Ketika seseorang yang belum pernah mengetahui dunia website kemudian memesan sebuah website mungkin akan terkejut  dengan harganya. Tampilan halaman web sederhana dengan kata-kata, grafik, dan tombol mungkin tampak seperti proyek sederhana, tetapi perusahaan atau perorangan sering kali terkejut ketika mengetahui biaya pembuatan website sebenarnya.

Besarnya biaya website sebenarnya bisa ditekan dengan berbagai trik. Namun anda harus meluangkan waktu untuk melakukannya. Namnn untuk pengerjaan proyek SEO besarnya biaya tersebut berkaitan dengan kata kunci yang anda gunakan, artinya ini berpengaruh dengan hasil di SERP dengan pencarian organik dan juga tingkat kesulitan kata kunci yang anda pilih.

Biaya Pembuatan Website Untuk Apa Saja ?

Biaya Pembuatan Website
Biaya pembuatan website bisa dihemat. Sumber Unsplash

Biasanya dalam pengerjaan website, dan anda mempercayakan kepada perusahaan web developer, maka biaya terbesar yang dikeluarkan adalah penggunaan sebagian besar waktu mereka untuk menangani website anda. Halaman web yang selalu direvisi, membutuhkan banyak waktu untuk pengerjaannya. Namun biaya ini hanya dikeluarkan sekali selama anda tidak merubah desainnya di kemudian hari.

Untuk selanjutnya adalah biaya dalam pengadaan domain. Biaya tersebut dipengaruhi dengan tipe domain yang anda pilih. Domain dengan ekstensi .com atau .net yang merupakan domain yang umum digunakan memiliki harga lebih rendah daripada domain dengan ekstensi lain seperti .co.id atai .id.

Utuk menyewa hosting anda akan dikenakan biaya berkala dan biasanya menggunakan satuan waktu tahun. Semakin besar ukuran yang anda sewa maka biaya akan semakin mahal. Selain itu biaya ini juga dipengaruhi oleh adanya fitur lain dan pilihan kualitas yang disediakan oleh penyedia layanan seperti kemananan atau kecepatan transfer data.

Cara Menghemat Biaya Pembuatan Website

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan ketika anda berniat untuk menghemat biaya pembuatan website.

1. Pilih Paket Yang Tepat

Saat ini banyak penyedia jasa pembuatan website yang memberikan paket pembuatan website. Disana sudah tersedia berbagai layanan mulai dar pembuatan desain website, domain, hosting dan beberapa spesifikasi lainnya. anda tinggal membayar saja dan memilih domain yang anda pilih. Dengan cara seperti ini anda akan bisa lebih menghemat daripada anda membeli satu persatu.

Namun untuk pengerjaan SEO dan berbagai perubahan lainnya anda akan dikenakan tambahan biaya. Untuk SEO biasanya memang berupa paket SEO tersendiri. Jika anda tidak sering melakukan revisi dan ‘menerima’ desain dari penyedia layanan, atau paling tidak hanya melakukan perubahan minor maka biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

2. Gunakan Template Bawaan

Salah satu cara termudah untuk mengendalikan biaya situs web anda adalah dengan menggunakan templat yang sudah dibuat sebelumnya atau template bawaan. Menggunakan tema yang sudah tersedia mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan seorang desainer atau pengembang web untuk membuat tampilan situs web, dengan demikian biaya dapat dipangkas.

Apapun yang berbayar akan terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan yang gratis. Karena itu untuk menghemat pengeluaran, anda hendaknya tidak tergiur dengan tampilan template premium. Yang terpenting adalah desain UI maupun UX sudah memadahi..

3. Kurangi Halaman Situs Web Anda

Semakin banyak halaman yang dibuat akan menambah waktu pengeditan. Setiap halaman yang anda buat membutuhkan waktu, dan waktu adalah uang. Berpikirlah untuk mengurangi waktu pengeditan dengan mengurangi bebannya, yakn dengan menajukan halaman yang tidak terlalu banyak sehingga waktu yang diperlukan juga tidak banyak.

Salah satu halaman yang bisa dihilangkan seperti riwayat sejarah perusahaan. Sejarah perusahaan ditampilkan atau tidak sepertinya tidak mempengaruhi penjualan yang anda lakukan. Karena itu anda bisa menghilangkannya. Anda bisa menyusun daftar urutan prioritas alaman mana saja yang harus ditampilkan dan mana yang tidak diperlukan.

4. Gunakan Gambar Sendiri atau Stok Gratis

Website yang memuat foto yang terlihat profesional tentu akan menimbulkan kesan yang bagus. Namun untuk mendapatkan gambar yang berkualitas, terkadang anda harus membelinya di penyedia layanan stik foto premium seperti iStock.dengan cara ini anda harus mengeluarkan sejumah uang agar mendapatkan gambar terbaik.

Cara lainnya adalah anda bisa dengan membuat gambar sendiri dengan menyewa fotografer. Namun cara ini juga mengeluarkan biaya jasa fotografi. Cara lainnya adalah dengan melakukan pengambilan gambar sendiri. Ini adalah cara terbaik dan tentu anda akan mendapatkan gambar yang benar-benar orisinil milik anda.

Ada beberapa situs stok foto gratis yang bisa anda akses dan dapatkan fotonya. Meskipun gratis untuk digunakan, anda dapat melakukan penghematan dengan meluangkan waktu untuk memilah-milah perpustakaan mereka untuk menemukan gambar yang tepat. Namun jangan kaget jika anda akan menemukan gambar yang sama di situs lainnya.

5. Gunakan Konten Situs Web yang Ada

Cara ini berlaku apabila sebelumnya anda telah memiliki website namun tidak sesuai yang anda inginkan dan ingin menggantinya dengan yang baru baik domainnya dan juga struktur website secara keseluruhan. Dengan cara ini anda akan lebih bisa menghemat waktu pengerjaan website. Jika anda menggunakan konten dari website sebelumnya maka pastikandomain website yang lama dialihkan ke yang baru.

6. Lakukan Beberapa Pekerjaan Situs Web di Rumah

Biaya Pembuatan Website
Lakukan pekerjaan dirumah untu penghematan. Sumber Unsplash

Hanya karena Anda menggunakan pihak ketiga untuk mengembangkan situs web anda tidak berarti mereka harus melakukan semua pekerjaannya. Anda bisa menawar untuk melakukan pekerjaan yang anda bisa ketika membangun situs website dan memperkerjakan kepada perusahaan web developmen.

Pekerjaan ini bisa anda lakukan dirumah meskipun anda bukan seorang pengembang website. Pekerjaan ini meliputi menulis konten dan membuat atau menyiapkan grafik dan foto.

7. Sederhanakan Konten

Berbagai konten yang keren seperti video, slide, dan konte animasi lainnya tentu akan menarik minat pengunjung website, namun tahukah anda bahwa hal tersebut akan menambah beban biaya. Anda memerlukan space hosting besar untuk menympan banyak konten video. Dengan menjaga situs web anda tetap sederhana, anda dapat menghemat waktu sehingga biaya ppembuatan website bisa ditekan.

Penutup

Membuat website memang memerlukan biaya yang lumayan tidak sedikit. Namun dengan melakukan beberapa trik penghematan anda bisa lebih banyak menghemat pengeluaran dalam biaya pembuatan website. Alternatif lainnya adalah dengan membeli paket hemat website dengan harga yang terjangkau hanya di SEO Anak Sholeh, perusahaan pembuatan website profesional yang siap membantu anda.