Memahami pengertian website sering luput dari kebanyakan orang. Padahal bisa jadi selama ini orang banyak menggunakan, bekerja bahkan selalu berinteraksi dengan website. Meskipun tidak menjadi hal yang besar, namun memahami pengertian website bisa memberikan efek yang cukup baik. Bagaimana maksudnya?

Saat orang menggunakan alat tertentu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kendaraan bermotor berupa mobil, apakah terdapat perbedaan antara orang yang hanya bisa menggunakan kendaraan dengan orang yang memahami kendaraan mobil dan mampu menggunakannya? Tentu saja berbeda.

Begitu pula dengan website. Saat seseorang bisa memahaminya, bukan hanya sebatas menggunakannya, akan ada banyak hal yang bisa dilakukan. Misal memperbaikinya, menjadikannya sumber pendapatan, memenuhi kebutuhan dan hal lainnya.

Jika Anda terbilang baru menggunakan website, bisa jadi oleh sebab baru saja mencoba marketing online, jangan khawatir. Meskipun Anda sudah lama sekalipun memanfaatkan website, Anda tetap bisa kapan saja belajar sambil terus menekuni aktivitas Anda. Salah satunya dengan membaca berbagai artikel yang menjelaskan pengertian website.

Sejarah Website

Ilustrasi Nama Domain, sumber fated.us
Ilustrasi Nama Domain, sumber fated.us

Sebelum sampai pada pengertian website secara spesifik, memahami sejarah bagaimana website pertama kali dibuat akan memberikan wawasan yang memadai. Karena, setiap perkara yang baru muncul pasti memiliki latar belakang kemunculannya.

Latar belakang ini juga akan mengantarkan siapapun untuk lebih mudah memahami. Untuk pembahasan ini, kita akan mengulas latar belakang website berdasarkan sejarahnya. Yaitu bagaimana sejarah lahirnya website.

Sir Timothy John β€œTim” Berners-Lee adalah orang yang pertama kali membuat situs (site). Sedangkan situs web (website) baru dibuat 1991. Situs web ini dibuat sebagai sarana bertukar informasi bagi para peneliti di salah satu lembaga penelitian fisika nuklir.

Karena para peneliti tersebut membutuhkan berbagai data termasuk memberikan update hasil penelitiannya. Pada tahun 1993, situs ini kemudian dibuka dan bisa diakses oleh siapapun yang terhubung secara online.

Sehingga saat itu, terdapat banyak situs yang semuanya terhubung melalui sebuah server utama. Seluruh situs-situs ini hubungan membentuk jaringan yang bisa memungkinkan terjadinya akses secara luas dan pertukaran data satu sama lain.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Ilustrasi Jaringan, sumber www.lightcastlebd.com
Ilustrasi Jaringan, sumber www.lightcastlebd.com
  1. Menurut Yuhefizar (1998) website adalah keseluruhan halaman-halaman yang mengandung informasi yang ada pada sebuah domain. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling terkait satu sama lain.
  2. Menurut Gregorius (2000) website adalah kumpulan halaman web (situs) yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari halaman dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Halaman-halaman lainnya yang terhubung ke homepage disebut childpage.
  3. Menurut Lukmanul Hakim (2004) website adalah fasilitas internet penghubung dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page sementara link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca lewat browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya.

Unsur-unsur Website

Setiap situs memiliki nama domain, hosting dan konten. Nama domain bisa diibaratkan dengan sebuah alamat, sedangkan hosting adalah rumahnya atau tempatnya. Permisalan ini hanya untuk membantu memudahkan para pemula mengerti dengan istilah ini.

1. Nama Domain

Setiap orang memiliki alamat rumah yang menjadi tempat tinggalnya. Sehingga siapapun yang ingin mencarinya, tinggal menuju alamat rumah tersebut. Itulah analogi yang ringan tentang apa yang disebut dengan nama domain.

Biasanya, situs memiliki nama domain contohnya, seoanaksholeh.com. Sehingga apabila ingin mencari jasa optimasi website, maka harus berusaha menghubunginya melalui alamat tersebut. Sebagaimana saat Anda mengetikkan alamat situs pada address bar.

