Ingin Membuat Blog Mudah? Kenali Perbedaan Antara WordPress Blogger

Membuat blog sendiri mungkin pernah terbesit diantara kalian. Bisa jadi karena kalian hanya ingin membagikan ilmu yang kalian punya untuk publik, atau tergiur untuk mendapatkan penghasilan dari blog tersebut dengan memasang iklan.

Tapi bagaimana dan apa yang perlu dilakukan? Untuk membuat blog, tentu anda memerlukan tempat untuk memposting atau membagiakan apa yang anda ceritakan dalam blog tersebut.

Tempat tersebut bisa saja lewat media sosial atau berbentuk website, mungkin perbedaanya akan di bahas nanti. Pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing antara media sosial dengan website. Seperti kekayaan konten yang dibutuhkan untuk membuat sebuah artikel.

Namun website memiliki kekayaan tipe konten yang lebih banyak dibandingkan dengan sosial media, maka dari itu kali ini kita akan membahas terkait website yang bisa digunakan untuk membuat blog.

Di indonesia trend yang populer untuk membuat website blog adalag cms wordpress dengan blogger. Malah banyak yang beranggapan jika cms hanya ada 2 tipe tersebut saja. Sedangkan sebenarnya cms memiliki banyak sekali vasiasi, ada jomla, drupal, wix dan masih banyak vasiasi dari cms.

Namun pasti ada di antara kalian yang masih bingung antara memilih wordpress ataukah blogger untuk membuat website blog. Karena kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah untuk itu pada artikel ini kami hanya akan membahas tentang 2 variasi cms yang paling populer di indonesia saja. Yaitu Perbedaan antara wordpress blogger. Dan mungkin akan ada tambahan mengenai wordpress.org dengan wordpress.com (Baca : Perbedaan wordpress.org dengan wordpress.com)

WordPress Blogger

Berikut akan kami ulas mengenai perbedaan antara wordpress blogger.

Trends

Berikut adalah trend CMS

Trends CMS, Diambil pada September 2019
Trends CMS, Diambil pada September 2019

Anda bisa melihat data terbarunya di sini.

Dari data trend tesebut menunjukkan bahwa wordpress berada pada tingkat yang paling atas dibandingkan dengan cms yang lainnya dan blogger berada pada tingkat 8 (delapan).

Trend ini memungkinkan untuk terbentuknya forum-forum yang membahas terkait cms tersebut. Dan hal itu bisa memudahkan anda jika nantinya mendapatkan masalah saat menjalankan website dari cms.

Selain itu banyaknya pengguna memungkinkan untuk terbentuknya pengembang-pengembang yang mendukung cms tersebut, seperti halnya wordpress yang memiliki theme dan plugin dari pihak ketiga yang jumlahnya banyak sekali.

Hosting dan Domain

Wordpress Blogger Hosting & Domain
Hosting & Domain

Ini adalah pengetahuan inti yang perlu kalian ketahui saat membuat website. Singkatnya hosting adalah tempat dimana file dan penyimpanan website berada.

Blogger

Blogger merupakan website yang hosted atau tempat hostingnya memakai pihak penyedianya. Dan blogger merupakan salah satu layanan yang dikeluarkan oleh Google. Oleh karena itu jika anda akan menggunakan blogger maka anda juga akan menggunakan hosting dari google.

Untuk domain yang akan anda gunakan berupa sub domain seperti blog.blogspot.com. Namun anda bisa mengubahnya dengan membeli domain dari tempat google atau dari pihak ketiga dan menghubungkannya dengan blogger. Tentunya karena membeli, anda mesti mengeluarkan uang.

WordPress.com

Sama seperti halnya blogger, wordpress.com merupakan hosted yang tempat hostingnya memakai pihak penyedianya. Penyedianya tentu saja dari wordpress yang memungkinkan untuk memakai wordpress dengan memakai layanannya.

Dan domainnya juga sama seperti halnya dengan blogger. Anda akan mendapatkan sub domain seperti blog.wordpress.com. Dan tentunya anda juga bisa mengubanya dengan membeli domain bisa lewat wordpress.com atau pihak lain.

WordPress.org

Berbeda dengan 2 poin di atas, wordpress.org mengharuskan anda untuk memiliki tempat hosting sendiri dan pastinya anda perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat hosting di penyedia hosting.

