Salah satu yang paling penting ketika anda membangun sebuah website adalah tata letaknya. Jika anda membahas mengenai tata letak suatu website, maka anada tidak akan lepas dari template website. Sebagaimana layanan atau fitur manajemen website maka anda akan menemukan template website gratis maupun yang berbayar. Begitu juga CMS WordPress dan CMS sejenis, mereka menawarkan layanan tersebut.

Yang menjadi pembahasan kali ini adalah, apakah sebaiknya menggunakan template website gratis atau berbayar ? Dan bagaimana masing-masing dari keduanya? Apakah dengan layanan gratis anda akan menemukan apa yang anda inginkan ?

Fungsi Template Website

Template Website Gratis
Pemilihan template menjadi hal yang penting pada pembangunan website. Sumber Pexels

Sistem template website memungkinkan desainer dan pengembang web bekerja dengan template web untuk secara otomatis menghasilkan halaman web kustom. Sistem template website biasanya hanya menggunakan kembali elemen halaman web statis sambil mendefinisikan elemen dinamis berdasarkan permintaan pengembang website.

Template website mendukung konten statis, menyediakan struktur website dan tampilan dasar website. Pengembang dapat mengimplementasikan template dari sistem manajemen konten atau CMS, kerangka aplikasi web, dan editor HTML .

Saat ini banyak penyedia layanan yang menyediakan template website gratis. Template website atau berbayar didesain sebelumnya dan dapat diinstal dalam beberapa menit saja. Dengan sistem tersebut maka website menjadi lebih mudah dan cepat untuk di gunakan. Hal ini tentu sangat mendukung seiapa saja yang bekerja cepat.

Template Website Gratis atau Berbayar ?

Sebagian besar penyedia jasa pembuatan webist eprofesional atau jasa host web menawarkan kepada klien template gratis yang dapat mereka gunakan untuk membuat situs web dengan cepat. Dan ini adalah salah satu cara menghemat pembuatan website jika anda memilih paket yang menyediakan template gratis dalam item yang mereka tawarkan.

Anda akan menemukan bahwa templat gratis yang telah anda pilih dapat menyediakan semua yang anda butuhkan untuk membangun website yang luar biasa, namun tentu saja anda tidak akan menikmati hal-hal yang ditawarkan oleh template premium. Lalu, mana yang akan anda pilih? Template websit gratis atau berbayar ?

Keuntungan Menggunakan Template Website Gratis

Dengan menggunakan temlate website gratis, anda sudah bisa menjalankan website dengan baik. Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli paket website yang menawarkan template gratis, sebaiknya mulailah dengan melihat keuntungan menggunakannya :

1. Biaya awal yang lebih hemat

Saat menggunakan template web gratis, anda secara signifikan mengurangi biaya pembuatan website secara keseluruhan. Menyesuaikan template web anda dapat menghabiskan biaya ratusan ribu tergantung pada desain dan fitur yang ingin anda masukkan ke dalam situs website anda.

2. Desain yang sudah terbukti

Banyak template gratis yang disediakan olehlayanan pembuat web dirancang untuk bekerja dengan baik secara online. Anda juga dapat menemukan template yang telah dikonfigurasi sebelumnya agar berfungsi dengan baik. Artinya template website gratis yang anda dapatkan sudah melewati masa ‘fit and proper test’.

3. Dioptimalkan untuk seluler

Template web meskipun anda mendapatkanya secara gratis biasanya telah dikonfigurasikan sebelumnya agar berfungsi untuk seluler karena pengembang web tetap mengikuti tren saat ini. Template dengan desain dinamis akan memastikan bahwa pengguna akan dapat mengakses konten di perangkat apapun yang digunakan.

4. Pilihan banyak

Meskipun gratis, nyatanya ada banyak pilihan desain yang tersedia ketika anda memilih paket yang menawarkan template gratis. Anda akan memiliki banyak pilihan desain untuk situs anda. Anda mungkin akan melihat beberapa desain yang sangat cocok dengan visi anda atau beberapa yang bekerja lebih baik dengan model website anda.

5. Hemat waktu

Jika anda ingin segera memiliki website dalam waktu yang cepat, template gratis adalah cara yang tepat. Dalam beberapa kasus, anda dapat menginstal template baru hanya dalam lima menit saja.

