Oke, balik lagi pada pembahasan tentang wordpress, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan wordpress.com dan wordpress.org. Mungkin jika anda membaca artikel kami bagian website, kalian akan menemukan artikel yang sudah membahas sedikit tentang jenis dari wordpress, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Yaitu di artikel apa itu wordpress, yang berisi penjelasan wordpress dari mulai sejarahnya dan sampai membahas tentang jenis nya.

Nah disini kita akan membahas lebih lanjut lagi tentang apa perbedaan wordpress.com dan wordpress.org. Tentunya dengan penjelasan yang lebih lengkap dan disertai dengan gambar untuk lebih memudah untuk anda pahami.

Pendahuluan WordPress.com dan WordPress.org

Jika awal-awal saat anda mempelajari apa itu wordpress, mungkin anda pernah melakukan pencarian di google terkait kata kunci “wordpress” bukan? Mungkin iya dan mungkin tidak, namun saya sendiri pernah melakukannya.

Dan yang saya dapatkan ada dua website yang memiliki nama domain hampir sama, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Dan saat itu saya kebingungan mana yang asli dan mana yang palsu. Dan akhirnya saya mencoba semuanya.

Perbedaan mendasar dari keduanya adalah perbedaan layanan yang diberikan. Untuk wordpress.com menyediakan layanan untuk melakukan web blogging yang kemudian disediakan beberapa pilihan paket untuk menikmati layanan di wordpress.com.

Layanan tersebut ada yang gratis dan ada yang berbayar sesuai dengan kebutuhan website yang akan anda buat kedepannya. Dan dipastikan di antara paket layanan tersebut ada perbedaan yang diberikan. Jika memakai yang gratis, anda akan mendapatkan beberapa fitur yang terbatas untuk mengatur sesuai dengan kebutuhan anda.

Kemudian dengan wordpress.org, anda bisa gratis mendapatkan file paket instalasi websitenya namun menerapkan layanan self hosted. Yang artinya jika anda ingin menjalankan paket instalasi tersebut anda harus memiliki hosting terlebih dahulu, jika tidak maka anda tidak bisa menjalankannya.

Oke untuk yang lainnya akan kami bahas ke beberapa poin agar labih memudahkan anda untuk memahaminya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Mari kita bandingkan lebih lanjut perbedaan wordpress.com dan wordpress.org 

1. Kontrol

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org Control
WordPress Control

WordPress.com

Untuk kontrol pada wordpress.com akan sepenuhnya di ambil atau dipegang oleh penyedia layanan yaitu wordpress.com. Apalagi jika anda memakai paket free atau gratis, maka anda akan sangat dibatasi salam melakukan pengaturan pada websitenya.

WordPress.org

Lalu pada wordpress.org kalian akan mendapatkan akses penuh untuk mengatur website yang anda miliki. Karena anda memiliki tempat hosting sendiri dan file paket instalasi dari website wrodpress.org berbasis open source, maka anda bisa mengatur dan mengubah apa yang ada dalam website sesuai dengan keinginan anda.

2. Maintenance

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org Maintenance
WordPress Maintenance

WordPress.com

Untuk maintenance atau pemeliharaan akan dilakukan oleh pihak wordpress.org. Meskipun anda memilih paket layanan yang gratis, namun anda akan tetap mendapatkan pemeliharaan setiap bulannya. Dan dipastikan pemeliharaan yang dilakukan memiliki kualitas yang bagus.

WordPress.org

Sedangkan karena wordpress.org kendalinya dipegang penuh oleh pengguna, maka pemeliharaan juga dilakukan oleh pengguna. Maka dari itu anda perlu melakukan pemeliharan secara rutin agar website anda tetap update dari segi sistemnya maupun kontennya.

3. Theme dan plugin

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org Plugins
WordPress Plugins

WordPress.com

Theme dan plugin yang disediakan terbatas, apalagi jika anda memakai paket layanan yang gratis. Jika anda ingin menambahkan atau memasang theme atau plugin pada website anda, maka anda harus mengupgrade paket layanan yang anda miliki.

