Untuk anda yang baru memulai membuat website dengan menggunakan wordpress, anda tentu bingung memilih plugin mana yang akan dipasang. Ini wajar karena pada awal-awal saat mencoba wordpress masih ada yang belum dipahami. Oleh karena itu pada artikel kali ini kali akan mengulas tentang plugin wajib wordpress yang harus anda pasang.

Plugin Wajib WordPress

Kami akan mengulas sedikit saja tentang plugin wajib wordpress yang kami berikan terkait penjelasan dan kegunaannya saja. Untuk cara settingnya akan kami jelaskan pada artikel yang lain agar lebih fokus dan lebih banyak yang dijelaskan.

Selain itu daftar plugin yang akan kami jelaskan hanya plugin umum saja, tidak termasuk plugin untuk membuka toko online ataupun plugin untuk website builder. Plugin yang akan kami jelaskan hanya plugin wajib yang harus anda install atau pasang saja.

UpdraftPlus

Plugin Wajib WordPress UpdraftPlus
Plugin UpdraftPlus

Yang pertama adalah plugin untuk melakukan backup dan restore. Pada artikel backup sebelumnya sudah dijelaskan keuntungan dari melakukan backup. Maka anda sudah harus jaga-jaga dari awal untuk mengamankan website anda.

UpdraftPlus adalah plugin yang berfungsi untuk melakukan backup dan restore website wordpress anda. Jika pada artikel sebelumnya cara backup wordpress hanya menggunakan cara manual pada halaman cPanel. Maka UpdraftPlus akan melakukan backup dan restore website hanya dengan masuk ke halaman admin dari website.

Cara settingnya sangat mudah untuk dipahami bahkan oleh pemula. Oleh karena itu anda tidak perlu takut kebingungan saat memakainya. Hanya tinggal di seting di beberapa bagian yang anda perlukan maka UpdraftPlus bisa menjalankan tugasnya

UpdraftPlus juga menyediakan layanan untuk mengunduh file backup anda. Tentu saja ini sangat berguna karena dengan mengunduh file backup bisa mengamankan jika terjadi sesuatu pada website sehingga tidak bisa mengakses halaman adminnya.

Selain bisa di unduh, UpdraftPlus juga bisa menyimpan hasil backup website anda ke beberapa akun penyimpanan online, seperti google drive misalnya. Tentu anda tidak khawatir lagi jika tidak sempat untuk mengunduh, maka anda bisa langsung menggunakan yang ada pada media penyimpanan online.

JetPack

Plugin Wajib WordPress Jetpack Plugin
Plugin Jetpack

Plugin yang selanjutnya adalah JetPack. JetPack ini adalah plugin untuk Security & Performance atau dalam indonesia yaitu Pengamanan dan Performa untuk website wordpress.

Plugin ini dapat melakukan backup dengan ruang penyimpanan tak terbatas dengan cara yang mudah. Kemudian melakukan perlindungan menyeluruh secara efektif, pemindaian malware dan penyaringan spam. Banyak lagi yang dapat dilakukan oleh plugin JetPack ini, hanya saja dari beberapa fungsi yang saya sebutkan tadi terdapat dalam versi berbayar. Namun pada versi yang gratis, anda tetap bisa mendapatkan keamanan juga.

Selain itu jika anda memiliki banyak website wordpress, anda bisa memanajemen website anda pada satu akun wordpress.com. Soalnya jika website yang anda tangani banyak, belum tentu anda bisa memeriksanya satu-satu.

Maka dari itu, dengan menghubungkan JetPack dengan akun wordpress.com, anda bisa memanajemen website anda dengan mudah. Hanya dengan melihat dari akun wordpress.com, anda dapat mengetahui jika terjadi sesuatu dengan website anda, entah itu mati ataukan butuh perbaikan.

Selain keamanan, JetPackpack juga berguna untuk performa website anda. Anda bisa membuat website anda menjadi lebih cepat. Karena JetPackpack memiliki pengaturan untuk membuat website anda memuat lebih cepat dengan lazy load dan akselerator.

Dengan begitu, pengunjung website anda tidak akan merasa terbebani pada saat akan mencari informasi dari website anda. Selain itu dengan memuat lebih cepat, maka toko online anda juga akan meningkat.

