Bisnis merupakan aktifitas yang menyenangkan bagi banyak orang. Semakin kompleks permasalahan dan kebutuhan manusia, maka semakin bervariasi bisnis yang ada. Berbagai jenis bisns perlu diketahui dan dicoba, terutama bagi Anda pebisnis pemula yang masih mencoba bisnis baru. Anda harus mengetahui apa itu jastip, yang menjadi salah satu bisnis baru yang sedang naik daun.

Sebagaui model bisnis baru di dunia digital, Jastip menjadi salah satu bisnis yang populer. Bahkan bisnis model ini tergolong bisniis yang mudah dikerjakan dan bermodal sedikit, atau bisa dibilang bisnis yang tanpa modal. Benarkah demikian? Jika Anda penasaran, Anda sebaiknya membaca terus artikel ini sampai habis.

Apa itu Jastip?

Apa Itu Jastip
Jastip adalah jasa titip belanja. Sumber Unsplash @jacek dylag

Jastip merupakan kependekan dari jasa titip. Bisnis jasa ini menawarkan jasa pembelian barang tertentu dimana penyedia jasa jastip akan memperoleh keuntungan dari setiap harga barang titipan yang telah kenakan biaya jasa.

Jastip sebenarnya hampir mirip seperti penjualan konvensional. Anda membeli barang, kemudian menjualnya kepada konsumen dan memperoleh laba. Hanya saja, dalam jastip, akadnya adalah titip untuk di belikan barang dengan membayar jasa sejumlah uang. Biaya jasa inilah yang merupakan keuntungan penyedia jasa.

Bagaimana Cara Kerja Jastip?

Cara kerja jastip memang sederhana. Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui, dimana Anda harus membeli barang yang nantinya akan Anda tawarkan. Skemanya adalah sebagai berikut :

  • Anda menawarkan produk barang dengan harga asli, ditambah harga jasa titip jika nanti ada konsumen yang ingin dibelikan barang tersebut.
  • Jika ada konsumen masuk dan ingin menggunakan jasa titip untuk pembelian barang tertentu, makan Anda sampaikan berapa biayanya. Biaya total adalah harga barang, harga jasa dan juga ongkos kirim ke konsumen (jika barang dikirim). Namun jika konsumen ingin mengambil barang langsung kerumah Anda maka tidak diperlukan ongkos kirim.
  • Konsumen harus membayar biaya di muka. Apakah membayar uang muka 50% terlebih dahulu, atau membayar penuh di muka. Semua sesuai kesepakatan. Memang yang paling aman dari pihak jastiper adalah membayar 100% dimuka.
  • Anda membelikan barang sesuai pesanan konsumen.
  • Beritahu konsumen jika barang sudah terbeli. Anda bisa langsung mengirimnya jika konsumen melunasi sisa harga barang yang belum di bayarkan. Atau jika konsumen ingin mengambil sendiri barang dirumah sekaligus melunasi kekurangannya juga diperbolehkan.

Bisnis jastip memang sesederhana itu, namun seperti halnya bisnis penjualan lainnya terkadang ada saja masalah yang timbul di perjalanannya. Entah itu konsumen yang tidak menepati janji, harga barang yang tiba-tiba naik, kerusakan barang di perjalanan dan lain sebagainya.

Mengapa Ada Jastip?

Apa Itu Jastip
Ketersediaan barang kebutuhan yang langka mendorong munculnya jastip. Sumber Unsplash @erik mclean

Jastip merupakan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat perihal ketersediana barang kebutuhan. Meskipun kebutuhan tersebut bukan kebutuhan primer. Ada beberapa pihak yang berpikiran cerdas dan mengambil peluang sehingga muncullah bisnis jastip.

Permasalahan di masyarakat adalah ketersediaan barang tertentu yang memang sulit dicari atau bahkan tidak ada. Terutama barang tertentu yang hanya di jual di luar Indonesia atau hanya tersedia di daerah tertentu.

Selain itu ada juga karena faktor harga. Harga barang tertentu yang beredar di masyarakat terlampau tinggi, namun jika Anda membeli secara langsung di luar negeri misalnya, maka selisihnya akan terpaut jauh. Bahkan ketika Anda membuka layanan jastip untuk barang tersebut barang yang Anda tawarkan masih lebih murah dibandingkan barang yang beredar di masyarakat.

Dengan keberadaan jasa titip pembelian barang, maka masalah tersebut bisa teratasi. Seseorang yang menginginkan barang tertentu dari negeri lain, atau dari daerah lain tidak perlu menyempatrkan diri untuk mendatangi negeri atau daerah tersebut untuk berbelanja. Mereka bisa titip untuk dibelikan melalui jasa jastip.

Karena itulah jasa titip akan cocok bagi Anda yang sering bepergian ke tempat yang jauh seperti keluar negeri. Melalui perantara Anda, konsumen akan mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa harus pergi ke tempat barang tersebut dijual.

Bagaimana Memulai Bisnis Jastip?

