Ketika awal-awal saat memutuskan untuk membuat website pernah tidak sih kalian terpikirkan untuk lebih memilih antara membuat website gratis atau membuat website berbayar? Pasti pernah bukan? Apalagi bagi pemula yang masih awam dengan website.

Tentu itu semua mungkin terpikirkan oleh kita, dan lagi perihal masalah biaya yang mesti dikeluarkan untuk membuat website. Pasti akan terpikirkan tentang rugi atau tidaknya atau takut akan terjadi kegagalan saat akan melakukan transaksi pembelian.

Nah untuk menjawab itu semua mari kita bahas bersama pada artikel hari ini yang akan membahas tentang lebih baik pilih website gratis atau kah pilih website berbayar.

Website Gratis vs Pilih Wesbite Berbayar

Mari kita ulas dengan cara membandingkan kelebihan dan kekurangannya antara kedua hal tersebut, agar nantinya anda bisa memutuskan untuk memilih mana yang tepat dengan kemampuan anda.

Website Gratis

Website Gratis
Website Gratis

Website gratis adalah website yang bisa anda buat dengan mendaftarkan diri ke penyedia website, biasanya diperuntukan untuk keperluan blogging. Contoh dari website gratis adalah seperti blogspot, wordpress.com atau weebly, yang bisa anda buat tanpa menggunakan biaya sedikitpun.

Namun dari hal yang gratis tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu anda pertimbangkan pada saat akan memilihnya.

Kelebihan

Berikut adalah kelebihan dari website gratis.

Biaya Pembuatan Gratis

Poin paling utama yang paling dilebihkan adalah tentang biayanya yang gratis. Tentu saja karena inilah yang menjadi alasan utama memilih membuat website dengan biaya gratis atau tanpa mengeluarkan biaya.

Karena disamping untuk meminimalisir biaya pengeluaran, membuat website gratis biaya juga bisa menghindari kejadian penipuan dan kegagalan pada saat melakukan transaksi jual beli sebuah website.

Dengan membuat website gratis, anda bisa menghemat uang anda dan menggunakannya untuk keperluan yang lainnya yang lebih membutuhkan biaya, seperti internet dan kebutuhan yang lainnya.

Layanan Gratis

Yang selanjutnya adalah layanan yang gratis. Disamping pembuatan websitenya yang gratis, biasanya anda juga akan mendapatkan layanan yang gratis. Layanan tersebut bisa saja penyimpanan data, update sistem, dan layanan hosting lainnya.

Hal ini tentu saja bisa memudahkan anda untuk meringankan biaya pengeluaran karena biaya hosting bisa diserahkan kepada pihak penyedia layanan website gratis tersebut.

Kekurangan

Berikut adalah kekurangan dari website gratis.

Layanan Terbatas

Pada saat membuat website gratis tentu kita memilih penyedia layanan pembuatan website, yang mana memiliki keterbatasan-keterbatasan dalam membuat website. Hal ini terjadi karena mereka tidak ingin memberikan layanan yang penuh pada paket yang gratis.

Biasanya keterbatasan-keterbatasan tersebut meliputi domain, penyimpanannya, jenis website, bandwidth dan keterbatasan lainnya yang menyangkut pada website. Yang nantinya bisa saja anda mencapai batas penggunaan dan memaksa anda untuk melakukan upgrade layanan.

Biasanya ketika penyedia tersebut memberikan layanan gratis dengan kereterbatasan, mereka pun menawarkan layanan berbayar yang menghilangkan keterbatasan-keterbatasan dari layanan yang gratis. Sehingga membuat pengguna tertarik untuk menggunakan layanan yang gratis.

Mengikuti Kebijakan

Kekurangan yang lainnya adalah kita harus mengikuti kebijakan yang ada pada penyedia layanan website gratis tersebut. Karena setiap layanan pasti memiliki kebijakan untuk untuk menentukan bagaimana rincian dan penggunaan dari layanan tersebut.

Jika kebijakan tersebut berubah, misalkan menghapus website gratis anda atau mengubah menjadi terhapusnya layanan website gratis, maka anda tidak bisa melakukan apa-apa. Anda hanya bisa mematuhi kebijakan tersebut karena hanya bermodalkan gratisan.

Desain yang terbatas

Jika anda hanya ingin berbagi informasi saja tanpa memperdulikan desain websitenya mungkin tidak memikirkan poin ini. Namun jika anda memperhatikan tentang desain websitenya, anda perlu memperhatikan point ini.

Pada wesbite gratis anda tidak akan mendapatkan banyak desain yang disajikan. Anda hanya bisa memilih daftar desain web yang disajikan saja.