LiteSpeed Cache

Plugin Wajib WordPress LiteSpeed Cache Plugin
Plugin LiteSpeed Cache

Plugin ini digunakan untuk memaksimalkan penggunaan cache pada website anda. Cache adalah penyimpanan file yang sementara, namun bisa anda gunakan untuk meningkatkan perfoma dari website.

Penjelasan mudahnya begini, jika saat memuat website anda membutuhkan 1000 file, maka dengan menggunakan cache hanya akan memuat 500 file saja. Jadi kecepatan akses dari website anda juga akan lebih meningkat.

LiteSpeed menggunakan teknologi tingkat server ekslusif dan banyak fitur optimasi yang bisa anda gunakan. Dan dari beberapa fitur tersebut tidak tersedia di plugin cache lainnya.

LiteSpeed juga terdapat pengaturan untuk minify atau meminimalkan ukuran file. Seperti file css, js, dan file lainnya bisa di kompres menjadi berukuran kecil dengan LiteSpeed.

Selain dari optimasi file, LiteSpeed juga bisa anda gunakan untuk melakukan optimasi gambar. Tentu saja gambar pun perlu untuk dioptimasi. Misalny lazy load dan beberapa optimasi lainnya. Dan lazy load antara LiteSpeed dengan JetPack, lazy load dari LiteSpeed lebih unggul dari JetPack.

Namun, dari banyaknya fitur yang disediakan oleh LiteSpeed, beberapa percobaan yang kami lakukan memiliki kendala akibat kurang cocoknya dengan layanan hosting. Entah karena perbedaan teknologi hostingnya ataukah karena tidak cocok nya teknik cache yang di pakai, kami juga belum tahu.

Yoast SEO

Plugin Wajib WordPress Yoast SEO
Plugin Yoast SEO

Selanjutnya adalah Yoast SEO. Plugin ini sangat di kenal dalam kalangan SEO karena populer untuk bisa membuat website anda sesuai dengan poin-poin SEO.

SEO akan sangat berpengaruh pada proses berjalannya website. Selain untuk meningkatkan adanya pengunjung dari mesin pencari, SEO juga digunakan untuk menyesuai website dengan standar dari mesin pencari.

Plugin ini memungkin kan anda untuk mengatur isi dari deskripsi dari postingan maupun dari halaman website. Jadi anda bisa memberikan kata kunci yang anda targetkan untuk postingan atau halaman yang anda buat.

Kelebihannya adalah mudah sekali untuk dipahami oleh pengguna yang masih awal. Dan juga dilengkapi dengan animasi yang muncul apakah sesuai atau belum dengan stadarisasi dari SEO. Selain itu banyak fungsi-fungsi yang menawarkan solusi kepada anda untuk lebih sesuai dengan standar. Dan anda bisa mendapatkan lebih banyak pengaturan lagi dengan mode berbayar.

Akismet

Plugin Wajib WordPress Akismet Plugin
Plugin Akismet

Akismet berguna untuk mencegah adanya span komentar yang ada di wordpress. Jika anda pengguna baru, pasti anda akan mendapatkan komentar yang sama atau komentar yang tidak sesuai dengan isi dari halaman website anda.

Komentar ini bisa saja anda matikan dengan masuk ke menu seting pada halaman admin. Namun jika anda tetap ingin mendapatkan komentar dari pengunjung maka akismet ini lah solusi yang bisa anda pakai.

Loginizer

Plugin Wajib WordPress Loginizer Plugin
Plugin Loginizer

Plugin yang terakhir yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah Loginizer. Plugin ini bisa mengamankan website wordpress anda dari serangan brute force.

Karena banyak sekali serangan yang dilakukan pada keamanan website, maka dengan Loginizer anda bisa mengupayakan pencegahan dari brute force.

Dengan berbagai fungi yang dimiliki oleh Loginizer, anda bisa membuat website anda lebih aman. Salah satu contonya adalah memberikan limitasi atau batasan user melakukan login pada website wordpress.

Sekian ulasan dari kami tentang plugin wajib wordpress, semoga bisa menambah wawasan anda. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel SEO Anak Sholeh lainnya, banyak informasi yang bisa anda dapatkan.