Sendangkan domainnya yang akan anda pakai juga perlu membeli. Saran kami untuk menggunakan penyedia terpercaya dan menyediakan hosting dan domain secara bersamaan. Karena anda akan dimudahkan di kemudian harinya.

Kemudahan Pembuatan

Wordpress Blogger Pembuatan Blogger
Pembuatan Blogger

Pembuatan akan menjadi hal yang paling utama yang akan dihadapi saat memulai website. WordPress maupun blogger mempunyai cara pembuatan yang berbeda.

Untuk blogger pembuatannya sangat mudah, anda tinggal membukan website blogger.com kemudian masuk menggunakan akun google kemudian tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja. Dan tidak terlalu sulit untuk dimengerti oleh pemula.

Untuk wordpress karena ada 2 hal yang berbeda antara wordpress.com dan wordpress.org maka cara pembuatannya pun berbeda.

WordPress.com sama mudahnya dengan blogger. Anda tinggal membuka website wordpress.com kemudian mendaftak diri dengan email anda. Dan selanjutnya hanya tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja.

Karena wordpress.org berbeda dengan blogger dan wordpress.com yang memakai hosting dari penyedia websitenya, sedangkan wordpress.org mengharuskan anda untuk memiliki tempat hosting maka cara pembuatannya pun akan sedikit ribet. Anda harus memiliki tempat hosting kemudian mensetting ini dan itu kemudian langkahnya akan sama mudahnya dengan wordpress.com (Baca : Cara Install WordPress)

Tampilan Halaman Admin

Wordpress Blogger Halaman Admin Blogger
Halaman Admin Blogger

Mungkin ini agak sepele karena membahas tentang halaman admin. Namun jangan salah, tampilan halaman admin ini bisa membuat anda untuk mudah dalam pengaturan website. Dan mudah dalam melakukan perbaikan website.

Blogger

Blogger mempunyai tampilan yang sederhana dan terkesan sudah ketinggalak jaman. Dan dari dahulu hingga sekarang, tampilannya hanya mengalai sedikit perubahan saja dan tidak banyak mengalami perubahan.

WordPress

WordPress.org maupun WordPress.com memiliki halaman admin yang sama. Dan tampilan sekarang ini sudah lebih fleksible. Dan jika anda memasang sebuah plugin ataupun theme, maka tampilannya juga akan berbeda tergantung dari plugin dan theme yang anda pasang.

Pengaturan Website

Wordpress Blogger Pengaturan Website
Pengaturan Website

Adakalanya anda perlu mengatur website anda agar sesuai dengan keinginan anda untuk lebih baik lagi. Namun pada blogger maupun wordpress memiliki perbedaan.

Blogger

Karena blogger adalah hosted, maka anda tidak sepenuhnya bisa mengatur website anda. Meskipun begitu blogger tidak kalah dengan wordpress dalam urusan kustomisasi. Ternyata blogger bisa anda memungkinkan anda untuk mengatur website.

Tema hingga html dan css bisa anda atur sedemikian rupa sesuai keinginan andan. Namun karena blogger diperuntukkan untuk mudah saat dioperasikan meskipun hanya pemula, maka alat dan opsi pengaturannya pun tidak terlalu banyak.

WordPress.com

Ini juga merupakan hosted, hak penuhnya dikendalikan oleh penyedia layanan. Dan dalam hal ini, wordpress.com sangat sedikit sekali hal-hal yang bisa diatur. Tema maupun plugin yang dibolehkan untuk anda pasang juga sangat terbatas.

WordPress.org

Karena self-host, yang hostingnya dipegang oleh anda, maka anda bisa leluasa untuk mengatur website anda bekerja. Memasang tema dan plugin sebanyak yang anda inginkan juga bisa dilakukan. Dan mengedit file tema dan plugin juga bisa anda lakukan karena anda yang memiliki akses tempat hostingnya.

Mungkin itu dulu poin poin yang bisa kami ulas terkait wordpress blogger. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dibahas, mungkin bisa kita bahas di lain waktu.

Untuk yang masih bingung, anda bisa memilih blogger atau wordpress.com jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya. Dan wordpress.org untuk anda yang sudah mempunyai sejumlah biaya untuk menyewa tempat hosting, domain dan jasa maintenis websitenya.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat, sampai jumpa.

WhatsApp Free Konsultasi