WordPress.org

Sedangkan wordpress.org anda bisa menambahkan dan memasang theme atau plugin sesuka anda, karena akses yang diberikan penuh kepada anda. Anda juga bisa memanfaatkan theme atau plugin yang berbayar untuk dipasang pada website anda.

Analytics

Website Analytics
Website Analytics

WordPress.com

Anda hanya akan bisa melihat analisis sederhana yang disediakan dan wordpress.com. Dan jika anda ingin mengintegrasikannya dengan google analytics, maka anda perlu mengupgrade paket layanan anda hingga bussiness. Jika di bawah itu, anda hanya akan mendapatkan analisis sederhana.

WordPress.org

Karena akses penuh yang diberikan, anda bisa memasang analisis dari software manapun sesuka anda. Anda bisa memakai software dari google atau bahkan dari software lain seperti KissMetrics, MixPanel, dll. Dengan begitu analisis yang anda lakukan akn lebih kuat dan akurat karena bisa memakai banyak media.

Biaya

Wordpress Plans
WordPress.com Plans

WordPress.com

Karena memiliki beberapa paket layanan. Maka biayanya juga tergantung pada paket tersebut. Namun kelebihannya adalah jika anda belum ada biaya, anda bisa memakai paket layanan yang gratis terlebih dahulu. Baru setelah ingin menambah kelengkapannya, anda bisa meng upgrade nya.

WordPress.org

Jika dilihat dari file instalasinya saja maka tidak ada biaya yang dikeluarkan alias gratis. Namun untuk menjalankannya anda perlu mempunyai tempat hosting yang memerlukan biaya dan juga domain. 

Maka dari itu, biaya ini akan lebih banyak dikeluarkan dibanding yang versi .com. Namun jika anda pintar-pintar memilih penyedia hosting, bisa jadi anda akan lebih hemat. Tapi jika anda tidak mempunyai uang untuk hosting atau ingin press biaya anda bisa memakai hosting gratisan, seperti 000webhost atau atspace.

SEO

Wordpress SEO, src udemy
WordPress SEO, src udemy

WordPress.com

Untuk pengaturan seo anda perlu mengupgrade paket layanan yang anda pakai. Karena layanan free tidak disediakan plugin untuk bisa mengatur seo dari website.

WordPress.org

Karena anda bebas memasang plugin, maka anda bisa dengan bebas memasang plugin untuk mengatur seo untuk website anda tanpa batas.

Iklan

Wordpress Ads
WordPress Ads

WordPress.com

Jika anda memakai layanan yang gratis, maka anda akan melihat iklan yang tiba-tiba terpasang pada halaman website anda. Dan untuk menghilangkan iklan tersebut lagi-lagi anda perlu untuk mengupgrade layanan anda.

WordPress.org

Tidak akan ada iklan dari pihak wordpress pada halaman website anda. Karena anda memiliki hak penuh untuk memiliki dan mengubah konten yang ada pada website anda.

Menetisasi

Wordpress Monetisasi
WordPress Monetisasi

WordPress.com

Mungkin ada sebagian dari kalian yang ini memasang iklan pada website anda untuk menghasilkan uang dari  iklan tersebut. Tentu bukan iklan dari wordpress ya, namun iklan dari adsense atau yang lainnya. Namun, hal ini akan sulit anda lakukan jika memakai wordpress.com, apalagi jika memakai layanan yang gratis. Namun dengan usaha yang luamayan, anda masih bisa memasangnya.

WordPress.org

Karena kendali penuh, he he. Anda bisa bebas memasang iklan dari berbagai penyedia iklan sesuka anda. Dengan begitu anda bisa mendapatkan penghasilan dari website anda.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah anda bisa bebas memilih antara dari wordpress.com atau wordpress.org. Namun dengan pertimbangan-pertimbangan yang telah kami bahas diatas. 

Memilih yang gratisan namun dengan berbagai keterbatasan atau memakai file gratis namun harus mengeluarkan biaya saat menjalankan. Tentu itu semua ada pada pilihan anda selaku pengguna. 

Sekian pembahasan kami tentang perbedaan wordpress.com dan wordpress.org. Semoga bisa menambah wawasan anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terima kasih.