Bagaimana memulai bisnis jastip? Ternyata untuk memulai bisnis jastip langkahnya cukup mudah. Selain itu bisnis ini memerlukan modal yang tidak besar. Ini akan menguntungkan bagi Anda yang suka shopping, suka bepergian keluar negeri atau pemburu diskon. Anda bisa berlibur sekalian membeli barang pesanna dari konsumen. Inilah beberapa langkah mudahnya :

1. Pelajari sistem bisnis jastip

Sebelum Anda benar-benar terjun menekuni bisnis ini sebaiknya Anda mempelajari dengan cermat bisnis ini, termasuk kendala-kendala yang nantinya dihadapi ketika bisnis berjalan. Selain itu pastikan Anda mengetahui lokasi untuk membeli barang yang nantinya akan Anda tawarkan. Bagaimana cara Anda membawa barang dari negeri lain masuk ke Indonesia dan lainnya.

Ketika Anda mempelajari hal ini sebelumnnyademham detail maka Anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Segala kendala di perjalanan akan bisa diatasi dengan mudah karena Anda telah memiliki persiapan ketika terjadi masalah dalam bisnis Anda.

2. Lakukan riset pasar

Pelajari pasar Anda. Pastikan Anda memberikan layanan jasa penitipan pembelian barang untuk produk yang banyak peminatnya. Anda juga harus membandingkan dengan bisnis serupa milik orang lain, apakah jasa yang Anda bebankan terlalu mahal atau tidak.

Selain itu jika ada produk serupa yang dijual bebas di dalam negeri, apakah produk tersebut memiliki spesifikasi yang sama dengan produk Anda dan berapa harga pasarannya. Jika harga pasaran produk serupa di dalam negeri ternyata lebih mahal dari harga produk dan tambahan jasa yang Anda bebankan pada layanan jastip Anda, maka bisnis Anda akan aman.

3. MemulaiĀ  promosi jastip

Promosi adalah hal penting dalam bisnis ini untuk menggaet konsumen. Promosi paling efektif untuk bisnis ini adalah dengan melalui digital marketing. Anda bisa menggunakan beragam platform media sosial. Maksimalkan penggunaan tanda pagar untuk visibilitas bisnis Anda di internet. Berikan ulasan produk secara detail.

Instagram menjadi salah satu paltform media sosial yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan jasa Anda. Unggah gambar yang memiliki kualitas yang bagus, angel yang tepat dan kalau perlu atur ulang gambar menggunakan filter yang ada di Instagram. Buatlah strategi pemasaran Instagram yang matang dengan konten yang menarik.

4. Pelayanan jastip yang transparan

Transparansi adalah kunci kesuksesan bisnis jastip. Anda harus terbuka kepada konsumen Anda. Informasikan segala hal mengenai produk yang akan dibeli oleh konsumen dengan perantara Anda. Berikan informasi mengenai harga sebenarnya, berapa persen jasa yang Anda ambil, bahkan Anda bisa juga memberikan informasi mengenai keunggulan dan kekurangan produk.

5. Kirim tepat waktu

Setelah Anda bisa membeli barang yang di pesan, segera untuk menyampaikannya kepada konsumen untuk melunasi pembayarannya. Sebagaimana penjualan produk lainnya, pengiriman menjadi hal yang sangat krusial dan menentukan rating bisnis Anda.

Jika Anda mengirim produk pesanan dengan estimasi waktu pengiriman yang lama dan tidak sesuai perkiraan, maka rating bisnis Anda akan buruk. Karena itu pemilihan jasa pengiriman yang profesional menjadi hal yang penting.

Berapa Besar Jasa Yang Dibebankan Untuk Jastip?

Keuntungan dari usaha jastip adalah dari jasa yang di bayarkan oleh konsumen. Anda bisa mengambil jasa yang bervariasi, setiap barang bisa berbeda-beda. Anda bisa mematok harga dengan menyebut nominal tertentu untuk produk dari dalam negeri.

Apa Itu Jastip
Internet, jejaring sosial dan bahkan blog bisa ANda gunakan untuk proomo jastip Sumber Unsplash

Namun apabila Anda mengambil barang dari luar negeri Anda bisa mengambil biaya jasa hingga 20% dari harga barang. Pada barang tertentu dari luar negeri setelah harga barang ditambah dengan harga jasa titip ternyata harganya tetap lebih murah menggunakan jastip daripada membeli produk impor tersebut ketika sudah ada di dalam negeri.

Penutup

Membuka bisnis jastip memang menyenangkan, namun Anda harus membekali diri dengan pengetahuan tentang bisnis tersebut. Saat ini sudah banyak komunitas yang membuka usaha jastip di internet. Anda bisa bergabung untuk mempelajari bisnis ini. Ditambah saat ini mulai bermunculan platform jastip yang lebih mudah dalam penggunaannya. Apakah Anda ingin mencoba? Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih.

Open chat
Kami senang membantu Anda