Menghilangkan komentar spam – Siapa sih yang mau kena komentar spam? Tentu sebagian besar orang pasti akan menjawab tidak ada yang mau. Meskipun akan senang jika mendapatkan banyak komentar dari pengujung, bukan berarti akan senang dengan komentar spam.

Walaupun terdengar aneh dan remeh, namun komentar spam itu adalah fakta nyata yang ada di internet. Komentar spam bisa saja dari orang asli, namun bisa saja berasal dari sebuah program yang otomatis mengirimkan komentar.

Hal ini terjadi karena komentar atau meninggalkan jejak pada website atau blog orang lain masih menjadi kesempatan yang menggiurkan untuk mendapatkan backlink yang bisa meninggatkan posisi atau rangking wesbite mereka pada hasil serp.

Namun cara ini di salah gunakan bukan dengan menggunakan komentar yang baik namun menggunakan komentar yang tidak tidak sesuai dengan isi blog atau isi website kita. Dan parahnya lagi menggunakan robot untuk berkomentar berkali-kali.

Menghilangkan Komentar Spam

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi bagaimana cara menghilangkan komentar spam khususnya website yang menggunakan woordpress.

Pada wordpress anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. Mulai dari tanpa menggunakan plugin dan ada yang menggunakan plugin untuk mengatasinya.

Tanpa Plugin

Tanpa menggunakan plugin, anda sudah bisa mengurangi atau mengatasi adanya komentar span yang muncul pada website anda. Dengan cara yang mudah dan cepat anda bisa melakukannya dengan sendiri.

Post/Page Disscussion

Cara yang pertama adalah mematikan kolom komentar pada setiap saat akan membuat postingan atau halaman pada website. Caranya adalah anda buat postingan atau halaman, kemudian hilangkan centang pada Allow Comments.

Disscussion
Post/Page Disscussion

Dengan menghilangkan centang pada bagian Allow Comments, maka postingan atau halaman kalian tidak akan menampilkan form komentar, sehingga robot spam atau orang yang akan melakukan spam tidak bisa melakukannya di halaman tersebut.

Cara ini sangat mudah sekali untuk dilakukan, namun di sisi negatifnya anda tidak akan mendapatkan komentar dari netizen yang budiman di website anda.

WordPress Setting Disscussion

Selanjutnya adalah dengan melakukan setting di Disscussion Website. Berbeda dengan cara yang pertama yang melakukannya satu persatu, pada cara ini anda akan melakukan setting untuk semua halaman.

Caranya adalah masuk ke halaman admin wordpress, kemudian masuk ke Setting Disscussion. Lalu centang “Users must be registered and logged in to comment”. Kemudian simpan perubahan.

Setting Disscussion
Setting Disscussion

Cara ini akan mengharuskan pengunjung untuk melakukan login terlebih dahulu sebelum melakukan komentar, sehingga robot tidak akan bisa melakukan komentar otomatis pada website anda.

Cara ini bagus untuk menghindari adanya robot yang menyerang. Namun tidak menutup kemungkinan jika pengunjung akan melakukan spam dengan cara menual.

WordPress Setting Membership

Selanjutnya adalah dengan mengatur membership sebuah website. Pada wordpress ada pengaturan yang bernama membership, dimana pengguna akan menjelajahi website dengan memiliki batasa-batasan. Namun pada cara ini, kita akan mematikan fitur membership tersebut.

Caranya dengan masuk ke Setting halaman wordpress anda, kemudian pilih General, lalu hilangkan centang pada Membership.

Setting Membership
Setting Membership

Cara ini lebih bagus dari cara sebelumnya. Karena pengunjung tidak akan melakukan pendaftaran dengan sendiri. Namun anda bisa mendaftarkanya melalui akun admin pada menu Users.

Ini bisa mengurangi jumlah komemtar span dari orang, karena pengguna yang didaftarkan adalah pengguna yang sudah anda percaya. Namun anda harus menambahkannya dengan cara manual.

Menggunakan Plugin

Cara dengan tanpa menggunakan plugin memang mudah dan cepat, namun tetap memiliki kekurangan-kekurangan pada setiap caranya yang sudah dijelas di atas.

Anda akan mendapatkan fitur lebih dengan menggunakan plugin untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah cara-caranya.