Template Website Gratis
Pengerjaan website yang singkat menjadikan keunggulan template instant. Sumber Unsplash

Kekurangan Menggunakan Template Website Gratis

Meskipun template gratis memiliki kelebihan, namun dimanapun yang namanya gratis akanmemiliki keterbatasan. Produk berbayar tentu saja lebih baik dari produk gratis. Inilah beberapa kekurangan penggunaan template website gratis :

1. Layanan terbatas

Biasanya pada penyedia jasa pembuatan website, untuk pemberian layanan template gratis tidak disediakan pada seluruh pilihan paket website. Artinya mungkin ada batasan pada jenis situs tempat anda dapat menggunakan templatenya. Misalnya, template gratis hanya di berikan pada paket beginner, sedangkan pake advance template harus berbayar.

Selain itu, sering kali ada iklan dari beberapa jenis di template yang tidak boleh anda hapus. Ada juga yang menawarkan fungsi tambahan yang tidak disertakan dengan template gratis, sehingga jika anda menggunakan fungsi tambahan tersebut anda harus membayar secara terpisah.

2. Tidak ada dukungan

Template web gratis biasanya ditawarkan tanpa dukungan yang diberikan. Jika anda membutuhkan bantuan jika ada masalah dalam penanganan template, anda harus melakukannya sendiri. Jika anda tidak memiliki kemampuan atau waktu dalam penyelesaiannya, maka anda harus mempekerjakan orang lain yang pada akhirnya bisa menghabiskan lebih banyak biaya dalam jangka panjang.

3. Memakan waktu

Untuk mendapatkan template yang benar-benar cocok untuk website yang anda bangun, anda mungkin menghabiskan berjam-jam atau berhari-hari mencoba menemukan templat yang sesuai, dan anda harus memilah-milah banyak templat web untuk melakukannya. Hal ini akan menambah panjang waktu yang diperlukan untuk membangun sebuah website.

4. Tidak mendapatkan tampilan spesial

Jika anda menggunakan template gratis, mungkin akan ditemui website lain yang menggunakan template yang sama. Ini berarti bahwa situs web anda akan terlihat seperti banyak situs lainnya, dan website anda tidak akan terlihat menonjol. Bahkan, beberapa orang mungkin mengabaikan website anda karena website yang anda buat tampak seperti meniru karya orang lain.

Masa depan template situs website ?

Saat ini pengguna yang paling tidak berpengalaman pun dapat membangun website dengan mudah menggunakan templat situs web. Templat situs web yang sudah dibuat sebelummnya memungkinkan anda membuat dan menyesuaikan situs web menggunakan karya desainer profesional dengan sedikit biaya jika menginginkan desain yang premium. Anda bisa mendapatkan situs web dengan desain yang anda impikan tanpa harus mempelajari koding.

Template Website Gratis
wordPress menjadi salah satu layanan CMS terpopuler yang menyediakan template webite gratis. Sumber Unsplash

Template situs web yang dirancang membantu anda menyiapkan situs dengan pengalaman pengkodean minimal atau tanpa pengalaman pengkodean sama sekali. Template situs web WordPress, juga disebut tema, sering kali dikembangkan dengan mempertimbangkan tren desain web populer, memungkinkan anda membuat situs yang modern dan secara estetika sudah terlihat bagus dengan mudah.

Inilah salah satu alasan di balik popularitas WordPress. Dengan keberadaan layanan CMS seerti WordPress dan sejenisnyamenjadikan setiap orang mampu membangun website denga mudah, dan itu terbukti dengan kondisi sebagian besar website yang tersebar di dunia maya menggunakan template website yang disediakan CMS dalam membangunnya.

Penutup

Keberadaan template website instant, terutama template website gratis tentu saja memudahkan pembuatan website. Dengan menggunakan template tersebut baik yang gratis maupun premium maka waktu yang diperlukan menjadi singkat dan anda bisa memanfaatkan waktu untuk lebih fokus pada aktifitas lainnya seperti optimasi website.

 Namun untuk anda yang tidak memiliki kemampuan atau waktu untuk menangan hal tersebut, anda bisa mempercayakan kepada kami. SEO Anak Sholeh yang merupakan penyedia jasa SEO profesional telah berpengalaman dalam menangani pembangunan website premium dan optimasi website. Kami menunggu kedatangan anda dan siap bekerjasama.