Apabila mengetahui pengertian internet, banyak yang menganggap internet saat ini seolah menjadi salah satu “kebutuhan pokok” bagi sebagian pihak. Pengandaian ini bukan tanpa dasar, lihat saja betapa banyak yang beraktivitas dengan lancar sedangkan pada saat koneksi internet bermasalah mereka cenderung statis seperti beristirahat sampai koneksi internet kembali.

Yang memanfaatkan internet juga bukan hanya orang-orang yang ingin memperoleh manfaat materil, bahkan non materil. Lihat saja banyak sekali orang-orang yang ingin mendapatkan hiburan melalui berbagai saluran yang disediakan oleh internet.

Yang paling besar adalah perekonomian. Perkembangan internet ternyata mampu membuat berkembangnya perekonomian. Bagaimana tidak, jika perekonomian itu sangat dekat dengan aktivitas jual beli, sedangkan jual beli membutuhkan komunikasi, internet dapat menjadi medianya secara cepat dengan jarak yang jauh yang biasa disebut internet marketing.

Karenanya, internet seolah menjadi budaya. Berbagai generasi mulai dari generasi baru, hingga generasi yang sudah lewat masa produktifnya sekalipun berusaha untuk mampu menggunakannya. Karena mereka merasa akan mendapatkan manfaat dari sini.

Karena cepatnya perkembangan dan semua fokus dengan bagaimana menggunakannya, terkadang sebagian pihak luput dengan pengertian internet yang harusnya mereka ketahui dan pahami terlebih dahulu. Karena sebenarnya pemahaman akan membuka wawasan mereka untuk dapat memanfaatkan internet dengan lebih bijak dan produktif.

Ilustrasi Digital Marketer
Ilustrasi Penggunaan Internet, Sumber : bizjournals.com

Pengertian Internet

Internet awalnya merupakan alat yang menghubungkan beberapa perangkat saja. Setelah adanya jaringan telepon, internet berusaha menjadi alat penghubung untuk cakupan data yang lebih besar bukan hanya sekedar data pembicaran/komunikasi.

Sehingga internet dibuat untuk menghubungkan beberapa perangkat seperti komputer yang terdapat di berbagai tempat sehingga terjadi sharing informasi atau data antar komputer. Setelah antar komputer, koneksi ini berkembang ke jalur yang lebih besar lagi, yaitu antar jaringan.

Koneksi antar jaringan inilah yang kemudian didefinisikan sebagai internet. Internet berasal dari dua kata, yaitu interconnection dan networking. Inter adalah kata yang bermakna antara, sedangkan network adalah jaringan. Jadi, internet adalah hubungan antar berbagai jaringan.

Jaringan yang dimaksud disini tentu saja jaringan yang terbentuk dari berbagai perangkat. Awal mulanya, koneksinya hanya antara komputer institusi. Selanjutnya dikembangkan lagi menjadi antar personal komputer. Sampai hari ini berkembang hingga ke antar perangkat seluler.

Sehingga, dalam bahasa sehari-hari, pengertian internet adalah koneksi yang menghubungkan berbagai perangkat mulai dari komputer hingga seluler untuk mengirimkan dan menerima berbagai data lunak. Data lunak ini bisa hanya sekedar tulisan atau teks, pembicaraan (komunikasi telepon), hingga gambar (video).

Personal Computer, sumber ig harshit_maindola
Personal Computer, sumber ig @harshit_maindola

Sejarah Internet

Awalnya internet adalah penghubung antar institusi kampus untuk keperluan lalu lintas data antar universitas di Amerika. Begitu juga, dalam dunia militer, internet menghubungkan lalu lintas informasi yang diperlukan berbagai pos militer.

Menurut Wikipedia dengan penjelasan yang lebih rinci dan lebih rumit, internet ditemukan tahun 1980. Setelah itu terus dikembangkan hingga menjangkau berbagai perangkat yang terdapat di berbagai negara.

Selanjutnya, karena saluran informasi yang sudah menjangkau antar negara, dibuatlah Internet Protocol atau yang sering disebut dengan IP. Kemudian muncul juga penyedia layanan internet (ISP) yang bisa membuat koneksi di berbagai lokasi, termasuk di Indonesia.

Dengan adanya internet, maka, setiap perangkat yang terhubung bisa mengakses seluruh penyedia informasi (data base) apabila data base terbuka untuk umum. Kemudian agar lebih aman, maka dibuat aturan untuk akses informasi ini yang kemudian disebut dengan nettiquette atau semacam UU ITE di Indonesia.