Plugin Akismet

Plugin Akismet adalah plugin buatan tim wordpress sendiri. Plugin ini bisa mengatasi komentar spam yang menyerang website anda. Untuk cara install nya akan lebih lengkap pada postingan selanjutnya.

Tapi yyang jadi pokok pembahasan adalah plugin ini bisa mengatasi komentar spam. Plugin ini akan secara otomatis menghapus dan meletakkannya pada bagian spam.

Untuk memasang plugin ini anda bisa melakukan install seperti biasa di Menu Plugin Add New. Kemudian akan langsung menampilkan plugin Akismet.

Mempercepat WordPress WordPress Plugin
WordPress Plugin

Install dan aktifkan plugin terebut.

Setup Akismet
Setup Akismet

Kemudian Klik Set Up Akismet Account, jika anda belum memasang plugin jetpack. Login akun wordpress anda dan atur seperti berikut.

Login WordPress
Login WordPress.com

Isikan data seperti berikut :

Pilihan Pricing Akismet
Pilihan Pricing Akismet

Setelah selesai pilih Automatically untuk memasangkan api secara otomatis pada plugin Akismet website anda. Jika sudah maka anda sudah aman dari serangan komentar spam.

Google ReCaptcha

Selanjutnya adalah dengan menggunakan ReCaptcha untuk mengamankan form komentar anda dari robot spam. Seperti pada artikel sebelumnya tentang cara mengamankan wordpress, salah salatunya dengan menggunakan captcha. Karena robot span tidak bisa melakukan pengiriman komentar spam otomatis karena terhalang oleh ReCaptcha.

Tentu saja untuk cara lengkapnya akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Karena akan banyak langkah-langkah yang akan dilakukan. Namun akan kami jelaskan sedikit pada artikel kali ini.

Untuk menggunakan ini anda perlu memasang atau menginstall plugin ReCaptcha. Tentu kan banyak yang akan muncul, namun gunakan yang memili nama WordPress ReCaptcha Inregration.

Wordpress ReCaptcha Integration
WordPress ReCaptcha Integration

Setelah melakukan install dan diaktifkan, lansung klik menu Setting ReCaptcha. Disana kalian akan melakukan registrasi dan pemasangan ReCaptcha pada website anda.

Kemudian anda akan melakukan registrasi dengan mengklik Google ReCaptcha Admin page untuk mendaftarkan website anda untuk mendapatkan key aktivasi ReCaptcha.

Halaman Admin Google ReCaptcha
Halaman Admin Google ReCaptcha

Daftarkan domain anda seperti pada gambar berikut.

Register Domain
Register Domain

Kemudian anda akan mendapatkan Site Key dan Secret Key yang nantinya akan anda masukkan pada pengaturan ReCaptcha website anda.

Mendapatkan Key
Mendapatkan Key

Salin dan tempel key tersebut seperti gambar dibawah ini kemudian klik Save Changes.

Masukkan Key Ke WordPress
Masukkan Key Ke WordPress

Kemudian aktifkan ReCaptcha pada setiap form komentar untuk diamankan dengan ReCaptcha.

Aktifkan di Form Komentar
Aktifkan di Form Komentar

Hasilnya akan seperti berikut. Dan akan muncul pada setiap form komentar yang ada di website anda.

Hasil Form Komentar + ReCaptcha
Hasil Form Komentar + ReCaptcha

Kesimpulan

Spam memang sangat mengganggu, maka perlu melakukan sesuatu untuk mengindari dari masalah tersebut seperti dijelaskan di atas. Bisa tanpa menggunakan plugin atau bisa dengan menggunakan plugin.

Tentu ada nilai lebih dan kurangnya pada setiap cara yang dipakai. Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang anda inginkan. Karena setiap pembuatan pasti punya maksud tertentu.

Misalkan saja jika tanpa menggunakan plugin, maka ada kekurangan fitur komentar website anda. Namun jika dengan memakai plugin, maka fitur web anda akan tetap, namun anda perlu menambahkan plugin yang bisa jadi membuat website anda menjadi lebih lambat.

Oke sekian artikel yang bisa kami sampaikan, jika anda kurang dan lebih nya kami mohon maaf. Jika anda punya hal yang lebih dari yang kami sampaikan, silahkan isi di kolom komentar agar kami juga tahu. Sekian dari kami, terima kasih.

WhatsApp Free Konsultasi