org.

Blogspot vs WordPress, sumber : Langit Amaravati
Blogspot vs WordPress, sumber : Langit Amaravati

Untuk aktivitas pengelolaan lainnya seperti memasang iklan, jika menggunakan wordpress.com, maka Anda tidak dapat memasang iklan apapun. Malah Anda harus menerima iklan yang milik WordPress yang muncul pada blog Anda tanpa mendapatkan feedback.

Sedangkan untuk blogspot tedapat sedikit kelebihan. Karena telah menjadi milik google, maka beberapa fitur google dapat masuk seperti adsense. Jadi, apabila blog Anda di blogspot.com memiliki traffic yang tinggi dan pengunjung yang banyak, Anda berpeluang mendapatkan keuntungan dari para pemilik iklan yang melakukan penawaran kepada Anda.

Yang terakhir dari sisi pengelolaan adalah kapasitas penyimpanan data. Untuk wordpress.com, kapasitas penyimpanan datanya hanya sebesar 3 GB. Jika ingin memperbesar kapasitasnya, Anda perlu beralih ke layanan berbayar.

Sedangkan blogspot.com memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi yaitu 15 GB. Sedangkan untuk penyimpanan gambar kapasitasnya tidak terbatas. Jika ingin lebih memperbesar kapasitas penyimpanannya Anda dapat membayar biaya per bulannya.

4. Keamanan

Kedua media blog sama-sama memiliki pengamanan yang baik. Sehingga blog Anda akan aman dari berbagai gangguan salah satunya adalah pembajakan. Untuk blogspot yang dikelola oleh google, maka keamanannya tetap akan terjaga. Sedangkan WordPress sistem keamanannya terjaga oleh karena script yang terus diperbaharui.

Keduanya memiliki pengelolaan langsung oleh developer masing-masing sehingga terdapat aturan saat menggunakannya. Untuk alasan keamanan, mereka sewaktu-waktu bisa menghapus blog Anda. Karena dari sisi kepemilikan blog, Anda hanya sebagai pengguna melalui akun yang dibuat.

Itu dia berbagai informasi terkait blogspot dan WordPress. Lantas mana yang akan Anda pilih? Semuanya tergantung kebutuhan Anda. Setelah melihat kegunaan, fitur, kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jadi, menentukan kebutuhan akan blog adalah hal yang harus ditentukan sejak awal.

Demikian artikel ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda ya! Simak ulasan menarik lain terkait jasa SEO, pembuatan website dan informasi lainnya di halaman seoanaksholeh.com.

WhatsApp Free Konsultasi