Sejarah Internet di Indonesia

Ilustrasi Jaringan Internet, sumber ig technology_skills
Ilustrasi Jaringan Internet, sumber ig @technology_skills

Jika dari tempat asalnya internet dikenal sejak tahun 1980, di Indonesia berbeda. Internet baru dikenal di Indonesia sejak tahun 1992. Pengenalan internet di Indonesia tidak terlepas dari jasa pengembang IT Indonesia.

Nama-nama seperti RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto, dan Onno Purbo tidak terlepas dari sejarah ini. Mereka adalah pihak yang berjasa sehingga Warga Negara Indonesia memiliki akses informasi hingga ke dunia internasional.

Awalnya pengembang IT Indonesia yang merupakan ahli dibidang komputer berkumpul dengan nama paguyuban network. Dilihat dari namanya, perkumpulan ini merepresentasikan semangat bekerja sama dan kekeluargaan. Namun saat ini suasananya sudah berkembang.

Karena faktor persaingan ekonomi, saat ini dunia digital yang disupport oleh internet menjadi arena persaingan ekonomi baik persaingan yang sehat maupun yang tidak sehat. Karena masih terdapat persaingan yang tidak sehat, sebagian ahli menciptakan sistem keamanan yang mampu memberikan jaminan meskipun tidak sepenuhnya.

Potensi Internet

Sebagian artikel membahas tentang manfaat internet bukan potensi internet. Meskipun ada kaitannya, sebenarnya antara manfaat dan potensi keduanya menempati posisi yang berbeda. Manfaat internet sangat berhubungan dengan definisi internet itu sendiri. Sedangkan potensi berhubungan dengan pengembangan internet agar memberikan dampak pada penggunanya.

Cara Mengamankan Website Backup Website
Ilustrasi Akses Informasi, sumber Google

Jadi, saat terdapat pembahasan tentang manfaat internet, penulis artikel ini lebih sepakat dengan sebutan “potensi” yang lahir dari penggunaan internet. Karena manfaat internat hanya satu, yaitu menjadi penghubung antar koneksi berbagai perangkat komputer dan seluler dimana hal ini juga merupakan definisinya itu sendiri.

Apa potensi dari internet? Internet bisa menghasilkan berbagai produk baik materil maupun non materil. Untuk produk materil diantaranya :

1. Informasi

Dengan internet, akses informasi bisa lebih mudah, lebih cepat dan tersimpan tanpa pernah lenyap oleh lingkungan selamat datanya masih tersimpan. Akses lebih mudah tentu saja oleh karena internet bisa memberikan akses kepada pengguna tanpa proses administrasi.

Sedangkan akses informasi melalui internet menjadi lebih cepat oleh karena bentuknya sudah menjadi lunak (digital) tidak lagi berbentuk fisik. Sehingga penyebarannya akan lebih cepat melalui berbagai jaringan yang ada di dunia maya.

Sedangkan data yang tersimpan, sebenarnya hal ini relatif. Namun jika dilihat, data informasi dalam bentuk fisik seperti buku atau kertas memiliki batas waktu penggunaan sedangkan dalam bentuk digital akan lebih abadi kecuali terjadi kerusakan perangkat akses atau terhapus.

2. Keuntungan Komersil

Ilustrasi Pay Per Click
Ilustrasi Internet Komersil, Sumber : kisspng.com

Yang dimaksud dengan keuntungan komersil adalah hasil yang didapatkan saat menggunakan internet untuk keperluan usahan secara ekonomi. Saat ini, internet marketing adalah teknik yang sangat menjadi perhatian para pelaku usaha.

Sedangkan untuk produk non materil, internet bisa memberikan hiburan bagi setiap penggunanya. Karena melalui penyebaran informasi, mereka merasakan manfaat dari seluruh informasi tersebut dan merasakan dampaknya secara mental.

Internet juga menjadi tempat untuk membangun popularitas sebagaimana popularitas di dunia nyata. Karena internet juga memiliki warga yang disebut netizen yang merupakan pengguna internet. Hal ini tidak berbeda dengan di dunia nyata. Ini juga termasuk sebagai salah satu produk non materil yang bisa didapatkan saat memanfaatkan potensi internet.

Itu dia berbagai informasi terkait pengertian internet. Semoga menjadi wawasan tambahan bagi para pengguna internet. Diharapkan dengan mengetahui informasi ini, juga dapat menjadikan setiap pengguna internet dapat lebih bijak menggunakannya.

Nantikan berbagai informasi seputar website, optimasi web, internet marketing dan berbagai informasi lainnya di seoanaksholeh.com. Silahkan berikan komentar Anda dan bagikan ulasan menarik ini.

WhatsApp Free Konsultasi