Misalkan saja anda menggunakan wordpress.com yang gratis. Maka desain yang ditawarkan akan terbatas pada daftar saat anda akan membuat website. jika anda menggunakan blogspot anda memiliki sedikit kelonggaran, yaitu anda bisa memilih menggunakan desain web yang bisa anda cari di google, entah itu berbayar ataupun tidak.

Tujuan Penggunaan Terbatas

Tujuan penggunaan website itu banyak sekali. Bisa untuk blog, portal berita, profil perusahaan, jual beli dan banyak lagi fungsi dari website. Namun ketika anda menggunakan yang versi gratis, maka penggunaan website akan terbatasi, misalkan saja seperti wordpress.com yang hanya bisa digunakan untuk keperluan blogging saja.

Website Berbayar

Website Berbayar
Website Berbayar

Website berbayar disini tidak hanya untuk yang melakukan hosting sendiri. Menggunakan penyedia pembuatan website juga termasuk dalam kategori pembuatan website berbayar yang kita bahas pada poin ini. Misalkan seperti halnya menggunakan wordpress.com premium atau wesbite penyedia yang lainnya.

Yang intinya adalah anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya pada saat akan membuat website tersebut. Tidak terbatas hanya untuk yang melakukan hosting website sendiri.

Kelebihan

Berikut adalah kelebihan yang bisa di dapatkan ketika menggunakan layanan website berbayar.

Layanan Lebih Banyak

Hal yang paling diunggulkan dalam versi berbayar adalah layanan yang lebih banyak dari versi yang gratis. Hal ini yang merupakan strategi dari penyedia layanan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari layanan yang ditawarkan.

Biasanya kelebihan layanan yang ditawarkan beragam, dan mengikuti banyaknya biaya yang dikeluarkan, namun dengan kelebihan ini anda bisa melakukan banyak hal. Misalkan desain website yang lebih beragam, domain yang bisa anda pilih sendiri dan keamanan yang lebih terjamin.

Layanan tersebut akan lebih banyak didapatkan ketika anda menggunakan hosting sendiri tanpa menggunakan layanan pembuatan website. Tergantung pada anda yang menggunakan hosting tersebut untuk apa saja.

Desain yang Beragam

Ketika anda menggunakan versi berbayar, maka desain website yang ditawarkan juga akan lebih banyak. Mulai dari template premium atau bisa mendapatkan akses untuk mengubah dan mengatur sendiri tampilan website yang akan dibuat.

Seperti halnya jika anda melakukan hosting sendiri, anda bisa mengatur website anda menggunakan desain yang premium ataukah desain yang bisa anda buat sendiri. Karena denga hosting sendiri anda bisa melakukan sesuka anda.

Tujuan Penggunaan Beragam

Jika pada versi gratis anda hanya bisa menggunakan website untuk blogging saja, pada versi berbayar anda bisa melakukan lebih dari itu.

Misalkan saja jika anda memakai hosting sendiri, anda bisa menggunakan website untuk keperluan yang banyak, hingga website yang sangat kompleks pun bisa anda lakukan dengan menggunakan hosting sendiri. Mulai dari profil perusaahn, portal berita, jual beli, e-learning, sosial media, dan masih banyak lagi.

Kekurangan

Berikut adalah kekurangan yang akan di dapat ketika menggunakan website berbayar.

Mengeluarkan Biaya

Hal utama yang menjadi kekurangan adalah mengharuskan untuk mengeluarkan biaya. Tentu akan bermasalah atau timbul kekhawatiran dari pengguna yang baru memulai mencoba pada versi ini. Namun tidak masalah bagi yang sudah berpengalaman dan mempunyai banyak uang.

Dan untuk mendapatkan layanan yang lebih banyak dan lebih baik anda diharuskan untuk mengeluarkan lebih banyak lagi biaya yang akan dikeluarkan

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kami ambil adalah jika anda pemula atau masih awal saat mendalami dunia website, disarankan untuk menggunakan website yang gratis saja, meskipun terdapat banyak kekurangan anda bisa memaksimalkan hal tersebut sebagai bahan belajar.

Kemudian jika anda sudah cukup untuk mendalami website gratis, anda perlu mengupgrade diri anda untuk menggunakan website berbayar, dengan begitu kemampuan anda tidak akan datar dan akan terus meningkat.

Demikian dari kami, jika adalah salah dan kekurang kami mohon maaf. baca artikel jasa seo jogja kami untuk menambah wawasan anda. Terimakasih.