Ilustrasi Hosting, sumber enil.eu
Ilustrasi Hosting, sumber enil.eu

2. Hosting

Hosting ibarat rumah bagi seseorang. Bagi sebuah situs, hosting adalah sarana untuk memberikan tempat kepada situs pada jaringan (network) yang bisa diakses secara online. Namun, pada perkembangannya, hosting juga menjadi tempat penyimpanan seluruh data-data yang bisa diakses pada sebuah situs.

Contohnya adalah apabila situs β€œjasa pembuatan website” ingin memiliki tempat tinggal di dunia maya. Maka harus membeli atau menyewa rumah (hosting) agar semua orang yang ingin menemukannya bisa mengaksesnya secara online melalui alamat yang merupakan nama domain. Situs itu berisi berbagai konten. Seluruh konten yang terdapat pada situs akan tersimpan pada hosting.

3. Konten

Saat seseorang membuka sebuah situs, maka akan ada tulisan, gambar, suara, video dan hal-hal lainnya yang bisa diakses melalui sebuah situs. Seluruh tulisan, gambar, suara, video dan lainnya ini merupakan konten. Saat konten dimasukkan pada sebuah situs, maka akan tersimpan pada hosting.

Fungsi Website

Sebuah situs dibuat untuk tujuan tertentu. Sebagaimana sejarah penemuan website, situs dibuat untuk menempatkan informasi para sebuah jaringan yang dapat diakses oleh pihak lain selain penyedia informasi. Saat ini, informasi yang ditempatkan pada sebuah jaringan dapat berbentuk berbagai hal yang saat diakses akan memberikan manfaat tertentu.

1. Untuk Berbagi Informasi

Pada awal ditemukannya komputer, seluruh informasi berupa konten, hanya tersimpan pada personal komputer. Maka, informasi ini hanya memberikan dampak pada pemilik komputer saja. Untuk memperluas dampaknya, maka informasi ini harus bisa diakses oleh berbagi pihak.

Dengan keberadaan website, oleh karena dapat diakses melalui internet, maka dapat membantu orang-orang yang ingin mendapatkan manfaat dari sebuah informasi yang awalnya hanya tersimpan pada personal komputer. Sehingga, keberadaan website sebagai sumber informasi diharapkan dapat memberikan dampak positif.

Ilustrasi Media Sosial Pada Digital Marketing
Ilustrasi Media Sosial, Sumber : hipwee.com

2. Untuk Menjalin Komunikasi

Website terkadang berbentuk situs untuk memberikan layanan berupa komunikasi. Jika selama ini komunikasi hanya melalui telepon yang sekedar bertukar suara, melalui website jalinan komunikasi bisa dalam bentuk tulisan, suara dan video.

Saat ini, jalinan komunikasi melalui situs web sudah bisa dilakukan di banyak situs media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan masih terdapat banyak sekali yang lainnya. Awalnya dulu hanya melalui email atau surat elektronik.

Jalinan komunikasi melalui situs di internet bahkan saat ini menjadi salah satu yang utama. Banyak sekali contoh kejadian seperti bencana atau peristiwa lainnya yang dapat diantisipasi karena jalinan komunikasi melalui situs web cenderung lebih fleksibel dan cepat.

3. Untuk Mendapatkan Penghasilan

Internet sudah membentuk seperti sebuah dunia tersendiri tempat dilakukannya berbagai aktivitas. Salah satunya adalah aktivitas yang bisa memberikan keuntungan (komersil). Salah satu aktivitas komersil yang dapat dilakukan di internet melalui sebuah website adalah jual beli.

Saat ini, marketing online menjadi suatu teknik jualan tersendiri yang dapat memberikan keuntungan bagi sebagian pasar tertentu. Sehingga banyak sekali usaha barang dan jasa mulai merambah ke dunia maya melalui website-website milik mereka.

Itu dia pengertian internet yang mudah dipahami bagi para pemula. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Simak berbagai ulasan menarik lainnya seputar website, jasa SEO dan internet di situs seoanaksholeh.com.

WhatsApp Free Konsultasi